Tahap Membuat Setrum Ikan

Kamu masih bingung cara membuat ikan di sungai tunduk padamu, atau sewaktu memancing selalu bosan menunggu? Kalau iya, saya hadir untuk mencarikan solusi, yaitu membuat setrum ikan. Eh, kamu belum tahu caranya? Wah, baiklah. Saya akan menguraikan cara membuat setrum ikan pada artikel ini. Tolong disimak, ya.

Membuat Setrum Ikan
Membuat Setrum Ikan

Membuat Setrum Ikan

Komponen yang Dibutuhkan Dalam Membuat Setrum Ikan

Tidak perlu bertele-tele, kamu harus menyiapkan daftar belanja komponen untuk memenuhi cara membuat setrum ikan, yaitu kawat kecil yang bisa kamu pilih ukuran kawatnya dari 1,5 mm atau 1,7 mm, atau pun ukuran 2 mm bergantung kebutuhanmu.

Selanjutnya kamu menyediakan besi lempengan tipis yang panjangnya sekitar 12 sentimeter. Kalau saya menyarankan untuk membeli besi lempengan trafo 10 A dan susun sebanyak 32 biji, setelahnya susun tebalnya sekitar 2 sentimeter.

Oh iya, jangan lupa menyertakan kondensor sebagai komponen penting. Kamu bisa menyiapkan kurang lebih 5 hingga 6 biji. Selanjutnya adalah platina. Kamu bisa memilih platina dari mobil berupa platina sensor atau pun dari motor yang hasilnya tidak kalah juga, yang penting masih ada mata platinanya agar setrum ikan buatanmu berfungsi optimal.

Plat tangki yang memiliki ketebalan sekitar 0,5 mm, yang bahannya terbuat dari campuran baja. Papan jangan lupa disertakan karena fungsinya tidak kalah penting, yaitu menyatukan komponen lainnya.

Kamu bisa menyesuaikan panjang dan lebar papan yang digunakan alias sesuaikan kebutuhan dan keinginan. Lalu baut atau scrup secukupnya. Yang terakhir adalah aki motor atau mobil, terserah memilih aki kering atau pun aki basah yang memiliki tegangan vol dc 12 volt.

Membuat Setrum Ikan Rangkaian
Rangkaian Strum Ikan

Langkah-langkah Membuat Setrum Ikan

Semisal komponen yang dibutuhkan sudah kamu beli atau sediakan, mari berpindah ke cara merakit atau membuat setrum ikan. Saya akan memulainyadari melilit kawat imail di batang besi, sebelum dililit pada inti besi atau besi keren. Silakan membelit isolator terlebih dahulu menggunakan kertas semen yang kuat.

Kamu perlu mengingat sewaktu menyusun keren hingga membelitnya pastikan besi lempengan tersusun dengan rapidan tidak celah. Sebab kalau terdapat celah-celah memengaruhi panas pada besinya, hal ini bisa memengaruhi output ac tidak maksimal.

Kalau kamu sudah melilit kawat imail di batang besi, pastikan searah jarum jam: kiri ke kanan, dan bisa melawan arah jarum jam: kanan ke kiri yang hasilnya malah kurang maksimal. Semakin banyak lilitan maka hasil yang kamu peroleh dari alat ini makin bagus, sedangkan jumlah lilitan sedikit hasilnya juga kurang maksimal.

Sebagai contoh, sebuah trafo step up, bila arus listrik dari PLN 220 dan masuk ke trafo yang 240 maka output trafo step up akan menurun karena tidak sesuai dengan arus yang masuk.

Kamu bisa juga cara membuat setrum ikan dengan lilitan primer sebanyak 5 ons, ukuran 1 mili, dan kamu bandingkan 1,5 ons dengan ukuran kawat yang sama. Kalau kamu menggunakan kawat ukuran 1,5 mm, 4 ons cukup menggunakan aki 12 volt. Kamu bisa menggunakan aki mobil atau pun aki mobil.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *