Tanaman Jarak Sebagai Bahan Baku Biodiesel

Diposting pada

Tanaman Jarak

Tanaman jarak memiliki nama latin Ricinus communis I. Di beberapa daerah, tanaman ini memiliki nama yang berbeda. Misalnya klekeh sebutan di Madura, jarak kaliki di Sunda, tanggang-tanggang raja di Makasar dan peleng kaliki di Bugis.

Selain memiliki banyak nama lain, tanaman jarak juga memiliki banyak manfaat dan biasanya olah masyarakat dijadikan sebagai obat untuk beberapa macam penyakit seperti obat untuk rematik serta mengatasi pendarahan dan mempercepat kering-nya luka.

Tanaman Jarak

Namun, disamping bermanfaat untuk pengobatan, jarak juga bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bioesel. Tidak percaya? Simak ulasan lengkapnya.

1. Deskripsi Tanaman Jarak

Tanaman ini merupakan tanaman perdu yang banyak dijadikan pagar. Jarak merupakan tanaman yang memiliki akar tunjang. Tanaman multi manfaat ini memiliki batang lunak yang silindris berwarna coklat kebiruan. Daun-nya adalah daun tunggal dan susunannya berselang seling serta tepinya bergerigi.

Tanaman jarak memiliki bunga yang majemuk dengan bentuk tandan dan berada di ujung batang. Buah dari tanaman yang disinyalir berasal dari Amerika ini berbentuk agak kotak serta berduri dengan panjang sekitar 3 cm.

2. Komposisi Kimia yang Ada pada Biji dan Minyak Jarak

Karena tanaman jarak menghasilkan kandungan minyak yang cukup tinggi, maka tanaman ini dipandang cocok sebagai sumber pembuatan biodiesel. Tanaman jarak juga tidak mempunyai kompetensi dimanfaatkan hal lain (seperti jika dibandingkan dengan tebu atau kelapa sawit).

Tanaman jarak juga mempunyai karakteristik agronomi yang unik. Tanaman jarak diperkenalkan di Indonesia oleh administrasi kependudukan Jepang dengan tujuan agar bisa digunakan sebagai sumber bahan bakar yang murah.

Kandungan yang ada pada biji jarak terdiri dari 25% kulit dan 75% daging biji (kemel). Sedangkan komponen kimia yang ada dalam biji jarak meliputi:

  • Karbohidrat 13%
  • Minyak 54%
  • Serat 12.5%
  • Protein 18%
  • Abu 2.5%

Minyak biji jarak sendiri mempunyai kandungan asam lemak yang terdiri dari:

  • Asam Oleat 8.5%
  • Asam Risinoleat 86%
  • Asam Linoleat 3.5%
  • Asam Dihidreksi Stearat 1-2%

3. Proses Pembuatan Biodiesel menggunakan Minyak Jarak

Seperti yang kita ketahui bahwasanya BBM (Bahan Bakar Minyak) yang berasal dari minyak bumi sudah mulai menipis, dan tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti sumber energi ini mengalami kelangkaan dan bahkan habis. Sehingga diperlukan energi alternatif sebagai salah satu cara untuk mengantisipasinya.

Salah satu cara untuk menghasilkan energi alternatif ini adalah menggunakan tanaman jarak.

Untuk menghasilkan biodiesel dengan menggunakan minyak jarak cukup mudah, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan alat-alat yang sederhana pula.

Jika Anda menginginkan minyak yang tidak terlalu banyak (0,5 – 0,6 ton perawatan hari) hanya cukup dengan mengepres biji jarak kering dengan menggunakan mesin diesel berukuran satu silinder, sehingga hasil yang didapat dalam bentuk bungkil dan kasar.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat biodiesel dengan bahan bakunya adalah tanaman jarak:

a. Cara Pertama

  • Jemur biji jarak selama 2 hari
  • Kemudian pecah buah jarak yang telah dijemur agar daging dan kulit terpisah
  • Giling daging biji jarak, kemudian peras
  • Biasanya 3 kg biji jarak menghasilkan 1 liter minyak jarak.

b. Cara Kedua

  • Kukus buah jarak seberat 50 kg selama kurang lebih 1 jam
  • Blender daging buah jarak sampai hancur
  • Setelah daging buah dan biji jarak hancur, masukkan ke mesin tempa minyak
  • Ampas kemudian diperas dengan menggunakan dongkrak hidrolik sampai menghasilkan minyak

Biodiesel hasil dari pemrosesan tanaman jarak dianggap paling bagus. Hal ini dikarenakan tanaman jarak merupakan lemak semimulus yang sudah bersih dari asam-asam lemak dan fosfor.

Fosfor merupakan salah satu zat yang dianggap merugikan bagi mesin diesel. Fosfor yang berada di dalam mesin diesel bisa mengendap dan menjadi kerak dalam pembakaran.

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat biodiesel dengan menggunakan tanaman jarak sebagai bahan bakunya. Semoga artikel ini dapat membantu menambah pengetahuan anda mengenai tanaman jarak, komposisi kimia yang ada pada biji dan minyak jarak serta cara pembuatan biodiesel dengan menggunakan minyak jarak. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.