Tekanan atau Pressure, Pengertian, Satuan dan RumusAbi Blog

Apa yang dimaksud dengan tekanan atau pressure?

Tekanan / Pressure

Tekanan  atau pressure adalah sebuah istilah untuk besaran gaya yang diberikan / diterapkan ke suatu area permukaan tertentu.

Tekanan

Rumus untuk gaya tekanan adalah:

P = F/A

Dimana:

  • P=tekanan.
  • F= gaya.
  • A= area.

Jadi satuan ukuran teknik untuk pressure adalah kombinasi dari besaran satuan gaya dan besaran luas area. Misalnya kilogram per sentimeter persegi = Kg/cm2 atau Pounds per inci persegi (psi).

Standar satuan pressure internasional adalah N/m2 (newton per meter persegi) atau bisa di sebut pascal.

Banyak satuan ukuran tekanan , namun pada prinsipnya adalah sama seperti yang dijelaskan diatas.

Sebuah botol plastik yang diisi dengan air soda / minuman soda dan ditutup rapat-rapat akan menghasilkan sebuah gaya tekan di dalam botol karena reaksi soda yang menghasilkan gelembung udara (molekul gas).

Baca Juga :  Cara kalibrasi dan mengatur tekanan pada differential pressure switch

Sebenarnya pada kenyataannya ada dua buah gaya tekan yang bekerja pada botol tersebut, yakni gaya tekan internal di dalam botol sendiri dan gaya tekan eksternal yang bekerja ke permukaan luar botol.

Tekanan eksternal itu adalah pengaruh dari pressure atmosfer, yang memiliki sifat tidak konstant karena selalu terpengaruh oleh cuaca.

Itulah sebabnya mengapa dikatakan bahwa pada hari yang cerah kita berada pada area dengan gaya tekan tinggi dan pada hari badai dikatakan kita berada pada gaya tekan rendah.

Pada botol dengan air minuman soda, ketika bagian atas adalah tekanan atmosfer dan gaya tekan di bawah juga sama dengan tekanan atmosfer ditambah gaya tekan berat dari air soda, maka semakin banyak air soda terisi akan semakin besar tekanan dibagian bawah botol.

Baca Juga :  Perhitungan diameter Orifice Plate pada Flowmeter

Dari pengukuran kedua gaya tekan diatas akan menunjukkan ketinggian air soda dalam botol. Namun dalam pemahaman ini secara akurat perlu mengetahui bagaimana berat air tersebut dan tekanan yang dihasilkan terkait berapa banyak minuman yang ada di botol.

Untuk melakukannya perlu pertimbangan dua faktor lain yaitu: gaya gravitasi dan kepadatan-nya.

Seperti yang kita ketahui berat benda akan berkurang saat berada di permukaan bulan, karena gravitasi bulan lebih lemah dibandingkan dengan gravitasi bumi.

Jadi ketika ingin mengetahui ketinggian air soda dalam botol harus mempertimbangkan kepadatan dari air soda sendiri dan besaran gaya gravitasi yang bekerja padanya.

Gaya tekan dibawah botol dikurangi gaya tekan atmosfer maka dapat diketahui untuk menghitung ketinggian air minuman soda dalam botol.

Baca Juga :  Mengenal Flow Meter Vortex dan persyaratan jarak penempatan
Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

6 Comments

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *