Waspada, Beginilah Teknik Hacker Dalam Meretas Akun AndaAbi Blog

Waspada, Beginilah Teknik Para Hacker Meretas Akun Anda

Teknik hacker dalam meretas akun ~ Mungkin ada dari pembaca yang pernah punya pengalaman buruk akunnya di hack oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab. Iya, hal itu memang sering terjadi. Entah itu akun sosial media, akun email, dan akun-akun lainnya, bisa saja menjadi sasaran empuk para hacker yang ingin berniat membobolnya.

Mungkin sebagian dari anda penasaran bagaimana cara mereka bisa membobol atau mendapatkan user name serta password anda.

Nah oleh karena itu, untuk menambah wawasan anda, berikut ini kami bagikan informasi tentang metode atau teknik hacker dalam meretas akun yang dilakukan hingga mendapatkan yang mereka inginkan tersebut.

Teknik hacker dalam meretas akun 1

Teknik hacker dalam meretas akun

1. Social engineering

Social engineering atau biasa disebut rekayasa sosial adalah metode hacker berteknologi paling rendah dalam mendapatkan password korban. Dengan memanfaatkan rasa percaya manusia, hacker bisa mendapatkan password korbannya dengan mudah.

Teknik ini hanyalah dilakukan dengan sangat hati-hati karena hacker akan menjadi orang yang seakan-akan terpercaya bagi korbannya, kemudian, korbannya akan membocorkan rahasia passwordnya kepadanya.

Memang nampaknya sepele, namun, kasus dengan metode social engineering ini sangat sering terjadi.

2. Mencoba password standar

Beberapa hacker akan melakukan metode mencoba-coba password standar untuk menjebol keamanan akun media sosial atau e-mail seseorang. Password standar yang dimaksudkan di sini adalah password yang paling umum digunakan di kalangan masyarakat, contohnya 1234567890, tanggal bulan dan tahun kelahiran.

Maka dari itu, sebaiknya hindari penggunaan password dengan kata-kata yang sangat umum, angka berurutan, dan tanggal lahir karena hal ini akan membuka peluang bagi para hacker untuk meretas akun anda dengan mudah.

Teknik hacker dalam meretas akun 2

3. Menembus website dengan keamanan rendah

Jika mereka (para hacker) gagal membobol akun anda menggunakan dua metoda di atas, mereka akan mencari-cari informasi mengenai anda lewat media sosial anda, mengumpulkan data seperti website mana saja yang sering anda kunjungi.

Dari daftar website yang sering anda kunjungi tersebut, mereka menentukan website mana yang tingkat keamanannya rendah untuk kemudian mereka meretasnya dan mengetahui password anda.

Jika ternyata password anda ditemukan dan kebetulan password tersebut anda gunakan secara universal (banyak akun, satu password). Kemungkinan besar, semua akun media sosial dan email anda akan dapat dengan mudahnya dibobol oleh para hacker.

4. Shoulder surfing

Yang dimaksud dengan shoulder surfing adalah tindakan melihat dari atas bahu seseorang untuk melihat apa yang mereka ketikkan. Hacker dengan kemampuan dan cara ini biasa disebut sebagai hacker visual.

Efektif, murah, meskipun tergolong cara tradisional, namun bagi orang yang kurang waspada, akan menjadi korban juga.

Kegiatan semacam ini dapat terjadi pada atm, warnet tanpa sekat, dan tempat akses internet umum lainnya yang tidak mengutamakan keamanan para konsumennya.

5. Wi-fi sniffing

Sebuah open wireless network adalah salah satu tempat yang sangat rentan hacking, karena kurangnya pengamanan yang diberikan pada wireless network tersebut.

Hal ini dikarenakan, informasi yang dikirimkan melalui jaringan tersebut akan dengan mudah diperoleh oleh seseorang yang berada pada area transmisi jaringan tersebut.

Teknik ini dapat dijalankan secara manual maupun otomatis, jika anda berada dalam sasaran dengan open wi-fi network, maka hacker akan dengan siap siaga mencuri, dan mengawasi setiap kegiatan yang anda lakukan dengan memanfaatkan wi-fi sniffing ini.

Sniffer juga dapat dimanfaatkan oleh seorang hacker guna melancarkan pencurian data-data yang diinginkannya. Maka dari itu, sangat rentan sekali open wifi network jika digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan password, jika anda terpaksa menggunakan jaringan ini, usahakan anda mengunjungi dan memilih website dengan opsi protokol https karena keamanannya lebih terjamin.

Teknik hacker dalam meretas akun 3

6. Keylogger

Keylogger adalah salah satu hack tool yang dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah password dan data penting dari sebuah akun. Jika sebuah keylogger telah terpasang pada komputer yang anda gunakan, maka keylogger akan menyimpan setiap ketukan keyboard yang anda lakukan.

Keylogger akan membuat file log yang berisi ketukan keyboard yang anda lakukan dan mengirimkannya ke alamat yang dituju.

Alamat yang dituju yang dimaksudkan di sini adalah alamat e-mail sang hacker. Sangat berbahaya sekali jika sampai anda telah diserang menggunakan keylogger.

Yang perlu anda ketahui, aplikasi keylogger yang paling terkenal saat ini adalah ardamax keylogger. Keylogger ini dapat dikonfigurasikan sehingga tidak muncul pada proses task manager.

7. Rat (remote administration tool)

Aplikasi ini adalah hack tools yang cukup berbahaya dan tak jarang digunakan para hackers dalam memangsa korbannya. Dengan rat, hacker dapat terkoneksikan dengan komputer anda tanpa sepengetahuan anda.

Rat memungkinkan hacker melihat semua aktivitas yang anda lakukan pada komputer anda. Beberapa rat juga dilengkapi dengan keylogger yang sangat berbahaya.

Rat juga dapat melakukan penyalinan file dari komputer anda ke komputer sang hacker.lagi-lagi hal itu tanpa sepengetahuan anda. Beberapa contoh aplikasi rat yang populer antara lain pentagonrat, imrat, dan njrat.

Teknik hacker dalam meretas akun 4

8. Trojan

Trojan sering menyebar lewat situs-situs berbagi file seperti torrent, dan warez. Berhati-hatilah pada setiap software yang anda download secara gratis.

Terdapat kemungkinan trojan telah disisipkan di dalamnya, terlebih pada keygen dan crack serta patch yang biasanya dideteksi terdapat adanya trojan di dalamnya.

Trojan dapat diantisipasi dengan cara selalu mengaktifkan anti-malware dan anti-virus, serta memperbaharuinya secara berkala.

Begitulah cara atau teknik hacker dalam meretas akun anda, sebaiknya selalu berwaspada dan lakukan tindakan pencegahan dengan cara selalu memperbarui password anda atau gunakan password yang rumit dan susah ditebak, serta tindakan penebalan keamanan lainnya.

Gearbest  promotion
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *