Teknologi Canggih dan Modern yang Bisa Mengubah Hidup AndaAbi Blog

5 Teknologi Canggih dan Modern yang Bisa Mengubah Hidup Anda

Kehadiran berbagai teknologi canggih dan modern tentunya mampu mengubah dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Beberapa teknologi yang biasanya kita jumpai di film-film sci-fi kini tengah dikembangkan, bahkan ada beberapa teknologi yang telah diluncurkan ke publik meskipun masih berupa purwarupa.

Nah, berikut ini ada 5 teknologi canggih dan modern yang bisa mengubah hidup Anda yang biasanya hanya kita lihat di film-film fiksi ilmiah.

Teknologi Canggih dan Modern yang Bisa Mengubah Hidup Anda

5 Teknologi Canggih dan Modern yang Bisa Mengubah Hidup Anda

1. Kacamata Virtual (Virtual Googles)

Kacamata virtual merupakan salah satu teknologi yang sedang digandrungi akhir-akhir ini. teknologi yang seakan-akan menghadirkan dunia virtual ke alam nyata ini kini tengah dikembangkan oleh beberapa perusahaan teknologi seperti Samsung, Lenovo, Google, Microsoft dan lainnya.

Sensasi dunia virtual ini bisa dirasakan oleh seseorang yang memakai beberapa peralatan canggih seperti kacamata atau helm, sarung tangan, headset dan walker.

Kacamata atau helm virtual nantinya berfungsi untuk menampilkan perspektif gambar yang lebih nyata dan lebih dekat.

Sedangkan efek-efek suara dari dunia virtual akan disalurkan ke telinga pengguna melalui headset.

Untuk merasakan sensasi menyentuh dan berjalan di dunia virtual, pengguna bisa menggunakan sarung tangan dan walker yang berperan sebagai penghubung interaksi tangan dan kaki pengguna dengan dunia virtual.

Tidak hanya berguna bagi sarana hiburan, teknologi kacamata virtual ini juga bisa dimanfaatkan bagi dunia kedokteran, simulasi penerbangan serta simulasi operasi militer.

Baca Juga :  10 Game Paling Menghebohkan Namun Ternyata Mengecewakan

2. Mobil Terbang (Flying Car)

Jika Anda bosan menghadapi kemacetan lalu lintas setiap hari, Anda bisa menggunakan salah satu teknologi inovatif yakni mobil terbang (flying car).

Mobil terbang yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Slovakia yakni AeroMobil ini sempat dipamerkan dalam acara Pioneers Festival yang diselenggarakan di Wina, Austria.

Mobil berdesain modern yang mampu memuat dua penumpang serta berbahan bakar minyak ini diklaim mampu terbang sejauh 700 km dengan kecepatan mencapai 130 km/jam.

Sayangnya, kendaraan ini belum memiliki ijin terbang di negara asalnya sehingga pabrikan berencana melakukan uji coba di negara lain seperti Brasil, Australia atau negara Timur Tengah yang memiliki peraturan lalu lintas lebih ketat.

Jika kendaraan ini benar-benar bisa dikomersilkan, bukan tidak mungkin kehadirannya akan mengubah wajah transportasi dunia.

3. Jet Pack

Ingatkah Anda akan film tahun 90an The Rocketeer? Ya film ini mengisahkan tentang seorang yang memiliki kemampuan terbang menggunakan suatu alat menyerupai jet di punggungnya.

Nah, belum lama ini, sebuah perusahaan yang bernama Jetpack International, Denver, Colorado meluncurkan sebuah alat yang bisa digunakan untuk terbang dengan berbahan bakar air maupun gas yang diberi nama Jet Pack.

Jet Pack ini diciptakan lengkap dengan perlengkapan pendukungnya seperti kostum serta material aerospace yang dapat memproduksi bahan bakar hydrogen peroksida jet.

Baca Juga :  Membangkitkan medan magnet di Planet Mars untuk mengembalikan atmosfer

Jet Pack yang memiliki berat 180 kg ini hanya dijual khusus untuk pilot yang terlatih dan mampu terbang setinggi 76 meter di udara dengan jarak sejauh 18 km.

Ssayangnya, alat ini hanya bisa dipergunakan selama satu menit karena keterbatasan jumlah bahan bakar sehingga hanya cocok digunakan untuk perjalanan jarak dekat saja.

4. Pedang Cahaya (Light Saber)

Light Saber atau pedang cahaya seperti yang terdapat pada film populer Star Wars tengah dikembangkan oleh seorang mahasiswa Universitas South California yang bernama Allen Pan.

Dengan menggunakan bahan bakar campuran meaol dan aseton, sistem pengapian nikrom serta bahan pembakar butana.

Allen membuat sebuah pedang yang mampu memancarkan api berwarna biru berbentuk lurus layaknya sebilah pedang cahaya.

Tidak hanya memancarkan cahaya berwarna biru, pedang cahaya ini juga mampu memancarkan cahaya kehijauan jika menggunakan bahan bakar asam borat dan mampu membakar benda apapun yang disentuhnya.

Selain itu, pedang ini dilengkapi dengan pengatur katup dan efek suara Sound FX yang bisa mengeluarkan suara layaknya light saber sungguhan.

5. Teleportasi Quantum

Teknologi teleportasi quantum merupakan kemampuan memindahkan atau mengirimkan suatu obyek ke tempat lain tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Baca Juga :  BIOS, Fungsi, Cara Kerja dan Arti Kode Beep yang Muncul

Kini, teknologi yang bekerja seperti layaknya film sci-fi Star Trek tersebut bisa dilakukan di alam nyata.

Uji coba teleportasi ini pernah dilakukan oleh peneliti dari University of Science and Technology of China, Shanghai pada tahun 2010 silam.

Percobaan mereka berhasil memindahkan 1.100 photon ke suatu tempat sejauh 97 km dari tempat awal mereka berada hanya dalam waktu 4 jam.

Penelitian lanjutan masih terus dilakukan agar alat teleportasi ini bisa memindahkan objek berukuran yang lebih besar seperti manusia dan kendaraan.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *