Teknologi Masa Depan

Diposting pada

Apa Sebenarnya Teknologi Masa Depan Itu?

Saat kita bicara tentang teknologi masa depan di hari ini maka yang terjadi adalah sebuah gambaran sebuah teknologi yang akan tercipta pada suatu saat di masa depan.

Sedangkan jika kita bicara teknologi masa depan pada beberapa abad  yang lalu maka yang terjadi adalah teknologi yang telah kita nikmati sekarang ini.

Teknologi Masa Depan

Jadi sebenarnya teknologi masa depan adalah suatu masa tingkatan sebuah teknologi yang terus berjalan yang terus menggunakan dasar-dasar teknologi yang telah digunakan pada hari ini.

Pernah terbayangkan bukan bahwa teknologi yang kita nikmati hari ini adalah sebuah kemustahilan pada jaman dulu, mungkin muncul banyak perdebatan pada waktu itu menyangkut teori bahwa logam bisa terbang misalnya. Yang akhirnya terciptalah pesawat terbang.

Teknologi masa depan itu seperti membaca cerita fiksi ada lebih aspek ketidakmungkinan terjadi dan hanya beberapa yang mengarah berfikir bahwa itu mungkin saja akan terjadi atau ada.

Namun ketidak kemungkinan itu lambat laun berubah menjadi semakin mungkin karena munculnya faktor-faktor pendukung untuk menciptakannya.

Contoh yang akan saya ambil adalah Memory Card , apa yang difikir seseorang pada tahun 1800 an tentang ide membuat Memory Card?. Jawabannya adalah itu adalah ide mustahil dan ini teknologi masa depan, karena pada tahun- tahun itu mereka sudah merasa teknologi yang digunakannya adalah teknologi terkini.

Kemudian apa yang dikatakan orang jaman sekarang tentang Memory Card? Jawabannya adalah itu sudah benda yang biasa yang bisa ditemui sehari hari.

Teknologi masa depan itu seolah mimpi bagi sebagian orang, dan menganggap itu mungkin bagi yang lebih berfikir dan memehami sebuah dasar teknologi.

Berawal seperti cerita fiksi teknologi masa depan disajikan bersama seorang hero  dan menganggap teknologi itu hanya hasil imajinasi dari pengarang cerita fiksi.

Apakah pernah menyangka bahwa pada tahun 1800 an suatu saat orang bisa bicara dengan sekotak kecil alat yang di sebut handphone? Yang bisa berbicara dengan sanak saudara yang jaraknya ber mil-mil jauhnya?

Tentunya itu merupakan ide yang luar biasa konyol  jika diceritakan pada tahun-tahun tersebut, dan sebagian orang akan menganggap itu mimpi di siang bolong. Pada prosesnya setelah Edwin Howard Armstrong menegaskan penemuannya tentang gelombang radio, orang-orang akan berubah berfikir bahwa teknologi itu mungkin akan tercipta.

Karena pada dasarnya teknologi masa depan itu dikatakan mungkin jika memiliki dasar-dasar logika yang kuat, seperti pengetahuan aerodinamika misalnya yang terus dikembangkan dan pada akhirnya terciptalah pesawat terbang. Yang terus berkembang untuk membuat sebuah pesawat terbang yang bisa keluar angkasa dan ke planet lain.

Eksplorasi ruang angkasa yang dilakukan oleh pesawat luar angkasa tak berawak yang memiliki robot-robot pekerja yang dapat dikontrol dari bumi. Itu hanya sebagian contoh perekembangan teknologi masa depan yang mulai diterapkan dalam ilmu luar angkasa.

Banyak yang meramalkan bakal terjadi penyusutan ukuran komputasi yang menurut ahli akan ada penambahan hampir dua kali lipat jumlah transistor dalam satu chip dalam jangka setiap dua tahun dengan ukuran yang sama.

Kemungkinan proses itu akan terus berlanjut dan akan terciptanya sebuah chip sebesar atom yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop, itu adalah mungkin untuk teknologi masa depan karena proses telah terjadi dan memiliki dasar ilmu yang logis.

Itulah teknologi masa depan yang terus berkembang dan berkembang mengikuti perjalanan waktu dan pada akhirnya teknologi masa depan itu akan menjadi teknologi masa lalu bagi anak cucu kita.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.