4 Teknologi Rumah Pintar Yang Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Pada saat saya hidup di desa dimasa lalu jauh berfikir dari pemahaman rumah pintar, semuanya serba tradisional, belum ada konsep memedukan antara teknologi dan kebutuhan rumah, Kali ini saya akan membahas tentang teknologi rumah pintar hubungannya dengan nilai jual rumah. Cukup empat poin besar yang terpenting.

Kemudian pada saat saya bekerja di bidang indutri otomasi, mulai tumbuh pemahaman dan mengenal konsep teknologi rumah pintar. Ini masalah kebutuhan dan konsep penghematan yang mau tidak mau mesti diterapkan pada era sekarang.

Baca Juga :  Menelusuri Jejak Ilustrasi Robot Humanoid
Teknologi Rumah Pintar
Teknologi Rumah Pintar

Teknologi Rumah Pintar

Empat poin penting dalam teknologi rumah pintara adalah

1. Termosat Pintar

Apalah kita pernah menyangka bahwa penerapan thermostat pintar dapat menekan tagihan listrik kita?

Termostat tradisional bisa sangat akurat, beberapa menggunakan pemrograman yang rumit, lalu seberapa besar sebuah thermostat wireless tanpa kabel dapat membantu?

Ternyata pembelajaran algoritma, keadaan cuaca dan integrasi dengan teknologi rumah pintar lainnya bisa jauh lebih efisien disbanding thermostat model lama.

Butuh waktu membiasakan diri menggunakan teknologi ini, namun hanya butuh waktu singkat untuk menggunakan thermostat sebagai salah satu cara cerdas penghematan daya yang terbuang sia-sia.

Termostat teknologi terbaru beserta sistem yang teraplikasikan membantu membaca berbagai hal yang berhubungan dengan suhu yang diintegrasikan dengan sistem pengatur suhu di rumah.

Dan sistem akan bekerja secara independen, membaca sendiri, mengatur sendiri dan memutuskan sendiri.

2. Pencahayaan Pintar

Hampir sepertiga penggunaan daya listrik dirumah digunakan untuk penerangan atau pencahayaan. Pemakaian lampu yang tidak sesuai akan terlalu menguras penggunaan daya.

Dengan teknologi rumah pintar, pemakaian intensitas cahaya dapat diatur secara otomatis dengan membaca kebutuhan pencahayaan ruangan, rutinitas waktu dan tentunya waktu kebutuhan.

Sistem pencahayaan cerdas dapat diintegrasikan dengan sensor gerak, timer, kontrol independen, motion, bahkan dengan hansfree tambahan.

Penggunaan daya akan disesuaikan dengan kebutuhan, dalam hal ini tentunya akan menghemat kebutuhan daya selain penggunaan material lampu yang hemat daya misalnya lampu LED.

3. Keamanan Pintar

Banyak milik kita atau harta kita berada di dalam rumah, tentu hal ini mengharuskan kita membuat sistem keamanan yang handal untuk menjaganya.

Bagaimana teknologi rumah cerdas melakukannya?

  • Sistem Pemantau Kebakaran Online
  • Sistem kamera online
  • Sistem mikropon online, dll

Sehingga apapun yang terjadi di rumah pada saat kita sedang diluar rumah akan dapat kita pantau secepatnya. kemudian memutuskan untuk memberi perintah balik.

Lebih detai tentang keamanan rumah adalah dengan pembuatan zona-zona, yang dapat meminimalisir keadaan darurat. Tentunya butuh integrasi dengan mekanis pintu dan jendela dll.

4. Panel Surya dan Baterai Cadangan

Tidak dapat dipungkiri, penggunaan panel surya sebagai sumber daya listrik alternative sangat membantu dalam penghematan pemakaian daya.

Meskipun hingga sampai saat ini material pendukungnya masih terbilang mahal. Tahun-tahun kedepan, panel surya akan menjadi tidak asing lagio berada disetiap rumah.

Tambahan Yang Lain Rumah Pintar

  • Penyiram tanaman cerdas
  • Sistem hiburan cerdas
  • Ventilasi cerdas
  • Kunci cerdas
  • Parkir dan Mobil pintar

Bagaimana dengan rumah Anda? ada rencana untuk menjadi teknologi rumah pintar ?

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *