Teknologi TV QLED, Inovasi Terbaru Teknologi Televisi

Teknologi TV QLED

Apa yang baru dari pabrikan Samsung di tahun 2017? Teknologi TV QLED

Teknologi TV QLED
Teknologi TV QLED

Yaitu peluncuran teknologi baru TV pada CES 2017, masih seputar penggunaan teknologi QLED. Samsung mengeluarkan tiga model TV untuk teknologi baru ini, yaitu:

  1. Q9F, sebagai seri unggulan layar datar,
  2. Q8C, tipe layar melengkung, dan
  3. Q7, tersedia pilihan datar maupun melengkung.

Beberapa model TV keluaran Samsung sebelumnya adalah jenis layar melengkung, diproduksinya seri Q9F yang merupakan jenis layar datar adalah langkah surprise dari pabrikan dari Korea ini.

Namun hal ini wajar, karena menurut survey, konsumen lebih menyukai jenis TV layar datar. Tipe layar datar ini akan siap dengan ukuran 55, 65, 75 dan 88 inchi.

Teknologi Quantum Dots LED

QLED mengacu pada Quantum Dot LED, teknologi Quantum Dot LED bukanlah teknologi terbaru. Samsung dan beberapa produsen TV lainnya telah menggunakan teknologi ini sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir.

QLED keluaran terbaru menggunakan Quantum Dots pada kemasan logam, memaksimalkan kecerahan yang lebih baik, kualitas warna dan memaksimalkan sudut pandang (viewing angle).

Teknologi QLED diharapkan bisa menggantikan model SUHD, meskipun sulit karena model SUHD premium telah nyata sukses. Beberapa peningkatan dan perbaikan seri QLED bias jadi menjadi referensi tersendiri.

Pada tipe 69Q9F tingkat kecerahan mencapai 2.000 nits, dibandingkan dengan model SUHD, contohnya seri KS9500 yang hanya memiliki tingkat kecerahan puncak 1.400 nits.

Kelebihan lain dari QLED adalah kemampuan dari DCI warna maksimal 100% yang ditemukan pda sebagian besar 4K Blu-ray, artinya, lebih tingi mendapatkan kualitas warna.

Perbedaan antara QLED dan LCD adalah system backlighting-nya, pada TV LCD backlight manyala dari satu arah saja, sedangkan pada panel QLED, dirancang pencahayaan dari segala sisi. Hal ini jelas mempengaruhi kemampuan sudut pandang yang dapat lebih maksimal dari titik lurus layar.

Yang masih menjadi pertanyaan adalah, apakah system pencahayaan QLED Samsung cukup kuat dibandingkan dengan TV OLED LG yang telah terbukti tidak memiliki masalah backlighting sama sekali.

Samsung belum mengeluarkan besaran harga dari Teknologi TV QLED ini, hingga tulisan ini dibuat.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *