Tentang Elektronika

Diposting pada

Pemahaman Tentang Elektronika

Tentang elektronika adalah ilmu yang mempelajari sistem listrik arus lemah yang terkontrol oleh beberapa komponen, yang pembagian tugasnya sesuai fungsi masing- masing.

Arus yang mengalir di dalam rangkaian elektronika di sebut elektron atau bisa di sebut partikel bermuatan listrik. 

Ilmu elektronika pada dasarnya berhubungan langsung dengan ilmu fisika, pada sistem pembuatan komponen atau pun pengembangan lanjutan dari komponen tersebut, menjadi yang lebih hemat energi, lebih simpel, lebih multi guna, dan kelebihan -kelebihan lain yang tentunya lebih mengikuti kemajuan jaman.

Baca Juga :  Memahami jenis antena monopole
Tentang Elektronika
Tentang Elektronika
Sementara untuk bentuk desain serta pembuatan rangkaian elektronika-nya adalah bagian dari ilmu teknik elektro, dikategorikan lagi ke teknik komputer, teknik instrumentasi elektronika.
Dalam hidup sehari hari tidak akan pernah lepas dari perkakas- perkakas elektronika, sudah menjadi bagian hidup yang terbiasa dan bahkan ke arah tren. Misalnya Radio, Televisi, Komputer, Kamera digital, Handphone, PDA dan lain- lain yang tentunya sangat banyak untuk disebutkan.
Hingga era modernisasi ini, ilmu tentang elektronika adalah pemeran terdepan dalam segala aspek kemajuan teknologi, sudah tidak ada batasan lagi antara ilmu elektronika dan berbagai macam teknik teknik lain. Sebuah syarat aplikasi dasar untuk menyertakan elektronika dalam bidang lain.
Kemajuan elektronika pada penerapan-nya lebih kearah mempermudah semua aspek kehidupan, cenderung memanjakan dalam arti positif maupun negatif.
Kemajuan komunikasi, kemajuan otomatisasi, kemajuan transportasi, dan kemajuan – kemajuan yang lain tak luput dari peran ilmu elektronika.
Pada Ilmu Elektronika terbagi beberapa bidang ilmu lagi antara lain : Pengenalan Komponen Elektronika, Skema Elektronika, Penggunaan alat- alat ukur Elektronika, Perakitan Elektronika, dll.
Dan pembagian pada bidang umum dapat terbagi ( lebih luas) sbb:
  1. Elektronika Rumahan( Elektronika yang lazim di pakai oleh kalayak umum),
  2. Elektronika Gedung ( Elektronika yang penerapannya pada gedung gedung),
  3. Elektronika Industri ( Elektronika untuk industri atau pabrik pabrik sebagai dukungan otomatisasi misalnya),
  4. Elektronika Komunikasi ( Penerapan pada bidang komunikasi, data transfer dll.),
Kemajuan Ilmu tentang Elektronika berkembang pesat pada dua puluh tahun terakhir terutama pada bidang komunikasi dan otomatisasi ( robotisasi). Sehingga banyak memunculkan peluang peluang bisnis di bidang elektronika. Sebuah pengaruh yang luar biasa untuk semua aspek kehidupan sehari – hari.
Baca Juga :  Apakah Frekuensi ? Pemahaman tentang Frekuensi
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

2 thoughts on “Tentang Elektronika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.