Tentang Sistem dan Spesifikasi PLC SIMATIC S5-115U

Tentang Sistem dan Spesifikasi PLC SIMATIC S5-115U

Tentang Sistem Spesifikasi PLC SIMATIC S5-115U

Tentang Sistem dan Spesifikasi PLC SIMATIC S5-115U
Tentang Sistem dan Spesifikasi PLC SIMATIC S5-115U

Tentang sistem dan spesifikasi PLC SIMATIC S5-115U, PLC ini telah digunakan di seluruh dunia di hampir semua bidang dalam berbagai aplikasi. Masing-masing komponen modularnya menangani tugas tertentu. Karena itu, Anda bisa memperluas sistem sesuai kebutuhan Anda.

Tiga jenis sistem komunikasi menyampaikan informasi di antara beberapa pengendali. Sistem S5-115U menyediakan panel operator, perangkat pemantauan, dan berbagai pemrogram yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahasa pemrograman perangkat lunak yang ekstensif membuat pemrograman menjadi mudah.

1. Aplikasi

Banyak industri yang berbeda menggunakan S5-115U. Meskipun setiap tugas otomasi berbeda, S5-115U menyesuaikan diri secara optimal dengan pekerjaan yang paling banyak jenisnya, apakah melibatkan kontrol loop terbuka sederhana atau kontrol loop tertutup yang kompleks.

Bidang aplikasi saat ini meliputi:

a. Industri mobil

Alat bor, perakitan dan alat uji otomatis, fasilitas pengecatan, alat penguji kejut

b. Industri Plastik

Mesin cetak tiup, injeksi, dan termal, sistem produksi sintetis.

c. Industri berat

Peralatan moulding, tungku industri, rolling mills, sistem kontrol suhu poros pit otomatis.

d. Industri kimia

Proporsi dan sistem pencampuran.

e. Industri Makanan dan Minuman

Sistem pembuatan bir, alat sentrifugal.

f. Mesin

Mesin pengepakan, pengerjaan kayu, dan custom-made, kontrol mesin, peralatan mesin, pabrik pengeboran, pusat alarm fault, teknologi pengelasan.

g. Jasa Bangunan

Teknologi lift, kontrol suhu, ventilasi, pencahayaan

h. Sistem Transportasi

Alat transportasi dan pemilahan, sistem conveyor dan crane

i. Energi, Gas, Air, Udara

Stasiun penguat tekanan, catu daya siaga, kontrol pompa, pengolahan air dan udara, sistem penyaringan dan pemulihan gas.

2. Komponen sistem

Sistem S5-11U terdiri dari berbagai komponen modular. Komponen ini meliputi:

  • Modul Power Supply (PS)
  • Central Processing Unit (CPU)
  • Modul input dan output (I / Os)
  • Modul input / output cerdas (IP, WP)
  • Prosesor komunikasi (CPs)

a. Sumber Daya listrik

Modul catu daya (PS) mengubah catu daya eksternal menjadi voltase pengoperasian internal. Tegangan suplai untuk S5-115U meliputi 24VDC, 120VAC, dan 230VAC.

Terminal tipe sekrup menghubungkan jalur catu daya ke bagian bawah PS. Tiga arus keluaran maksimum tersedia. Pilihannya adalah 3A, 7A, atau 15A sesuai dengan jumlah modul yang Anda miliki atau sesuai dengan konsumsi daya mereka. Kipas angin tidak diperlukan untuk arus keluaran hingga 7A.

Baterai lithium membackup memori program, penghitung waktu dan penghitung internal di dalam jika terjadi kehilangan daya. Sebuah LED sinyal akan menunjukkan kehilangan daya baterai. Jika Anda mengganti baterai saat daya dimatikan, hubungkan voltase back-up dari sumber luar ke soket yang disediakan untuk tujuan ini pada modul catu daya.

b. Central Prosessing Unit (CPU)

Central Processing Unit (CPU) adalah “otak” pengontrol yang dapat diprogram. Ini menjalankan program kontrol. Pilih dari empat CPU berikut ini, tergantung pada tingkat kinerja yang harus dimiliki S5-115U Anda:

  • CPU 941,
  • CPU 942,
  • CPU 943 dan
  • CPU 944.

Semakin kuat CPU yang Anda pilih, semakin pendek waktu eksekusi program Anda dan semakin besar memori pengguna. Anda dapat menggunakan CPU 941 sampai 944 juga untuk kontrol PID – bersamaan dengan modul analog dan perangkat lunak kontrol PID – karena sistem operasi di CPU ini berisi algoritma kontrol PID yang tidak terpisahkan. Sampling 100 ms kali dimungkinkan untuk loop kontrol PID. Anda dapat menerapkan hingga delapan loop kontrol PID.

CPU 943 dan CPU 944 (masing-masing dengan dua serial interface) menawarkan kemungkinan lebih lanjut untuk mengendalikan proses berkat waktu hardware integral.

c. Modul Input dan Output

Modul input dan output adalah antarmuka sensor dan aktuator mesin atau sistem yang dikendalikan.

Fitur berikut membuat modul S5-115U mudah ditangani:

  • Instalasi cepat
  • Coding mekanis
  • Area pelabelan besar
i. Modul Digital

Modul digital sesuai dengan tingkat voltase dan arus perangkat Anda. Anda tidak harus menyesuaikan level yang ada dengan pengontrol yang dapat diprogram. S5-115U menyesuaikan diri dengan perangkat.

Modul digital memiliki beberapa fitur nyaman berikut:

  • Sambungan jalur sinyal melalui konektor depan.
  • Pilihan koneksi snap-in screw-type atau crimp.
ii. Modul Analog

Sebagai tingkat kinerja pengendali programmable kenaikan nilai level, begitu pula pentingnya pengolahan nilai analognya. Pentingnya input analog dan modul output kenaikan nilai level.

Modul analog menangani terutama tugas kontrol loop tertutup, seperti tingkat otomatis, suhu, atau kontrol kecepatan.

S5-115U menawarkan modul input analog floating dan non-floating. Dengan menggunakan satu kartu range untuk setiap empat saluran untuk menyesuaikan tingkat sinyal yang diinginkan.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan hal berikut:

  • Memiliki hingga empat rentang/range pengukuran yang berbeda pada satu modul, tergantung pada jumlah saluran yang dimiliki modul
  • Mengubah rentang pengukuran hanya dengan mrngganti range kartu modul.

Tiga modul output analog mencakup berbagai rangkaian aktuator analog tegangan atau arus.

d. Modul Input / Output Intelligent

Menghitung pulse cepat, mendeteksi dan memproses kenaikan posisi, mengukur waktu dan kecepatan, kontrol loop tertutup, dan posisi hanyalah beberapa dari banyak pekerjaan kritis.

Prosesor utama pengontrol yang dapat diprogram biasanya tidak dapat menjalankan pekerjaan semacam itu cukup cepat selain tugas pengontrolan sebenarnya.

S5-115U menyediakan modul input / output cerdas  (Intelligent Input/Outputs Modules = IP) untuk menangani pekerjaan kritis ini. Gunakan modul ini untuk menangani pengukuran, kontrol loop tertutup, dan tugas kontrol openloop dengan cepat sesuai dengan program. Sebagian besar modul memiliki prosesor sendiri untuk menangani tugas secara mandiri.

e. Prosesor Komunikasi

S5-115U menawarkan sejumlah prosesor komunikasi khusus (Communications Processors = CPs) untuk mempermudah komunikasi antara manusia dan mesin atau mesin dan mesin.

Dua kelompok utama CPs adalah sebagai berikut:

  • CP untuk jaringan area lokal.
  • CP untuk menghubungkan, memberi sinyal, dan melakukan logging.

3. Kemampuan / kapabiliti Ekspansi

Jika kemampuan koneksi dari satu central controller (CC) tidak lagi memadai untuk mesin atau sistem Anda, tambahkan dengan unit ekspansi (Expantion Units = EUs).

Modul antarmuka menghubungkan CC ke UE dan menghubungkan UE satu sama lain. Pilih modul antarmuka yang sesuai dengan konfigurasi pengontrol yang Anda butuhkan.

i. Konfigurasi Terpusat

Konfigurasi terpusat memungkinkan Anda menghubungkan hingga tiga UE hingga satu CC. Modul antarmuka untuk tujuan ini menghubungkan jalur bus dan suplai tegangan ke UE. Uni Eropa dalam konfigurasi semacam itu karenanya tidak memerlukan pasokan listrik sendiri. Kabel antara pengontrol masing-masing memiliki panjang maksimum 2,5 m (8,2 ft).

ii. Konfigurasi Terdistribusi

Konfigurasi terdistribusi memungkinkan Anda memindahkan unit ekspansi lebih dekat ke sensor dan aktuator mesin Anda. Konfigurasi terdistribusi mengurangi biaya pemasangan kabel untuk perangkat ini.

4. Sistem Komunikasi

Fleksibilitas pengontrol sangat penting untuk produktivitas manufaktur. Tugas kontrol yang kompleks dapat dibagi dan didistribusikan ke beberapa pengendali untuk mencapai fleksibilitas terbesar.

Distribusi menawarkan keuntungan sebagai berikut:

  • Unit kecil yang lebih mudah dikelola. Anda bisa merencanakan, memulai, mendiagnosis, memodifikasi, dan mengoperasikan sistem dengan lebih mudah, dan mengamati keseluruhan proses dengan lebih mudah
  • Meningkatkan ketersediaan sistem karena, jika satu unit gagal, sisa sistem akan terus berfungsi

Informasi harus mengalir antara pengendali terdistribusi untuk memastikan hal berikut:

  • Pertukaran data antara pengendali yang dapat diprogram
  • Pemantauan pusat, operasi, dan pengendalian sistem manufaktur
  • Pengumpulan informasi manajemen seperti data produksi dan pergudangan

Untuk alasan ini, tersedia fasilitas komunikasi berikut untuk program yang dapat diprogramkan oleh S5-115U controller:

  • Koneksi point-to-point dengan prosesor komunikasi CP 524 dan CP 525
  • Komunikasi jaringan area lokal melalui jaringan SINEC L1
  • Ethernet Industri
  • PROFIBUS
  • Koneksi point-to-point dengan CPU 943 dan 944
  • Antarmuka ASCII (di CPU 943 dan CPU 944) untuk menghubungkan printer, keyboard, dll.
  • Koneksi komputer dengan protokol 3964 / 3964R (di CPU 944)

5. Komunikasi Proses Operator, Monitoring, dan Pemrograman

Saat ini, pengguna mengharapkan visualisasi proses yang baik dengan kemampuan untuk melakukan intervensi jika diperlukan. Sebelumnya, mereka harus menyalakan lampu yang menunjukkan lampu, switch, potensiometer, dan pushbuttone, bahkan untuk persyaratan sederhana.

Untuk proses yang lebih rumit, mereka harus menggunakan terminal display video mahal. Solusi yang tidak fleksibel atau mahal adalah sesuatu dari masa lalu.

Dengan harga dan kinerja, S5-115U menawarkan spektrum panel operator dan perangkat pemantauan yang melimpah – dari panel operator genggam kecil ke terminal tampilan video berwarna yang nyaman.

S5-115U memungkinkan Anda bereaksi secara optimal terhadap persyaratan otomasi yang paling beragam, bahkan jika pemrograman bersangkutan. Untuk membantu Anda dalam hal ini, spektrum programmer yang lulus dan serasi berikut ini tersedia:

  • Programmer genggam PG 605U yang ekonomis.
  • PG 635 dalam desain tas kerja dengan layar kristal.
  • PG 685 dengan keramahan pengguna CRT.
  • PG 710.
  • PG 730.
  • PG 750.
  • PG 770.

Semua pemrogram memiliki kinerja tinggi, penanganan sederhana, operator yang user-friendly, dan bahasa pemrograman standar yang mudah dipelajari.

6. Perangkat lunak

Hingga saat ini, harga komponen perangkat keras cenderung turun terus-menerus dan harga perangkat lunak cenderung meningkat. Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Proses menjadi otomatis menjadi semakin kompleks
  • Persyaratan keselamatan meningkat.
  • Biaya personil meningkat.
  • Tuntutan ergonomis meningkat.

Siemens telah mengakhiri tren ini. SIMATIC menyediakan tiga solusi berikut untuk menghemat biaya perangkat lunak:

  • Bahasa pemrograman user-friendly dengan empat metode representasi dan kemampuan penataan yang mudah.
  • Katalog perangkat lunak yang ekstensif.
  • Pemrogram yang user-friendly.

Tentang Sistem dan Spesifikasi PLC SIMATIC S5-115U

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.