Cara Mengatasi Memori Penuh atau Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

Umumnya, kondisi Tidak cukup ruang pada perangkat Android dikarenakan memori internal smartphone terlalu kecil. Namun, bukan berarti untuk mengatasi masalah ini Anda harus membeli perangkat Android baru dengan kapasitas memori lebih besar.

Tidak Cukup Ruang Memori Perangkat Android

Nah, daripada uang Anda habis untuk membeli Android baru, sebaiknya coba dulu beberapa tips mengatasi memori penuh berikut ini.

Tips Mengatasi Memori Penuh atau Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android Anda

1. Hapus SMS (Pesan Masuk)

Langkah pertama dan sederhana untuk mengatasi memori penuh atau “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” Android adalah dengan menghapus pesan masuk.

Sebaiknya selain menghapus SMS pada aplikasi pesan, Anda juga perlu menghapus pesan pada aplikasi WA, BBM, Line dan Hangout. Hal ini bertujuan untuk memberi ruang pada memori internal smartphone Android Anda.

2. Hapus File Cache Android

Cara simple selanjutnya dalam menangani memori penuh pada smartphone Android adalah dengan menghapus atau membersihkan file cache. Untuk lebih cepat, Anda dapat memanfaatkan aplikasi cleaner yang bisa diunduh melalui Play Store seperti Clean Master, AVG Cleaner dan CCleaner.

Namun, Anda juga bisa menghapus file cache secara manual melalui pengaturan pada perangkat Android. Caranya adalah dengan masuk menuju menu Pengaturan, pilih Setelan Tambahan. Kemudian Anda dapat meng-klik Manajemen Aplikasi dan mencari Nama Aplikasi. Setelah itu, langkah terakhir adalah menekan Hapus Cache.

Baca Juga :  Berbagai Tombol Dan Bagian Penting Pada Kamera DSLR Beserta Kegunaannya

3. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD

Memindahkan sebagian aplikasi dari memori internal menuju Micro SD (eksternal memori) merupakan cara ampuh dalam mengatasi memori penuh. Pastikan Anda sudah memasang eksternal memori berkapasitas 4 GB sebelum memindahkan aplikasi. Hal ini bertujuan agar memori eksternal mampu menyimpan banyak aplikasi serta data.

Pertama cara memindahkan aplikasi menuju MicroSD adalah masuk dalam Pengaturan, lalu pencet Setelan Tambahan. Setelah itu, pilihlah menu Manajemen Aplikasi dan tekan Diinstal. Langkah berikutnya Anda harus mencari Nama Aplikasi dan klik Pindahkan ke SD Card.

4. Pindahkan Video, Foto serta Musik ke MicroSD

Selain memindahkan aplikasi, ada baiknya Anda juga memindahkan data-data penting seperti musik, audio, foto, video serta dokumen menuju SD Card. Dengan memindahkan data-data tersebut, maka memori internal Anda akan mempunyai ruang yang lebih luas.

Baca Juga :  Mencegah Panas Berlebih Pada Transistor Power Amplifier

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Sebaiknya Anda menghapus aplikasi dan game yang tidak pernah Anda mainkan, karena aplikasi serta game yang tidak terpakai ini menyedot banyak memori internal, khususnya permainan yang berkualitas 3D. Oleh sebab itu, menghapus aplikasi yang tidak terpakai merupakan salah satu solusi dalam mengatasi masalah memori penuh pada perangkat Android.

Untuk menghapus aplikasi, Anda hanya perlu masuk pada menu Pengaturan dan meng-klik Setelan Tambahan. Kemudian pilih Manajemen Aplikasi, lalu carilah “Nama Aplikasi”. Tahap selanjutnya, Anda cukup menekan “Hapus Instalasi”.

6. Lakukan Factory Reset

Tips terakhir dalam menangani “Tidak cukup Ruang Pada Perangkat” Android adalah melakukan Factory Reset. Dengan melakukan factory reset, perangkat Android Anda akan kembali pada setelan awal atau pengaturan pabrik. Umumnya cara ini dilakukan jika dari kelima tips di atas tidak ada yang berhasil mengatasi masalah memori penuh.

Namun, jika ingin melakukan factory reset, pastikan Anda sudah membackup semua file serta data yang tersimpan. Langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan factory reset adalah dengan membuka menu Pengaturan.

Langkah selanjutnya, silahkan tekan Setelan Tambahan dan klik Buat Cadangan dan Reset. Setelah itu, tekan Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat Dibongkar.

Baca Juga :  Tips Menggunakan Listrik yang Aman di Rumah

Nah, tak terlalu sulit bukan dalam mengatasi kondisi memori penuh atau tidak cukup ruang tersebut? Semoga ulasan ini bermanfaat!

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *