Hemat Listrik di Dapur Menghemat PengeluaranAbi Blog

Tips Hemat Listrik di Dapur

Hemat Listrik di Dapur

Salah satu cara untuk menghemat kebutuhan rumah tangga adalah dengan hemat listrik di dapur. Menghemat listrik selain bermanfaat untuk keluarga, pastinya juga bermanfaat untuk bangsa karena seperti yang kita ketahui bersama, pemerintah melalui program kerjanya banyak menyerukan mengenai penghematan dalam bidang listrik ini.

Untuk itu pada kesempatan kalin ini, kami akan menyajikan beberapa tips agar alat elektronik di dapur menjadi lebih hemat energi.  Silahkan disimak

Baca Juga :  Definisi dan Cara Kerja Inverter

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Microwave

Untuk hemat listrik dapur, salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghemat penggunaan microwave. Jika ingin memanaskan makanan saat akan disajikan, sebaiknya Anda lebih memanfaatkan kompor. Karena penggunaan microwave akan memakan energi listrik yang cukup tinggi ketika baru dinyalakan.

2. Menghaluskan Bumbu dengan Ulekan

Cara tradisional untuk menghaluskan bumbu masih dapat dimanfaatkan sebagai pilihan hemat listrik di dapur. Penggunaan blender memang menjadi cara instan dan cepat. Namun, penggunaan yang sering, tentu akan membuat pemakaian listrik meningkat.

Baca Juga :  Pemipaan dalam tanah

Jika ingin menggunakan blender, sebaiknya Anda mencampur semua bahan bumbu menjadi satu dan campur dengan sedikit air. Dengan begitu Anda bisa lebih mempercepat penggunaan blender. Dan hindari mengisi blender sampai penuh karena mesin bisa macet dan rusak. Menyalakan ulang mesin berkali-kali juga membutuhkan daya listrik yang tinggi.

Hemat listrik di dapur
Hemat listrik di dapur

3. Atur Pencahayaan Ruang

Penataan ruang memang menjadi hal yang penting sebagai salah satu usaha melakukan penghematan energi. Anda bisa memanfaatkan cahaya alami yaitu memanfaatkan jendela di ruang dapur. Sehingga Anda tidak selalu menyalakan lampu setiap kali memasak di dapur, terutama saat hari masih cerah.

4. Cabut Semua Kabel yang Masih Terhubung ke Stop Kontak

Setelah menggunakan semua peralatan yang ada di dapur, sebaiknya Anda mencabut kabel yang masih terhubung ke stop kontak. Sebab, peralatan tersebut masih dapat menyedot listrik cukup banyak, seperti, microwave rice cooker, blender, dan lain-lain.

5. Batasi Variasi Menu Makanan

Jika Anda menggunakan kompor listrik, maka ada baiknya untuk mengurangi variasi makan sebagai cara untuk menghemat penggunaan kompor listrik. Jika Anda berencana memasak dua jenis sayur dengan menu berbeda, sebaiknya Anda membat inovasi dengan membuatnya menjadi satu menu makanan yang tetap enak untuk dimakan.

Selain itu, saat memasak air, sebaiknya Anda gunakan ceret peluit karena air lebih cepat matang. Dan selalu matikan kompor listrik Anda saat makanan akan matang dengan sempurna. Sehingga Anda tidak terlalu lama menggunakan kompor listrik.

6. Gunakan Kompor Gas

Nah, untuk membatasi penggunaan listrik yang berlebihan, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan kompor listrik atau microwave saat akan memasak makanan dalam jumlah besar atau rutin setiap hari. Untuk menghindari makanan yang dingin saat akan dimakan, sebaiknya Anda mengatur jadwal memasak yang tepat yaitu sesaat sebelum makan.

Jadi, itulah beberapa tips hemat listrik di dapur yang bisa diterapkan untuk menghemat listrik di ruang dapur Anda. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *