Tips Memilih Spek Komputer yang Handal ! Awas Jangan Salah Pilih

Tips Memilih Spek Komputer : Seperti contoh, jika kamu menggunakan komputer hanya untuk pekerjaan sederhana, seperti kantoran, atau sekadar mengetik, menjelajah di internet, maka saya sarankan untuk memilih spesifikasi komputer yang sederhana dan kamu tidak perlu mempunyai spesifikasi komputer yang tinggi karena akan buang-buang biaya dan fungsi.

Berbeda kalau kamu memiliki pekerjaan yang orientasinya ke bidang desain, atau kamu adalah pecandu game, editor film, maka kamu memerlukan komputer yang spesifikasinya tinggi dan bukan spesifikasi sembarangan. Pada perjumpaan kali ini saya akan berbagi tips memilih spek komputer.

Baca Juga :  Sebelum Membeli Laptop, Perhatikan Beberapa Spesifikasinya
Tips Memilih Spek Komputer
Tips Memilih Spek Komputer

Tips Memilih Spek Komputer

Keterkaitan Komponen untuk Komputer

Tips memilih spek komputer yang akan saya ulas adalah pemilihan komponen komputer yang berhubungan langsung dengan kualitas dan kemampuan komputer. Dari masing-masing komponen memiliki kemampuan yang berbeda dan setiap bagian atau periferal PC tidak bisa dipisahkan antar bagian. Seperti keberadaan Prosesor yang tidak bisa lepas dari RAM atau pun VGA, begitu juga sebaliknya.

Komponen Komputer

Komponen-komponen tersebut akan saya cantum dan jelaskan di bawah ini. Yuk, diperhatikan!

1. Processor

Saya merekomendasikan untuk memilih Intel atau AMD karena dari segi kualitas kemampuan mereka sebanding atau hampir sama. Kalau isi dompetmu kurang tebal, memilih processor AMD adalah langkah tepat karena processor Intel memiliki harga yang agak mahal.

Selian itu, AMD sangat kompabilitas terhadap motherboard yang lebih lama, sedangkan Intel perlu dilakukan pergantian lebih sering karena motherboard kompabilitasnya kurang. Pilih processor sekelas Dualcore bila komputer kamu gunakan untuk pekerjaan sederhanasedangkan untuk Quadcore bagi kamu yang sibuk dengan komputer spesifikasi tinggi.

2. Harddisk/ Memory

Kamu bisa memiliki beberapa merk terkenal seperti Samsung, Western Digital, Maxtor atau pun Hitachi yang beredar di pasar elektronik. Fungsi memori atau hard disk adalah menyimpan berbagai macam data penting yang ada di komputermu.

Pekerjaan sederhana bisa saja kamu memilih memori berkapasitas 160GM, sedangkan kebutuhan multimedia silakan memilih 500GB hingga 1TB atau 1000GB.

3. VGA

Berfungsi sebagai penampilan gambar atau grafik pada monitor. Semakin tinggi VGA, maka kualitas gambar semakin tinggi juga. Kamu bisa memilih 3 jenis VGA, yaitu High-end, Mid-end, dan Low-end yang masing-masing memiliki harga yang berbeda.

4. RAM

Memiliki tiga jenis atau tipe, yaitu DDR, DDR2, dan DDR3 yang saat ini DDR3 lebih sering dijual di pasar dan silakan memperhatikan kompabilitas motherbarddengan RAM. RAM tersedia berbagai macam pilihan, dari 512MB, 1GB, 2GB, 4GB, hingga 8GB.

5. Power Supply

Yang memiliki peran penting dalam sistem kerja komputer sebagai pemberi aliran listrik kepada seluruh komponen atau bisa diibaratkan sebagai jantung komputer.

Demikianlah informasi tentang tips memilih spek komputer yang bisa saya bagikan kepadamu. Selain membeli PC secara langsung, kamu pun bisa merakit komputer sendiri dengan menyesuaikan kebutuhanmu.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *