Tips Merawat Harddisk Eksternal

HardDisk Eksternal

Saat memory pada harddisk internal mulai penuh, tentu orang akan membutuhkan harddisk eksternal untuk menyimpan data-data juga men-transfer data dari satu komputer ke komputer lainnya.

Berbeda dengan flashdisk, perangkat keras ini mempunyai daya simpan yang lebih besar dan ukurannya pun tidak sekecil dari flashdisk. Sehingga banyak kalangan yang akan memilih harddisk sebagai memory eksternal-nya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Memori Penuh atau Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

Namun, harddisk juga memiliki kesamaan dengan flashdisk, yaitu jika tidak berhati-hati saat menggunakannya, maka harddisk juga akan mengalami kerusakan.

Harddisk eksternal
Harddisk eksternal

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips mudah untuk merawat harddisk eksternal dengan benar, agar terhindar dari kerusakan. Langsung cek tips di bawah ini yuk.

1. Letakkan HardDisk di Tempat Yang Datar dan Keras

Seperti alat elektronik pada umumnya, harddisk juga akan mengeluarkan panas saat dilakukan untuk bekerja. Tips untuk menjaganya tetap awet adalah Anda harus menaruh dalam tempat datar dan keras seperti di atas meja atau papan tanpa mengalasinya dengan kain, bantal, dan sebagainya.

Harddisk yang dialasi dengan menggunakan bantal atau kain, tidak dapat mengeluarkan panas secara maksimal, sehingga akan tertahan di dalam jaringan dan menyebabkan terjadinya kerusakan.

2. Lakukan Scan Virus Secara Rutin

Setiap kali Anda menggunakan hard disk eksternal, biasakan untuk selalu melakukan scanning secara menyeluruh agar data-data yang tersimpan tidak terkena virus. Terutama jika Anda sering menggunakan hard disk Anda di beberapa komputer atau laptop.

3. Jangan Sampai Jatuh atau Terjadi Benturan Keras

Perangkat elektronik tentu akan mengalami kerusakan sistem jika terjadi benturan atau jatuh dari tempat yang cukup tinggi sehingga Anda harus hati-hati saat menggunakannya.

4. Buatlah Penataan File yang Rapi

Misalnya Anda bisa mengelompokkan file sejenis Anda menjadi satu jenis. Hal ini bertujuan untuk meringankan kinerja harddisk pada saat proses pencarian dan pengetikan.

5. Lakukan Safely Remove Hardware

Jangan membiasakan diri untuk asal mencabut harddisk karena bisa jadi data yang Anda pindahkan belum tersimpan di memory harddisk sehingga terjadi data corrupt. Selain itu pencabutan listrik secara langsung dapat menyebabkan kerusakan dan memperpendek masa pemakaian dari harddisk.

Demikian tips yang dapat kita bagikan. Dengan perawatan yang benar, maka harddisk Anda akan menjadi lebih awet.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *