Tips Sederhana Menghemat Penggunaan ACAbi Blog

Tips Sederhana Menghemat Penggunaan AC

Menghemat Penggunaan AC

AC atau air conditioner merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan sebagai pendingin ruangan. Terutama di kota-kota besar, dengan mayoritas penduduk kalangan menengah ke atas. Berikut beberapa tips menghemat penggunaan AC.

Banyak yang tidak menyadari, jika penggunaan atau pengoperasian AC yang salah, bisa membuat tagihan listrik menjadi membengkak. Bahkan hampir 2 kali lipatnya.

Menghemat Penggunaan AC
Menghemat Penggunaan AC

Untuk itu, di kesempatan ini kami ingin mengshare berbagai tips penggunaan AC di rumah supaya tidak menimbulkan pembengkakan biaya listrik.:

1. Menggunakan Stop Kontak dalam Pemasangan AC

Jika memungkinkan, ada baiknya anda tidak memasang kabel listrik AC tanpa memasang stop kontak. Meski AC dapat diatur melalui remote sehingga lebih efisien, namun alangkah baiknya jika anda mematikan AC melalui stop kontak dengan cara mencabut colokannya. Tips ini bukan hanya membuat anda bisa lebih hemat pengeluaran listriknya melainkan juga mencegah terjadinya konsleting.

2. Sesuaikan Temperature Remote

Sesuaikan temperature dengan setelan temperature di atas 20° celcius. Dengan temperatur yang di setel semakin rendah, maka listrik yang dibutuhkan akan semakin besar.

3. Tutup ruangan anda

Saat menggunakan AC sebaiknya tutup ruangan anda. Usahakan tidak ada celah yang membuat udara dingin keluar. Hal ini dilakukan supaya kerja AC menjadi lebih ringan dan yang pasti juga efisien.

4. Bersihkan AC anda

Bersihkan AC dalam rumah anda dan dilakukan secara rutin yakni 3 sampai 5 kali dalam sebulan. Merawat AC bisa dilakukan dengan cara mengganti atau membersihkan saluran filter, mencuci unit outdoor rutin bagian indoor-nya secara berkala.

5. Tanam pohon

Panasnya terik matahari, membuat banyak orang lebih memilih memasang AC pada rumahnya. Pemasangan AC memang menjadi salah satu cara efektif mengusir panas. Namun nyatanya, menanam pohon di lingkungan sekitar tentu lebih baik lagi. Banyaknya pohon yang menaungi rumah anda, menciptakan rumah yang sejuk dan teduh sehingga penggunaan AC bisa dikurangi.

6. Ganti AC lama anda

Jika anda masih menggunakan AC yang telah tua dengan SEER rating berada di bawah 8, sebaiknya ganti AC anda dengan yang baru. Biaya yang anda keluarkan untuk mengganti AC lama dengan yang baru akan terganti dengan beberapa tahun dari penghematan listrik yang anda dapat.

Menggunakan AC tentu membutuhkan biaya listrik yang lebih besar dibandingkan dengan penggunaan kipas angin. Jika panas yang dirasakan tidak terlalu mengganggu, dan bisa dihilangkan dengan kipas angin, maka ada baiknya untuk menggunakan kipas angin dibandingkan AC.

Selain itu perbanyak menanam pohon, untuk menjaga lingkungan anda terbebas dari polusi serta untuk menghemat biaya listrik AC akibat udara yang panas.

Demikian informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

tomtop.com INT
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *