Tombol Dan Bagian Penting Pada Kamera DSLR Beserta KegunaannyaAbi Blog

Berbagai Tombol Dan Bagian Penting Pada Kamera DSLR Beserta Kegunaannya

Kamera DSLR ~ Kamera merupakan perangkat canggih yang digunakan untuk mengambil suatu gambar. Seiring berjalannya waktu, bentuk kamera selalu mengalami perubahan dengan berbagai fitur canggih yang dihasilkan.

Dengan perkembangan teknologi serta fitur-fitur canggih dari kamera, membuat banyak kalangan harus melakukan pemahaman lebih dalam untuk mengoperasikannya. Masing-masing tombol yang terdapat pada kamera tersebut tentu memiliki fungsi yang berbeda. Berikut akan kami sajikan bagian-bagian dari kamera, lengkap dengan kegunaannya.

Berbagai Tombol Dan Bagian Penting Pada Kamera DSLR Beserta Kegunaannya
Berbagai Tombol Dan Bagian Penting Pada Kamera DSLR Beserta Kegunaannya

Tombol Dan Bagian Penting Pada Kamera DSLR Beserta Kegunaannya

Fungsi tombol-tombol pada Kamera DSLR, dijelaskan satu persatu seperti dibawah ini:

1. Tombol On/ Off

Merupakan bagian paling penting dengan fungsi sebagai tombol untuk menyalakan dan mematikan kamera. Bagian power dari kamera pada umumnya berada di bagian kanan dari sisi belakang kamera.

2. Tombol Menu

Jika Anda ingin melakukan pengaturan pada perangkat kamera, maka silahkan masuk pada bagian tombol menu.

3. Lensa Camera

Salah satu bagian yang memiliki bentuk tabung dan berada di sisi depan kamera ini memiliki fungsi sebagai pengatur zoom atau besar kecilnya objek yang akan dibidik, serta memfokuskan gambar. Tanpa adanya lensa, perangkat kamera tidak dapat dioperasikan karena objek hanya dapat diambil jika terdapat lensa.

4. Tombol Pembuka Lensa

Lensa kamera merupakan bagian penting yang dapat dilepas pasang. Cara melepas lensa sangatlah mudah. Anda hanya perlu menekan tombol pembuka lensa sambil memutar lensa ke arah kiri.

5. Dudukan Lensa

Perangkat yang masih berhubungan dengan lensa kamera ini memiliki fungsi sebagai media untuk melepas dan memasang kembali kamera seperti yang telah kami bahas di atas.

6. Flash Light

Seperti yang telah kita ketahui bahwa flash merupakan bagian dari kamera yang memiliki peranan sebagai tambahan pencahayaan. Jika Anda membidik objek di ruangan yang gelap, maka penggunaan flash light akan sangat bermanfaat, sehingga hasil bidikan akan menghasilkan gambar yang lebih baik.

7. Tombol Pembuka Flash

Layaknya lensa, bagian flash light juga memiliki tombol pembuka. Namun, yang menjadi pembeda adalah flash bukan menjadi perangkat yang dapat dilepas pasang layaknya lensa. Jika menekan tombol tersebut saat kamera dalam kondisi menyala, maka bagian flash akan membuka dan dapat dioperasikan.

8. Tombol Stabilizer

Dengan adanya stabilizer, hasil gambar yang Anda bidik tidak akan mengalami kekaburan atau yang sering disebut dengan blur. Adanya gerakan tangan pemotret ketika membidik objek atau hand shake akan diatasi dengan peranan stablilizer. Dengan adanya getaran, stabilizer akan segera bekerja.

Namun, tidak semua kamera tidak dilengkapi dengan perangkat stabilizer (IS, VC, VR), sehingga sebelum membeli sebaiknya Anda melihat spesifikasi dari kamera tersebut.

9. Tombol Navigasi

Merupakan salah satu tombol yang akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menggeser menu serta menjalankan program di dalam kamera. Ada berbagai macam tipe yang dapat Anda jumpai dari masing-masing kamera.

Ada yang berbentuk 4 tombol kecil (kanan, kiri, atas, bawah) dan ada juga yang berbentuk scrol dan analog.

10. Tombol Shutter

Sama halnya dengan kamera pada umumnya, tombol shutter ini memberikan fungsi untuk memfokuskan gambar yang sedang dibidik. Sebelum benar-benar menekan tombol sepenuhnya, kamera akan mencari fokus dari objek sehingga hasil gambar yang dihasilkan lebih maksimal.

Usahakan untuk selalu menekan setengah bagian tombol shutter terlebih dahulu tiap kali mengambil gambar, sehingga semua hasil bidikan akan berada dalam fokus yang maksimal.

11. Tombol Fokus

Bagian tombol yang satu ini menyediakan dua pilihan bagi pengguna yaitu tombol manual focus (MF) dan auto focus (AF). Jika Anda menggunakan tombol auto focus, maka kamera akan bekerja untuk memfokuskan tiap bidikan objek.

Begitu juga sebaliknya, tombol manual focus lebih menekankan peranan dari pengguna kamera. jika ingin memfokuskan gambar menggunakan manual focus, maka Anda bisa mengoperasikannya sendiri.

12. Layar LCD

Merupakan bagian yang terdapat pada sisi belakang kamera, yang berfungsi untuk menampilkan hasil bidikan gambar serta saat Anda sedang mengoperasikan program kamera.

Selain itu, sebelum Anda membidik gambar, layar LCD juga dapat digunakan sebagai media untuk mengamati objek tersebut atau sering disebut sebagai life view.

13. View Finder

Merupakan bagian kamera yang berfungsi untuk melihat objek saat dibidik. Pada salah satu bagian dari kamera ini juga dilengkapi dengan eye piece yang akan meminimalisir cahaya yang masuk, sehingga hasil bidikan akan terlihat lebih nyata.

14. Grip

Merupakan salah satu perangkat dari kamera yang berada ada sisi kanan, dan berguna sebagai pegangan ketika menggunakan kamera untuk membidik suatu objek.

15. Tombol Dial Mode

Bagian ini dapat Anda operasikan sebagai suatu cara untuk membidik gambar secara manual (manual mode), otomatis (atomatic mode), serta close up mode.

16. Soket Tripod

Adalah bagian yang berfungsi untuk memasang tripod dan berada di bagian bawah kamera dengan bentuk sekrup.

Demikian bagian-bagian kamera yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Berbagai Tombol Dan Bagian Penting Pada Kamera DSLR Beserta Kegunaannya, Semoga dapat membantu Anda untuk memahami cara mengoperasikan kamera, terutama bagi para pemula.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *