Transformator Tegangan Menengah Deskripsi Fungsi PengoperasianAbi Blog

Standard Operating Transformator Tegangan Menengah

Deskripsi Transformator tegangan menengah

Secara umum Transformator adalah alat untuk menurunkan atau menaikkan tegangan. Pada Transformator Tegangan Menengah yang akan kita jelaskan adalah untuk menaikkan tegangan.

Transformator Tegangan Menengah
Transformator Tegangan Menengah

Fungsi Transformator Tegangan Menengah

Menurunkan tegangan Supply dari Panel MVMDP dalam nilai seperti pada spesifikasi dan mendistribusikan ke panel LVMDP.

Spesifikasi Transformator Tegangan Menengah

  • Tegangan Primer     : 20KV
  • Tegangan Sekunder : 0,4KV
  • Daya                            : 450KVA
  • Phase                           : 3 Phase
  • Frekwensi                   : 50 Hertz
  • Merk                             :

Pengoperasian Transformator Tegangan Menengah

Pengoperasian Transformator berhubungan langsung dengan pengoperasian Panel MVMDP.

Masalah yang sering muncul adalah:

  1. Phase yang tidak sesuai atau arah putaran yang tidak sesuai hal ini bisa diperbaiki dengan menukar Power In Put / Sekunder antara Phase R dan T dengan menukar tempat.
  2. Sebelum pengoperasian cukup dilakukan pemeriksaan kontrol – kontrol yang ter tanam dalam trafo berfungsi dengan baik serta ketinggian Oli didalam trafo masih memenuhi standar yang ditentukan sesuai pada manual book-nya.
  3. Periksa pada In Coming LVMDP agar pada posisi OFF hal ini menghindari pemberian beban yang tiba tiba kepada Transformator pada pengoperasian awal dan untuk pengoperasian lanjutan pada keadaan normal hal itu sudah secara otomatis terjadi prosesnya.
  4. Dan agar ada pengamanan pada Instalasi gedung , antisipasi kelebihan tegangan yang mungkin terjadi.

Lain- lain tentang Transformator Tegangan Menengah

  • Pastikan pemberian pengaman luar Transformator, misalnya pemberian pagar pelindung agar hanya orang orang tertentu yang bisa memiliki akses masuk.
  • Pastikan pergantian udara didalam ruang Transformator berjalan dengan baik.
  • Selalu beri tanda peringatan bahwa area disekitar Transformator berbahaya.

Mengatasi masalah Transformator Tegangan Menengah

Tidak ada power keluar dari Transformator

  1. Pada prinsipnya ketidakadaan power keluar pada Transformator berhubungan langsung dalam point mengatasi masalah pada Panel MVMDP sub Tidak ada power keluar dari MVMDP. (Baca : DISINI)
  2. Jika pada point Mengatasi masalah pada Panel MVMDP ( tidak ada power keluar dari MVMDP) terpenuhi, maka bisa dipastikan Gulungan Primer atau Sekunder Transformator mengalami masalah/ putus.
  3. Dengan deteksi awal sebagai berikut :
  • Lakukan pemberian power pada Transformator / seperti langkah yang sudah diterangkan diatas, Secara kasat mata Transformator akan sedikit mengeluarkan getaran / bunyi braming (haming) hal ini terjadi karena proses induktansi pada kumparan-nya.
  • Jika hal itu tidak terjadi sudah di pastikan Kumparan Primer Sekunder putus. Untuk hal ini hubungi penyedia layanan Transformator terkait.
  • Jika pada pemasukkan power pada kumparan sekunder berjalan normal (terdengar suara haming / braming , akan tetapi tidak ada power yang keluar dari Transformator, sudah dipastikan kumparan Primer mengalami putus).

Catatan : Kumparan Transformator bisa putus hanya satu phase dan biasanya pada panel lanjutan (LVMDP) tertanam pengaman akan hal itu yang fungsinya power tidak akan bisa masuk In Coming jika hanya membawa 2 atau 1 Phase saja.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *