Triac Transistor Berguna Bagi Perangkat ElektronikAbi Blog

Triac Transistor Berguna Bagi Perangkat Elektronik

Triac merupakan komponen semikonduktor yang tersusun atas diode empat lapis berstruktur p-n-p-n dengan tiga p-n justion, sedangkan transistor sering digunakan sebagai penguat. Khususnya sirkuit pemutus dan penyambung (switching), dan modulasi sinyal. Triac transistor berfungsi seolah kran listrik dan digunakan sebagai pengendali dua arah (bi-directional).

Triac transistor sesungguhnya difungsikan pada pembuatan perangkat elektronik terdiri atas tiga buah elektrode, yaitu: gate, MT1, dan MT2.

Baca Juga :  Tentang Elektronika Analog Dan Aplikasinya
Triac Transistor
Triac Transistor

Triac Transistor

Hal-hal yang perlu kamu ketahui dalam memilih triac tercantum di bawah ini.

Perhatikan seksama, ya

  • Tegangan breakover maju dan mundur
  • Arus maksimum (IT maks)
  • Tegangan dan arus picu gate yang diperlukan
  • Arus genggam minimum (Ih min)
  • Kecepatan penyaklaran
  • Tegangan maksimum dV/ dt
  • Tegangan blocking triac (VDRM)

Sebelum menggunakan Triac transistor, pastikan kamu menghubungkan (on) arus bolak-balik sewaktu di quadran I, yaitu saat arus kecil melintasi terminal gate ke MT1 dan polaritas MT2 lebih tinggi dari MT1.

Di saat triac terhubung dan rangkaian gate tidak memegang kendali, maka triac akan tersambung selama polaritas MT2 lebih tinggi dari MT1 dan arus yang mengalir lebih besar dari arus genggamnya (holding current/ lh).

Triac akan tersambung di saat arus negatif melintasi terminal gate ke MT1 dan polaritas MT1 lebih tinggi daripada MT2. Dan triac tetap terhubung walau rangkaian gate tidak memegang kendali selama polaritas MT1 lebih tinggi daripada MT2.

Kamu tidak perlu terpaku memberi pemicu melalui terminal gate. Triac pun dapat dibuat tersambung berkat pemberian tegangan yang tinggi melampaui tegangan breakover-nya terhadap terminal MT1 dan MT2. Namun perlu kamu ketahui kalau penggunaan cara ini memicu kerusakan pada triac.

Di saat triac tersambung (on) maka tegangan jatuh-maju antara terminal MT1 dan MT2 sangat kecil, sekitar 0,5 volt sampai 2 volt.

Triac sebagai pengatur arus dan sistem kontrol elektronik

Transistor saling berhubungan dengan triac sebagai pengatur arus dan sistem kontrol elektronik. Seperti triac, transistor memiliki tiga terminal, yaitu Basis (B), Emitor (E), dan Kolektro (C). Di satu terminal, emitor, dapat kamu pakai sebagai pengatur arus dan tegangan lebih besar daripada arus input Basis, yaitu pada keluaran tegangan dan arus output Kolektor.

Keberadaan triac transistor sering digunakan dalam rangkaian analog: melingkupi pengeras suara, sumber listrik stabil (stabilisator) dan penguat sinyal radio, begitu pula digunakan dalam amplifier (penguat).

Kamu dipermudah dengan adanya triac transistor karena difungsikan sebagai saklar berkecepatan tinggi, logic gate, memori, dan rangkaian elektronik lainnya.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *