WiFi Gratis, Bahaya, Kerugian, Cara Meminimalisir BahayaAbi Blog

Wifi Gratis Bisa Sangat Merugikan Anda

Bahaya Menggunakan Wifi Gratis

Bahaya menggunakan Wifi Gratis. Semua yang bersifat gratis selalu saja menjadi hal yang menarik buat semua orang. Begitu pun dengan akses internet gratis menggunakan wi-fi. Banyak fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, bandara atau hotel, warung makan dan lainnya memasang wi-fi untuk tujuan sebagai daya tarik agar banyak pengunjung yang datang.

Tapi pernahkah Anda berpikir akan bahayanya penggunaan wifi gratis tersebut ?

Simak penjelasan di bawah ini, dan Anda akan berpikir dua kali serta lebih berhati-hati, saat berniat menggunakan fasilitas wifi gratis an.

WiFi Gratis

Banyak pakar internet yang menghimbau untuk tidak menggunakan fasilitas internet gratis yang disediakan di hotel atau tempat umum yang lain. WiFi gratis yang disediakan di tempat umum memang sengaja di desain agar mudah di akses semua orang. Jadi kebanyakan tidak di lengkapi dengan pengaman atau enkripsi.

Semua gadged yang terkoneksi dengan jaringan tersebut sangat mudah terkena virus, diretas, dan terkena kejahatan internet lainnya. Hacker dengan sangat mudah menyusup dan dengan leluasa meretas ke semua gadged yang terkoneksi.

Bahkan tidak perlu alat dan software yang canggih, karena hanya dengan bermodalkan sebuah adapter wi-fi murahan, serta software gratisan yang banyak tersedia di internet, seorang hacker bisa dengan sangat mudahnya mendengar dan melihat semua percakapan,  file dan lain sebagainya yang ada di handphone atau laptop yang sama-sama terhubung di situ.

Berdasarkan fakta dari laporan Cylance, diungkapkan, bahwa software wi-fi yang saat ini banyak digunakan, memiliki lubang keamanan yang dengan mudah bisa di retas dan dimanfaatkan oleh hacker. Dan parahnya lagi, software wi-fi tersebut sudah dipakai di 29 negara di dunia.

Tips Terbaik untuk Meminimalisir Kejahatan Internet Saat Menggunakan Wifi Gratis an.

1. Hati-Hati Dengan Segala “Kemudahan”

Di banyak tempat umum, atau di mall, hotel dan lainnya di lengkapi dengan fasilitas wifi gratis, dimana kita dengan mudahnya bisa langsung terkoneksi dengan jaringan wi-fi tanpa perlu memasukkan password. Sekilas memang kelihatan menguntungkan buat kita, dimana kita dipermudah untuk mendapat akses internet gratis tersebut.

Tapi jangan terlalu senang dulu, karena di balik ini semua Anda harus siap dan rela apabila hacker meretas data pribadi yang ada pada laptop Anda. Karena para hacker biasanya membuat jaringan seperti ini untuk melacak data pribadi para pengguna. Bahkan saat menggunakan jaringan wi-fi yang terproteksi password-pun belum tentu di jamin bisa aman dari penjahat ciber.

Jangan sampai hanya gara-gara akses internet gratis yang tidak seberapa nilainya membuat data penting Anda di lihat dan disalahgunakan oleh hacker. Akan tetapi bila Anda dengan berbagai alasan dan pertimbangan, terpaksa tetap ingin menggunakan layanan ini, silahkan teruskan untuk membaca tips berikutnya di bawah ini, dengan harapan bisa meminimalisir kerugian yang Anda dapatkan dari kejahatan yang ada di internet.

2. Gunakan Browser Yang Aman.

Bila Anda menggunakan laptop untuk mengakses wifi gratis an maka sebaiknya gunakan browser firefox, opera atau google crome dan aktifkan plug in khusus dari browser tersebut untuk bisa mengakses internet secara aman.

3. Akses HTTPS

Untuk lebih amannya lagi, hanya bukalah situs yang menyediakan akses melalui https, karena bisa mengenkripsi apapun yang Anda terima dan kirim dari situs tersebut. Misalnya situs yang menunjang https adalah google, facebook, yahoo, ebay, amazon dan banyak situs lainnya. Atau bila memungkinkan, selalu aktifkan pengaturan seperti ini untuk semua layanan penting yang Anda akses.

4. Jangan Akses Akun Penting

Jika untuk sekedar membuka facebook, instagram, twiter, atau situs sosial media lainnya, mungkin tidak terlalu berbahaya buat Anda, seumpama sampai di retas pun kemungkinan kerugian tidak seberapa, karena tentunya, dalam facebook Anda tidak menaruh data atau hal penting di dalamnya.

Tapi lain cerita kalau yang di retas itu adalah akun perbankan, dimana uang Anda lumayan banyak di situ, Maka dari itu sangat penting, demi keamanan, jangan pernah membuka akun internet banking Anda saat sedang mengakses wifi gratis an. Bahkan untuk wi-fi yang terproteksi dengan password pun sangat di disarankan untuk tidak membuka akun internet banking Anda.

5. Gunakan Layanan Virtual Private Network Atau VPN

Dengan menggunakan layanan VPN maka semua data yang Anda kirimkan akan di eskripsi, jadi lebih aman. Saat ini telah banyak tersedia layanan VPN gratis di internet, contohnya Cyber Ghost, proxpn, your freedom dan masih ada beberapa yang lainnya.

Dan untuk hasil yang lebih baik gunakan yang versi berbayar, karena tentunya ada keuntungan lebih yang akan Anda dapatkan. Kelebihan lain selain dari sisi keamanan, dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses berbagai situs yang sengaja disensor atau diblokir baik di dalam maupun di luar negeri.

6. Memakai Layanan Keamanan

Jika memang Anda seseorang yang punya mobilitas tinggi dalam berinternet, karena tuntutan pekerjaan misalnya, maka tidak ada salahnya bila Anda menggunakan fasilitas layanan keamanan yang banyak di sediakan perusahaan jasa keamanan dalam internet, misalnya Kaspersky Internet Security, AVG, Norton dan lain sebagainya.

Dengan memakai layanan ini, Anda akan mendapat peringatan apabila terhubung ke jaringan tidak aman, atau saat masuk ke dalam situs yang berbahaya. Atau proteksi lain yang tentunya sangat bermanfaat untuk mengamankan data penting Anda. Lebih baik bila Anda menggunakan yang versi berbayar, karena tentunya akan lebih terproteksi dan banyak kelebihan lain daripada yang layanan gratisannya.

Demikian pembahasan tentang bahaya dari penggunaan wifi gratis an, intinya selalu hati-hati, pikir-pikir dulu sebelum terhubung ke jaringan tersebut. Semoga bermanfaat.

tomtop.com INT
Loading...
loading...
2 Comments

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *