Anda HRD ? Punya Pekerjaan Menumpuk ? Begini Cara Mengatasinya

Diposting pada

Anda HRD ? Punya Pekerjaan Menumpuk ?

Anda HRD ? Punya Pekerjaan Menumpuk ? ~ Tim HR memiliki tanggung jawab untuk mengelola karyawan tugas tersebut merupakan salah satu tugas besar yang penuh rintangan.

Bagaimana tidak, ada ribuan karyawan yang harus dikelola sebaik mungkin dengan ribuan karakter dan keinginan yang berbeda – beda.

Tidak jarang, tim HR seringkali mengalami stres dan tekanan kerja yang cukup besar. Sementara itu, divisi HR memegang peran penting dalam setiap pengambilan keputusan yang menyangkut kesejahteraan karyawan.

Baca Juga :  Cara Menghemat Listrik Pada Penggunaan AC

Hanya karena stres dan emosi, hal ini dapat berdampak buruk pada kinerja tim HR dalam suatu perusahaan. Beban kerja serta tekanan yang memicu stres pada tim HR sudah seharusnya untuk segera ditangani. Berikut ini adalah 5 tips yang dapat diikuti:

Anda HRD
Anda HRD

1. Bersinergi dengan divisi lain

Tidak bisa dipungkiri, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Dua kepala akan lebih baik dibandingkan satu kepala. Apalagi, jika sudah menyangkut sebuah tim HR.

Kekompakan tim yang saling mendukung, bersinergi dan kompak akan mampu menghadapi segala rintangan. Bahkan, hal ini akan lebih baik lagi jika tim HR dapat bekerja sama dengan divisi lain yang berkaitan untuk menyelesaikan tugas agar lebih efisien waktu.

2. Berkomunikasi

Masalah apa pun yang terjadi pada karyawan jangan hanya dibiarkan berlarut – larut. Setidaknya, Anda selaku tim HR bisa mengadakan meeting rutin untuk berkomunikasi dan berdiskusi menyangkut berbagai masalah yang dialami karyawan.

Misalnya, masalah gaji, upah lembur, cuti atau kendala lain. Dengan berkomunikasi, kita bisa menyelesaikan masalah tanpa harus terbebani sendiri dan lebih mudah mencari jalan keluar bersama – sama.

Baca Juga : 7 Alasan Kenapa HRD Harus Menguasai Psikologi Kepribadian

3. Pendelegasian

Tugas HR yang menumpuk hanya akan semakin membebani jika tidak segera terselesaikan. Anda harus membicarakan dengan tim Anda untuk saling berbagi tugas atau mendelegasikan tugas sesuai keahlian masing – masing yang dimiliki.

Jika setiap orang bisa bekerja sesuai keahlian, maka proyek akan bisa selesai dalam waktu bersamaan sesuai tenggat waktunya.

4. Menggunakan teknologi HR

Tak bisa dipungkiri, tugas HR memang terkadang begitu banyak dan rumit. Sebut saja seperti meluangkan waktu bagi karyawan yang ingin berkonsultasi, mengelola pembayaran karyawan, lembur, upah, tunjangan, BPJS hingga perhitungan potongan pajak PPH 21.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres, HR dapat mengandalkan software HRIS Indonesia.Penggunaan Software HRIS akan sangat membantu Tim HR dalam melakukan setiap tugasnya.

Itulah berbagai hal yang dapat dilakukan oleh tim HR dalam mengurangi beban kerja yang di dapatkan, Tim HR adalah salah satu tim yang sangat penting dalam sebuah perusahaan oleh karena itu Tim HR harus bisa mengatasi segala tekanan kerja yang datang kepada mereka .

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.