Automation

Diposting pada

Jenis Automation

Automation memiliki arti yang luas, yang dapat mencakup banyak bidang teknologi di mana peran manusia diminimalkan.

Ini dapat mencakup segala hal mulai dari jenis khusus bisnis seperti:

  • Business Process Automation (BPA)
  • TI,
  • Pemasaran, dan
  • Industri
  • Rumah Cerdas.

Salah satu cara untuk memahami jenis-jenis automation adalah menguraikannya berdasarkan tingkat kerumitan, yaitu dari rendah ke tinggi.

Automation

Automation Dasar

Memiliki tugas-tugas yang sederhana dan seperti belum sempurna dalam mengotomatiskannya. Tingkat automation ini adalah tentang penggunaan perangkat dengan menyederhanakan dan memusatkan fungsi rutin.

Business Process Automation (BPA)

Business Process Automation (BPA) memanfaatkan perangkat lunak dan layanan untuk memberikan visibilitas total ke dalam proses bisnis organisasi. BPA membantu mengotomatiskan, pemantauan, pengoptimalan, dan meningkatkan proses bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya proses.

Robot Process Automation (RPA)

Penggunaan bot perangkat lunak untuk mengotomatiskan fungsi rutin yang terus berulang yang biasanya dilakukan oleh pekerja berpengelaman.

Bot RPA menyelesaikan tugas lebih cepat, sehingga karyawan dapat melakukan pekerjaan yang tingkat produktivitas lebih tinggi.

Menggunakan RPA dapat mengurangi waktu untuk pembuatan, pengujian, dan penerapan skema automation baru dari jangka waktu bulan menjadi jam.

Perusahaan mulai menggunakan Business Process Management (BPM) dan perangkat lunak alur kerja dengan kapabilitas Robot Process Automation (RPA) pilihan untuk implementasi yang lebih cepat.

Proses Automation

Proses Automation mengelola proses bisnis untuk standarisasi dan transparansi. Biasanya ditangani oleh perangkat lunak khusus dan aplikasi bisnis.

Pemrosesan Faktur

Automation digital yang didukung oleh Business Process Automation (BPM) dan Robot Process Automation (RPA) dapat menyediakan hampir semua yang dibutuhkan untuk pemrosesan faktur.

RPA mengotomatiskan aktivitas nyata yang rutin. Aktivitas sistem dapat dikonfigurasi di BPM, yang mengatur semua aktivitas seluruh manusia, bot, dan sistem. Hanya aktivitas manusia seperti persetujuan manajerial yang tersisa.

Alur Kerja

Mengatur beberapa proses bisnis dalam operasi dan memberikan visibilitas ke setiap langkah. Mengotomatiskan perlindungan alur kerja manual terhadap potensi gangguan atau perlambatan, dan secara langsung melibatkan profesional bisnis dalam desain solusi bisnis.

Automation Integrasi

Automation integrasi adalah dimana mesin dapat meniru tugas manusia dan terus mengulangi tugasnya setelah manusia menetapkan aturan mesin.

Smart

Otomatisasi proses yang cerdas memungkinkan proses untuk bekerja dengan cara yang mengoptimalkan jumlah dukungan manusia yang dibutuhkan. Perubahannya adalah memindahkan beban proses dari manusia ke teknologi sehingga berpotensi untuk mendesain ulang cara melakukan proses pekerjaan yang dilakukan dalam suatu perusahaan.

Karena semakin banyak proses yang harus dilakukan dan lebih rumit, maka tugas dilakukan oleh proses automation, manusia bebas untuk terlibat dalam tugas yang memiliki nilai lebih tinggi.

Artificial Intelligence (AI)

Tingkat otomatisasi paling kompleks adalah Artificial Intelligence (AI). Penambahan AI berarti bahwa mesin dapat “belajar” dan membuat keputusan berdasarkan situasi masa lalu yang pernah dihadapi dan dianalisis secara mandiri.

Layanan Pelanggan

Dengan terobosan dalam automation, perusahaan dapat mengotomatiskan bagian penting dari fungsi layanan sambil tetap memberikan nilai terbaik kepada pelanggan mereka.

Asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dapat mengurangi biaya melalui otomatisasi sekaligus memberdayakan pelanggan dan agen manusia, menciptakan pengalaman layanan pelanggan end-to-end yang optimal.

Tinjauan Automation TI

TI menggunakan sistem instruksi untuk menjalankan serangkaian proses berulang – menggantikan pekerjaan TI yang dilakukan secara manual. Proses automationnya dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi TI,  serta mengurangi kesalahan manusia.

Baru-baru ini automation TI telah bergeser ke peningkatan produktivitas bisnis, inovasi yang lebih besar, dan kecepatan yang lebih cepat ke pasar.

Area yang terkait dengan otomatisasi TI meliputi:

Automation Cloud

Serangkaian proses dan alat untuk menggantikan tugas manual yang menyediakan dan mengelola beban kerja cloud, automation cloud memungkinkan staf TI menggunakan waktu secara lebih strategis.

Ini mempercepat tugas seperti penerapan mesin virtual, dan dapat mengurangi biaya dengan mengklaim kembali sumber daya perangkat keras dan lisensi perangkat lunak yang kurang digunakan.

Layanan Automation

Layanan automation memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan dan mengkonfigurasi infrastruktur dan aplikasi, tanpa partisipasi aktif dari personel TI khusus, dengan menggunakan prosedur yang telah ditentukan sebelumnya.

Setiap langkah dilakukan secara dinamis dengan layanan baru yang disebarkan dan perangkat yang dipasang (atau dilepaskan) dari jaringan. Seluruh proses terikat oleh kebijakan TI tetapi tidak memerlukan pekerjaan manual dari staf TI.

Automation Build

Automation build adalah mengotomatiskan pembuatan perangkat lunak dan aktivitas terkait seperti:

  • Penyusunan kode sumber komputer untuk menghasilkan kode biner,
  • Pengemasan kode biner, dan
  • Pengujian otomatis.
  • Tes untuk membantu memastikan bahwa kode baru tidak berdampak negatif pada pekerjaan pengembang lain.

Orkestrasi

Orkestrasi merampingkan manajemen operasi melalui proses otomasi untuk mengatur, mengoordinasikan, dan mengelola sistem komputer, middleware, dan layanan.

Dengan mengotomatiskan sistem, aplikasi, dan layanan komputer, orkestrasi dapat mengurangi beban kerja personel TI karena harus mengelola banyak tugas dengan proses yang kompleks.

Sementara otomatisasi biasanya merupakan satu tugas, orkestrasi mengatur tugas untuk meningkatkan efisiensi alur kerja.

Manajemen Konfigurasi

Manajemen konfigurasi adalah proses tata kelola yang membantu organisasi secara terus-menerus mengidentifikasi dan melacak aset perangkat keras dan perangkat lunaknya. Administrator, teknisi, dan pengembang perangkat lunak menggunakan alat manajemen konfigurasi untuk merencanakan, melacak, dan mengelola banyak proyek dan rilis secara terpusat di seluruh organisasi.

Penerapan Automation

Penerapan automation adalah proses menghilangkan langkah-langkah manual dari pembuatan dalam pengembangan dan pengiriman perangkat lunak.

Penggunaan umum meliputi:

  • Pengiriman berkelanjutan untuk secara otomatis menyebarkan,
  • Pengujian dan mempromosikan build baru,
  • Penerapan produksi untuk mengatur penerapan produksi yang kompleks dari aplikasi dan konfigurasi, layanan mandiri yang memberikan izin kepada tim lain untuk melakukan beberapa pekerjaan dan pembaruan tambahan untuk menerapkan hanya sebagian atau komponen yang hilang.

Keamanan

Automation keamanan adalah penggunaan sistem untuk operasi keamanan tanpa bergantung pada campur tangan manusia. Ini mencakup tugas-tugas seperti:

  • Memindai kerentanan,
  • Mendeteksi dan
  • Melindungi secara proaktif dari serangan dunia maya
  • Berkontribusi pada intelijen ancaman yang lebih besar dari suatu organisasi.

Tujuan otomatisasi keamanan adalah untuk mengurangi atau menghilangkan aktivitas keamanan yang berulang dan memakan waktu untuk membebaskan analis keamanan agar dapat berkonsentrasi pada tugas yang lebih penting.

Kasus Penggunaan Automation

Automation secara dramatis memengaruhi hampir setiap bidang industri. Berikut ini adalah contoh bagaimana automation inovatif mengubah banyak organisasi.

Ritel

Kecuali jika produk yang tepat ada di rak yang tepat pada waktu yang tepat, pengecer dapat kehilangan peluang penjualan. Jenis otomatisasi baru mengubah operasi ritel dengan cara yang tidak terduga.

Temukan bagaimana pengecer pakaian berencana menggunakan AI dan automation sehingga pesanan pengisian ulang terjadi secara otomatis, tanpa ada yang menyentuh apa pun.

Lihat bagaimana perusahaan menata ulang rantai pasokannya dengan alat automation akan menambahkan transparansi untuk memastikan kesegaran di setiap langkah.

Perbankan dan Keuangan

Automation menghilangkan tugas-tugas biasa, seperti:

  • Entri data,
  • Menanggapi pertanyaan yang sering diajukan dan
  • Perakitan.

Dengan konvergensi AI, Robot Process Automation, blockchain, dan analitik canggih, lembaga keuangan dapat menjadi sepenuhnya otomatis. Teknologi ini akan membebaskan orang untuk menangani tugas yang lebih kompleks dan memenuhi yang menuntut interaksi dan keterlibatan manusia.

Pelajari bagaimana institusi menerapkan alat manajemen basis data otomatis yang langsung memberi tahu administrator basis data tentang masalah akan membantu mereka menjaga kinerja basis data tetap tinggi dan mempertahankan pengalaman pengguna yang sangat baik.

Bagaimana bank menciptakan platform automation yang digerakkan oleh analitik untuk pemasaran masuk dan keluar yang memungkinkannya untuk terlibat dan memasarkan ke segmen yang lebih terperinci.

Automation Otomotif

Hubungan antara konsumen dan kendaraan sedang berubah, dan industri otomotif berada di garis depan revolusi digital. Berbagai jenis otomasi merevolusi industri otomotif.

Lihat bagaimana infrastruktur organisasi menskalakan secara otomatis, mulus, dan menangani fluktuasi alami dalam volume penjualan otomotif.

Bagaimana Volkswagen menciptakan ekosistem mobilitas masa depan.

Automation Data Ilmu

Dengan otomatisasi data ilmu, perusahaan dapat melakukan tugas yang memakan waktu seperti:

  • Pembersihan data,
  • Persiapan data,
  • Analisis statistik,
  • Perhitungan matematika, dan
  • Rekayasa AI dengan aktivitas manual minimal.

Hasilnya, data scientist dapat dibebaskan untuk menjalankan lebih banyak proyek ilmu data dan AI di organisasi mereka.

Tim Ilmu Data Kognitif ini dapat mengembangkan proyek yang disebut “Mesin Satu Tombol” untuk rekayasa fitur otomatis.

Tren Automation Terkini

Era modern otomatisasi alur kerja dimulai sekitar tahun 2005 dengan diperkenalkannya metodologi dan alat Business Process Management (BPM).

Pada tahun 2011, rilis Siri Apple memicu babak baru otomatisasi dan asisten yang digerakkan oleh AI. Trennya adalah beralih dari robot fisik ke automation terkomputerisasi menggunakan perangkat lunak AI yang dibuat di akhir 80-an dan awal 90-an.

Tren Automation Masa Depan

Kecerdasan buatan (AI) mengambil tempat strategisnya baik dalam manajemen proses bisnis operasional dan strategis. Peningkatan perangkat lunak baru untuk Robot Process Automation (RPA) akan memungkinkan teknologi untuk mengamati dan belajar dari pola manusia dengan lebih baik – mengoptimalkan pengalaman kantor depan dan belakang.

Pembelajaran mesin siap merevolusi alur kerja, membantu memungkinkan perusahaan memicu proses baru, mengubah rute proses yang berjalan, dan membuat rekomendasi tindakan berdasarkan prediksi.

Hiperautomation

Gartner Research telah menciptakan istilah “hyperautomation” untuk menggambarkan penggabungan pembelajaran mesin, perangkat lunak yang dikemas, dan alat otomatisasi untuk memaksimalkan jumlah proses otomatisasi dalam bisnis dengan cepat untuk meningkatkan produktivitas secara signifikan.

Hiperautomation membutuhkan serangkaian teknologi kognitif dan otomasi yang bersatu untuk menghadirkan kecerdasan dan kekuatan untuk mewujudkan kecerdasan.

Kemampuan Cerdas

Sistem berbasis AI akan dapat mengingat (mengotomatiskan konfigurasi robot di masa depan) dan alasan (pemrosesan prediktif dan probabilistik) sehingga sistem automation memperoleh kemampuan untuk belajar dan berinteraksi.

Robot Industri Cerdas

Robot akan melakukan banyak tugas dan membuat keputusan serta bekerja secara mandiri, ini termasuk kemampuan pemeliharaan diagnostik dan prediktif.

Perangkat Lunak Alur Kerja

Perangkat lunak alur kerja yang membutuhkan sedikit atau tanpa pengkodean akan terus menjadi prioritas strategis untuk membuat automation proses lebih dapat diakses oleh seluruh organisasi – terutama lini bisnis.

Alur Kerja Berbasis Pesan Teks

Metode komunikasi de facto untuk tenaga kerja baru kemungkinan besar adalah pesan teks karena tingkat baca dan responsnya yang tinggi. Sepertinya mengaktifkan olah pesan teks dan alur kerja berbasis pesan teks akan menjadi pendorong besar untuk peningkatan produktivitas generasi berikutnya di perusahaan.

AI dan Mesin Belajar

Automation

Merampingkan tugas yang berulang dan instruktif untuk mempercepat alur kerja. Automation mencakup segala hal mulai dari aktivitas biasa, seperti menjaga pembuat es tetap terisi, hingga fungsi bisnis yang penting, seperti menjaga jadwal yang ditetapkan untuk backup server.

Automation dasar diprogram untuk melakukan tugas yang berulang, biasanya biasa, sehingga manusia tidak perlu melakukannya.

Kecerdasan Buatan (AI)

AI diprogram dengan logika dan aturan sehingga bisa meniru pengambilan keputusan manusia. Namun, satu-satunya cara AI dapat “belajar” adalah jika pemrogramnya memberikan masukan tambahan.

AI dapat digunakan dalam cybersecurity untuk mendeteksi ancaman seperti perubahan halus dalam perilaku pengguna atau peningkatan transfer data.

AI juga dapat diprogram untuk membantu pengguna di situs web dengan chatbot yang membebaskan perwakilan layanan pelanggan dari pertanyaan biasa yang dapat dijawab dengan mudah oleh AI.

Mesin Pembelajaran

Bentuk AI tingkat lanjut. Ini dapat menggunakan data dan pengalaman untuk “belajar” dari waktu ke waktu tanpa memerlukan pemrograman tambahan.

Mesin belajar dapat mengenali pola sendiri dan membuat prediksi. Ini menggunakan kumpulan data besar untuk mempelajari pengenalan wajah, pengenalan ucapan, dan terjemahan dan menjadi lebih mahir dengan eksposur berulang.

Karena perangkat lunak mesin pembelajar mempelajari sesuatu yang baru dengan setiap set data, perangkat lunak tersebut dapat memberikan wawasan yang lebih canggih dan terinformasi.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.