Beberapa teknologi masa depan yang akan merubah dunia

Diposting pada
Para peneliti di seluruh dunia bekerja keras dalam menciptakan teknologiteknologi baru di semua bidang.
Tidak mengejutkan jika teknologi masa depan itu akan segera bisa dinikmati oleh penghuni bumi ini dalam beberapa dekade mendatang.
Penelitian-penelitian di bidang keilmuan komputerisasi, manufaktur, transportasi, infrastruktur , farmasi dan lain – lain terus dikembangkan oleh ahli – ahli di bidangnya masing-masing.
Ini beberapa teknologi masa depan yang tidak lama lagi akan kita nikmati, teknologi ini benar-benar penemuan baru dan masih dalam tahap pengembangan sebelum dinyatakan siap digunakan oleh masyarakat dunia.

Wireless Sensor and Actor Network (WSAN).

WSAN
WSAN
Para peneliti di Great Duck Island, wilayah seluas 90 hektar yang sengaja disiapkan untuk sebuah penelitian jaringan nirkabel, adalah sebuah koloni besar bagi sekumpulan peneliti yang menciptakan sebuah teknologi yang memantau kondisi fisik keadaan lingkungan seperti cahaya, suhu, suara , tekanan, kelembaban dan lain-lain.
Dengan pengembangan teknologi hemat energi yang di sematkan pada perangkat yang terdiri dari ribuan sensor dari berbagai jenis sensor yang menyelimutinya. Ribuan sensor tersebut diciptakan se minimal mungkin secara fisik.
Apa yang bisa dilakukan dengan perangkat ini nantinya? Dengan pengontrolan dari jarak jauh , teknologi ini bisa melakukan pemantauan pada daerah yang sulit dijangkau, pemantauan kesehatan, penginderaan bumi, pemantauan polusi udara, pendeteksian kebakaran hutan, memantau kualitas air, pencegahan bencana, mendeteksi bahan-bahan kimia, pengumpulan data, pemantauan air limbah dan pemantauan kesehatan struktural yang semuanya bisa dikirimkan ke pusat pengendali.

Injectable Tissue Engineering

Injectable Tissue Engineering
Injectable Tissue Engineering
Teknologi ini adalah sebuah perkembangan cara menyuntikkan sendi dengan campuran yang di rancang khusus dari stimulator polimer dan sel  pertumbuhan yang memperkuat dan membentuk jaringan sehat.
Sebuah injeksi untuk membangun jaringan pada tubuh menggantikan jaringan yang rusak.

Nano Solar Cells

Nano Solar Cells
Nano Solar Cells
Pemanfaatan sumber energi matahari dengan menggunakan teknologi nano untuk menghasilkan bahan photovoltaic yang bisa menyebar seperti selembar plastik atau lelehan cat. Berbentuk fisik yang kecil namun menghasilkan daya yang besar.
Nano teknologi merupakan teknologi yang murah daripada pemakaian wafers silicon yang mahal dalam proses pembuatannya. Teknologi ini adalah penggabungan dari bahan – bahan polimer, nanorods, kristal anorganik, semikondukor yang berukuran hanya tujuh nanometer kali 60 nanometer.

Mekatronik

Mekatronik
Mekatronik
Teknologi masa depan dengan menggabungkan antara sistem mekanik dan komponen elekronika, yang diintegrasikan dengan sebuah smart control, sebagai tempa pengolah data.
Teknologi ini memungkinkan kemajuan dalam bidang otomotif, dengan pengolahan data yang real time yang dilaporkan dari berbagai jenis sensor kemudian dilakukan pada proses mekanik.

Grid Computing

Grid Computing
Grid Computing
Ini adalah teknologi yang mempermudah mengakses jaringan internet dimanapun berada, bisa melalui jaringan apapun yang tersedia di sekitarnya.
Dengan grid komputing memungkinkan begitu mudah terhubung dengan jaringan dengan protokol jaringan yang mudah dalam menemukan, mengakses dan menerapkan dengan tingkat perlindungan dan ototentikasi  yang diperlukan.

Molecular Imaging

Molecular Imaging
Molecular Imaging
Teknologi yang dikembangkan dalam penelitian gen, protein, dan molekul lain pada jaringan yang rusak dengan menggunakan penggabungan kemajuan teknologi cell biology, biokimia dan analisa komputer.
Menggunakan teknik pencitraan magnetik,nuklir dan optik untuk mempelajari interaksi molekulyang mendasari proses biologis.

Nanoimprint Lithography

Nanoimprint Lithography
Nanoimprint Lithography
Nonoimprin Lithography adalah metode fabrikasi pola dengan skala yang sangat kecil berukuran nanometer namun dengan resolusi yang tinggi.
Sebuah monomer dan polimer yang bereaksi dengan panas dari sinar ultra violet pada proses pencetakan tersebut.

Software Assurance

Teknologi ini memastikan bahwa pengguna sebuah software mendapat proses, prosedur, dan menggunakannya sesuai dengan persyaratan dan standar yang telah ditetapkan.
Untuk mencegah kerentanan yang berpotensi dapat terjadi dan memberikan pemahaman atas sistem yang direkomendasikan. Dan tentunya keterjaminan keamanan penggunaan.

Glycomics

Sebuah penelitian terhadap komplemen gula termasuk genetik, fisiologis, patologis, dan aspek lain.
Glycomics adalah mempelajari sitematis dari glycan struktur dari jenis sel tertentu atau organisme yang merupakan bagian dari glycobiology.
Penelitian Clycomics memungkikan untuk mendapatkan data tentang kompleksitas gula, jalur biosintetis, keterikatan dengan protein, dan dinamika glycan.

Quantum Criptografi

Quantum Criptografi
Quantum Criptografi
Teknologi tentang penggunaan efek dari mekanika quantum ( dalam hal ini adalah komunikasi quantum dan komputasi quantum).
 
Penggunaan Quantum kriptografi misalnya menggunakan kmunikasi quantum untuk bertukar kunci pengaman (key scurely)  dan menggunakan hipotetis komputer yang memungkinkan melanggar berbagai skema enskripsi  public (public key encription) dan signature.
 
Teknologi ini bisa digunakan untuk mendeteksi penyadapan dan distribusi kuantum.
Itulah teknologi masa depan yang akan merubah dunia, dan akan menambah kemanjaan umat bumi. 🙂
Loading...
loading...
Baca Juga :  Teknologi Komponen Elektronika Elastis Di Masa Depan
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

2 thoughts on “Beberapa teknologi masa depan yang akan merubah dunia

  1. Mungkin beberapa yang masuk logika saja teknologinya doraemon akan jadi kenyataan, salah satu yang kemungkinannya kecil adalah baling-baling bambu mas.
    Makasih kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.