Beranda » Elektronika » Amplifier » Penyebab Dengung Pada Power Amplifier Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Dengung Pada Power Amplifier Dan Cara Mengatasinya

Bunyi Dengung Pada Amplifier dan Cara Mengatasi

Bagi yang hobi otak- atik elektronika pastinya sudah tidak asing lagi dengan amplifier atau biasanya dalam kalangan pengguna elektro di sebut power amplifier. Dari berbagai kendala atau permasalahan saat membangun rakitan amplifier adalah adanya bunyi dengung. Maksudnya bunyi dengung di sini bukannya dengung yang nyaring yang mengganggu suara yang dihasilkan, melainkan adalah dengung noise dengan suara yang tidak terlalu keras.

Sebenarnya kasus ini memang seringkali terjadi saat memutar ampli rakitan sendiri, yang mana tentunya tidak seperti ampli buatan pabrikan besar, apalagi pabrikan impor, yang mana tak menimbulkan suara atau dengung sama sekali saat diputar, bahkan saat volume di besarkan sekalipun.

Berbagai Penyebab Dari Bunyi Dengung Pada Ampli Rakitan

Pada kebanyakan kasus dengung di sebabkan karena ada dua yaitu ground yang kurang baik, juga rangkaian power supply yang tidak bagus, untuk itu, bila akan merakit power amplifier pastikan rangkaian power supply sudah bagus atau belilah produk yang memang sudah terkenal bagus.

Baca Juga :  Pentingnya dilakukan pengujian isolasi (fungsi insulation tester)

Jika dengung hanya disebabkan karena grounding yang kurang bagus, biasanya suara dengung yang terdengar tidak terlalu keras. Dan juga suaranya tidak ikut membesar walaupun volume-nya di besarkan.

Dan untuk dengung yang bukan karena masalah ground yang kurang bagus, biasanya suara dengung lebih keras dan mengikuti besaran dari potensio volume. Maksudnya, saat volume dibesarkan maka dengung akan ikut membesar, dan begitu juga sebaliknya. Hal ini biasanya disebabkan karena elco yang bocor, atau bisa juga karena transistor yang soak. Intinya karena adanya komponen yang kondisinya upnormal.

Cara Mengatasi Dengung Pada Power Amplifier Rakitan

  1. Pastikan Anda membeli komponen yang berkualitas bagus.
  2. Gunakan casing yang terbuat dari besi, agar ground bisa lebih maksimal.
  3. Idealnya buat satu titik ground yang menempel pada bodi casing, kemudian ground dari semua rangkaian, misalnya ground dari power, tone kontrol, equaliser, CT trave, dan lainnya di sambung jadi satu ke titik ground pada casing tersebut.

Sebenarnya jika kita menerapkan cara di atas, ground sudah bisa di katakan sempurna. Dan seharusnya sudah tidak ada suara dengung sama sekali. Ada juga para teknisi elektronika yang menggabungkan bagian dari potensio (besi di kepala potensiometer di kerik) untuk disambungkan dengan dengan titik ground pada body casing.

Kalau kita memakai casing yang terbuat dari besi, tidak perlu mengambil ground dari kepala belakang potensiometer, sebab saat ditempelkan atau di mur ke casing, secara otomatis potensiometer terhubung dengan ground pada body casing.

Usahakan gunakan kabel yang yang bagus (kabel yang isi serabutnya tebal atau besar) agar rangkaian grounding bisa sempurna, sehingga ground bisa hilang sama sekali.

Baca Juga :  Sensor Hall Effect Linier

Cara di atas bisa menghilangkan bisa dijamin menghilangkan dengung pada power rakitan asalkan komponen yang dipakai baru dan berkualitas bagus, atau paling tidak semua komponen dalam keadaan normal.

Setelah kita terapkan cara di atas tetapi dengung masih terjadi, maka langkah selanjutnya terapkan sesuai panduan di bawah ini.

  1. Cek pada bagian power supply, pastikan elco yang di gunakan sesuai standar. Jika perlu ganti dengan elco yang nilai micro-nya lebih tinggi. Lebih bagus lagi jika di ganti dengan elco yang bermerk, misalnya Panasonic (maaf menyebut merk).
  2. Pada rangkaian akhir power supply gunakan regulator ( biasanya komponen yang dipakai berkode 7812, 7815 atau 7912, 7915, dan lain-lain tergantung besaran tegangan keluaran-nya.
Baca Juga :  Macam – Macam Gerbang Logika Dasar Dan Aplikasinya

Solusi lain yang bisa diterapkan, jika cara di atas sudah dilakukan adalah dengan menjauhkan trafo dari rangkaian pre amp, atau mixer. Jika perlu gunakan box terpisah antara power supply dengan lainnya.

Ya walaupun kelihatannya cara ini tidak efisien, karena harus membuat box terpisah, tapi berdasarkan pengalaman cara ini sangat ampuh menghilangkan potensi bunyi dengung.

Memang menghilangkan bunyi dengung pada power rakitan, gampang- gampang susah. Terlebih jika power tersebut dirakit oleh pemula dan kurang berpengalaman sebelumnya pada bidang ini. Bisa jadi saat perakitan atau proses penyolderan komponen kurang bagus, misalnya penyolderan kurang sempurna sehingga komponen tidak menempel maksimal atau bisa juga penyolderan terlalu lama sehingga menyebabkan komponen rusak atau tidak berfungsi norma seperti seharusnya. Karena ada jenis komponen tertentu, misalnya transistor atau IC yang harus hati-hati saat penyolderan.

Oke demikian beberapa cara menghilangkan dengung yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan silahkan dicoba.

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

76 tanggapan pada “Penyebab Dengung Pada Power Amplifier Dan Cara Mengatasinya”

  1. hi. Abi bisa bantu saya,
    kenapa ya ampli saya setelah saya sambungkan ke tone control timbul bunyi dengung dan mempengaruhi suara bass. setelah saya lepas dari tone kontrol dengung senyap, saya memakai ampli OCL 150 w Transistor Jengkol dan untuk tone control pakai merk GM 4 Transistor.
    mohon pencerahannya terimakasih

    1. Dengung biasanya karena : ketidaksempurnaan grounding atau karena catu daya yang digunakan kurang halus, perlu pengecekan grounding dan filter catu daya untuk tone control. Satu lagi hindari pemakaian kabel untuk signal suara yang mudah terpengaruh oleh induksi diskitarnya.

      1. Mas Aby aqu tanya : power aqu kok dengung pas nada bass. Mohon pencerahanya mas Aby

        1. Coba lakukan penambahan elco Mas Dwi, jika trafo sudah dirasa cukup besar amperenya.

  2. randy .

    abi. knp ya. power BTL saya. klw pasang input dri mixer ko dngung ya. tp klw chanel left sja atau right sj yg di hubngkan. dengungx hlang. tp mncul klw input dri chanel left-right di hubungkan.. itu mslhx apa ya.. mhon pnjlasan..

  3. jonar

    hy kang Aby, sya mau tanya cara memasang grond dri travo gmna , trimakasi

    1. GND Trafo dari body Trafo Mas.
      Cara memasang trafo, harus dipahami dulu bagian primer dan bagian sekunder, bagian primer adalah bagian dimana power AC dari jaringan listrik masuk ke lilitan trafo, sementara bagian sekunder adalah bagian keluaran trafo, yang biasanya memiliki tegangan lebih kecil dari pada bagian primer (untuk trafo step down yang biasanya digunakana pada rangkaian elektronika).

  4. Ferry

    Sy hanya berpendapat nilai isi tulisan yg ini, “Jika perlu ganti dengan elco yang nilai micro-nya lebih tinggi.”
    Kalau menurut sy yg lebih bagus begini, “Jika perlu ganti dengan elco yang berkapasitas lebih tinggi.”
    Kedengarannya lebih berwibawa. Terimakasih saran sy, semoga bermanfaat.

  5. dwi

    saya pakai power stk 432-050.
    power supply menggunakan smps 24v/8amper hasil nya bagus, tanpa nois.
    tapi setelah di hubungkan ke tone control timbul nois tp ga terlalu keras. hanya kalau potensio bass di putar ke arah jam 3 dengung sedikit terdengar. begitupun dengan treeble. walaupun volume di tutup habis tetap desis dan dengung msh ter dengar. kira2 apanya ya mas aby? sudah saya groun jg tone control nya. terima kasih

    1. Dalam merangkai Power Amplifier , dalam kasus ini menghindari munculnya dengung maupun noise) penting juga diperhatikan adalah:
      Mengurangi dengung
      1. Perancangan posisi komponen, misalnya jauhkan rangkaian sensitif dari tranformator. Transformator secara menghasilkan induksi disekitarnya, beberapa blok elektronika semisal pre-amp, tone control sangat sensitif terhadap intervensi ini.
      2. Dimensi Box/casing yang cukup lega, untuk mengatur jarak.
      3. Posisi transformator usahakan di dirubah sisi samping menjadi sisi bawah, efek arah induksi terbukti bisa dikurangi terhadap blok komponen lainnya.
      4. Hindari menggunakan dua modul stereo, jika terpaksa menggunakan dua modul, usahakan kabel keduanya sama panjang, dengan memperhatikan pengkabelan sependek mungkin.
      5. Pada rangkaian Tone Control op-amp dengan catu daya simetris , ground hanya dari dari kabel ground signal saja.
      6. Power suplai gunakan elco sebesar 2200uF perampere-nya (hitung kelipatannya).
      7. Gunakan spacer pada tiap blok PCB paling tidak setinggi trafo, misalnya setinggi 2,5cm atau lebih (sejajar dengan inti/pusat trafo) posisi ini adalah memiliki efek medan induksi terlemah0
      8. Ground untuk speaker sebaiknya dari CT Elco bukan dari CT trafo.
      9. Pemakaian kabel signal yang berkualitas, terutama memiliki selubung yang bagus.
      10. Menggunakan kabel ground besar dan sependek mungkin, terutama pada sepasang elco (sambungan CT antar elco)di power suplai.
      Mengurangi noise
      1. Terpenting adalah penggunaan komponen yang berkualitas, terutama komponen IC (komponen aktif), perhatikan keaslian komponen (jangan hanya sablonan saja)
      2. Penyederhanaan rangkaian, agar tidak rentan terhadap noise atau gangguan induksi lain.
      3. Paling baik adalah pemasangan Volume di input amplifier, bukan di input tone control atau rangkaian sebelum amplifier, memastikanm bahwa pada waktu volume ditutup adalah benar2 tanpa signal input ke amplifier.
      4. Turunkan gain-nya pada jalur speaker, pelajari gain-clone amplifier rendah noise.

      1. yogi

        Mas kenapa tone control saya saat digabung power supplay dan travo bunyi dengung.pas waktu dipisah juga masih bunyi dengung kecil dibangdingkan dengan bunyi dengung saat dijadi kan satu.saya pakai box kayu pada rangkaian itu.itu masalahnya apa ya mas tolong penjelasannya??sama tolong beritahu tata letak ground saat semua komponen dijadikan satu pada box kayu!!!

        1. Selain pemenuhan grounding yang sempurna juga tata letak kit elektronikanya yang tepat, misalkan jangan dekatkan kabel power diarea sensitive seperti pre amp.

  6. edi

    knpa input dari rangkaian power BTL saya beli cuman ada dua port G dan Audio saja bukan L G R.

  7. sigit

    kenapa saya pake parametrik kalau level dinaik kan kok bengung…

    1. pada tone control parametric terdapat tone gain-nya, coba diatur pada gain yang tepat Mas.

  8. mas, mau tanya
    sudah sejak awal ramadhan ini masjid di sebelah saya speakernya dengung trus sudah saya otak atik termasuk trible eco nya saya kecilkan tpi terkdang msih aja dengung mungkin ada solusi?

    1. Tata alur kabel dengan teratur mas, biar tidak terkena induksi dari tegangan tinggi dan medan elektromagnetik trafo, kemungkinan juga elconya sudah kering sehingga kualitas tegangan DCnya sudah tidak stabil,

    2. rico

      coba body amplinya kasih ground ke tanah.

  9. anto antasena

    Mas abi mau tanya nih…sy pasang pa stereo 400 watt langsung didlm box speaker (tanpa ada tone control hanya pakai 1 potensio utk volume) sy mau buat subwoffer tp knp keluar dengung yg bgt keras sehingga suara bass kalah dengan suara dengungnya…gmn cara menghilangkan dengungnya…atas jawbannya sy ucapkan trm ksh (kalau bs jwb ke emaile sy jg)..

    1. Coba atur posisi tranformernya, kemungkinan medan elektromagnetiknya mempengaruhi komponen elektronika yang lain, jauhkan juga kabel signal audio dari tegangan tinggi terutama tegangan AC.

  10. faisal

    cara merakit mexer n master yang bagus gimana n power suplynya gimana soalnya 12volt n 15volt,.makasi sob

    1. Yang paling berpengaruh pada mixer adalah tingkat kehalusan tegangan input. Pastikan tegangan benar-benar stabil dan linier.
      Untuk perbedaan tegangan, bukankah tegangan bisa terpisahkan?

  11. teguh tri

    mas abi…Saya baru saja buat ampli ..permasalahannya pada saat Tutup casing ampli tak tepasang suaranya bersih…eeh tp saat tutunya terpasang…suara dengung muncul di dalam ampli tsb…akhirnya Jg dengung pd spekernya..pdhal trafo udah tk geser muka ke blkng…alhasil ttep dengung..jg ground udah satu titik..mohon pencerahan…oh ea yg dengung bkan powernya..tp tone controlnya.

    1. Pastikan Grounding sempurna, jika perlu tambah kabel grounding juga khusus ke covernya.

  12. zen

    Mas, tone controlnya hanya butuh tegangan plus minus.
    Tapi yg saya pake trafo ct.
    Saya ambil tegangan +15.ct.-15.
    Akhirnya yg ct gak aku pake mas, cuma pake +15 dan -15.
    Apa itu gak apa2 ?
    Hasilnya normal cuma ada dengung jika potensio bass dibesarin.
    Solusi mas.

    1. Sebaiknya jangan, karena kalau ambil tegangan trafo pada pin +15 dan -15 makan hasil outputnya 30 VAC. Menggunakan pin +15 adan CT lebih dianjurkan karena tegangan yang didapat adalah 15VAC, tinggal menyearahkan.
      Sebaiknya gunakan multimeter untuk mengukur tegangan agar sesuai antara kebutuhan dan sumber tegangan.

  13. Jeei

    Bang..
    kalau mau buat kabel grounding amplifier..
    kabelnya harus yg gimana ?
    Nama kabelnya apa bang, biar ak bisa beli di toko..
    yg jual ak jelasin ngk tau
    harus tau nama kabelnya 🙁

    1. Kabel apapun bisa digunakan yang penting cukup mengantarkan, namun standard kabel grounding untuk media bergerak misalnya antar box dan penutup box yang kadang kala perlu di buka, sebaiknya menggunakan kabel serabut agar menjadi fleksibel.

    1. Pada saat dengung ada respon signal di inputnya tidak? maksudnya pada saat ON lalu keluar dengung, ciba dipegang kabel input audionya, ada respon suara pada outputnya tidak?

      1. mas Abi. klo punya saya,saat power on. timbul bunyi dengung. tpi itu hanya 10 detik saja. setelah itu,bunyi dengungnya berkurang. klo volume suaranya saya besarkan,mlah lebih kuat lagi. tpi cok inputnya blm terhubung ke hp saya.
        mohon solusinya

        1. Coba tambahkan kapasitor sebagai filternya, dan mungkin ini masalah grounding dan pemakaian kabel signal yang kurang bagus, mohon diperhatikan

  14. Arif Maulana

    Kalo box dari kayu untuk mengaitkan ground nya kemana?

    1. Ke body trafo, lebih sempurna ke tanah. Atau ditambah satu terminal khusus untuk engumpulkan grounding dari semua PCB dan trafo di dalamnya.

  15. Arfaz muzic

    Salam kenal, ikutan tanya bang. Sy buat Amplifier yg dimodif dgn tr final sanken. Sy pakai speaker 12 dan 15 paralel, suara udah oke banget tp speaker 12nya sering rusak dan timbul dengung, apabila volume dibesarkan dengung pun ikut besar. Mhn bantuannya. Trims

  16. donny bladong

    mas sya pnya power 150 wat scorpion,,mau tnya cra menghilangkan dengung gmna mas

  17. budi

    Mas ampli saya dengungnya keras dan tidak ada suara nya.cuma berdengung aja

    1. Kalau tidak efek pada input audio, kemungkinan rusak pada driver atau penguatnya.

  18. putra

    mas ampli sya streo.yg dngung cm sblah kira” apny mas.box dri kayu….

    1. Pengecekan paling cepat adalah mengecek komponennya. Kemungkinan ada masalah pada salah satu komponen pada satu sisi. Bandingkan saja nilainya dengan komponen sebelah.
      Dengung itu ada dua macam, dengung tapi masih respon atau dengung total tanpa respon. Kalau dengung total berarti ada Komponen TR penguat yang rusak, kalau dengung masih ada respon lebih mungkin pada bagian drivernya.

      1. zhaky

        sama seperti punya saya. dengung biaingnya cuma sebelah

  19. muttak

    Mas abi .ampliku 400 watt berdengung kalau volume di besarkan ikut besar.tapi kalaw disentuh travo dengungnya berhenti.gmna cra mengatasinya mas

  20. zhaky

    mohon infonya bang.
    ane ada power amplifier kok bising dengung kecil ada cuma di L aja yaa? yg R normal.
    apa termasuk dari elco nya yg rusak?

    1. zhaky

      yg dengung sebelah. kalo volume dibesarkan ikut keras suara dengung nya.

  21. Ali Nabhan

    Mas bisa bantu,, punya saya soundnya dengung klo voltase dr pln di bwh 200v,, kira2 ad cara ngakalinnya nggk?

    1. Tegangan pada primer trafo akan mempengaruhi tegangan pada sekunder trafo. Pastikan kebutuhan tegangan pada rangkaian soundnya. Dan sesuaikan dengan tegangan yang dihasilkan trafo, semisal ternyata tegangan tidak mencukupi, pindah pada step pilihan tegangan diatasnya. Tapi ini sangat riskan jika ternyata suatu saat tegangan primer menggunakan tegangan full 220V.
      Solusi lain adalah menambah bank kapasitor, yang fungsinya untuk membantu memenuhi kapasitas yang dibutuhkan oleh rangkaian.

  22. sony aprianto

    bang apa yh penyebab nya sya merangkai amplifier 150w..setelah selsei smuanya di msukan k hp ko tdk reaksi bunyi mp3.tlong pnjlsannya apa yg hrus di periksa

    1. Cek penggunaan kabelnya apa sudah benar : Right, Left, Mic dan Ground. Ada jenis hape dengan urutan Left, Right, Ground dan Mic (dibaca dari ujung jack) dan ada yang dengan urutan Left, Right, Mic dan Ground (juga dibaca dari ujung jack).

  23. agus puri

    lg perlu bantuan nich knpa ya tone control parametrik saya bunyi dengung jika level di atas setengah.

  24. njuwok mandirejo

    om,,,minta tlg ini ampli saya knp ya,,, pd jalur input kok ad arus yg msuk (nyetrum)… saya beli kitnya tinggal pasang power supply aja,,,awalnya gpp krg lbih 2 mngguan pakai,tp kmrn outputnya pakai hp saya lgsung mati,setelah q cek inputnya nyetrum…mohon bantuannya om…

  25. ARI

    POWER BASS SAYA KLU DHIDUPKAN SKITAR 5 MENIT TIMBUL DENGUNG, MOHON SOLUSINYA

  26. Susilo

    Bos mau nanya, power saya 800watt. Penyakit nya klo bass d besarkn serasa mantul gemanya, trus klo d offkn swith nya bunyi DAAAKKK, kira2 apa nya ?
    Mohon penjelasannya . Trimakasih

    1. M tri yoga

      Bunyi daakk itu memang normal itu klo mau di hilangkan coba pakai protektor speaker supaya hilang suara daakk nya

  27. Iwan Hartono

    saya mau tanya kalau suara dari komputer terus masuk ke ampli ( merk TOA ) sering terjadi menjuit yg sangat keras yg saya lakukan hanya mengatur jack yg masuk ke komputer maka suara akan hilang tp dalam sehari sering timbul lagi suara juitan lagi. mohon pencerahan dari mas Abi.

  28. Dede Ristianto

    Assalamualaikum, selamat pagi, saya mau tanya kenapa speaker bluetooth saya ada suara berdesis saat dicolokin kabel ya, dan masih berdesis setelah kabel dicopot, mohon bantuannya

  29. M tri yoga

    Gan ampli saya ground nya idah sempurna tpi kok masih bunyi dengung kecil ya???

    1. Mungkin pengaruh dari inputnya, coba periksa atau coba lepas sebentar input signalnya.

  30. Yudi

    Artikel nya mantaf mas, memang semua yang tulis benar, soalnya saya pernah coba segala cara menghilangkan suara desis dan dengung, klw menghilangkan suara desis dari pengalaman saya harus pakai komponen yang terbaik, gak perlu baru, tapi bisa kita ambil dari perangkat elektronik yg sudah tidak terpakai misalnya modul sarver, maklum dipasarkan gak ada komponen yang kualitas terbaik.
    klw menghilangkan suara dengung usahakan radiasi trafo tidak sampai ke IC baik preamp dan tone control, usahakan trafo ditutup, atau dibuatkan skat ruang khusus untuk trafo.

  31. Yohanes Usman

    Mas, mau nanya. power saya dengung saat potensio di tutup habis tp kalau dibuka/ besarin malah noisenya hilang. makin besar volumenya makin sunyi. Pengetesan saat blm ada sinyal.

    1. Coba ganti potensio, dan coba shortkan antara jalur signal dengan ground apakah masih dengung.

  32. Wahyu

    permisi mas numpang nanya..
    saya abis beli power ampli 400watt merk scorpion..
    pas saya coba udah keluar dengung dari powernya..
    dengunnya itu disebabkan dari apa mas..?
    apa dari kualitas barangnya yang kurang bagus..?

  33. ikoshi dani

    Ct dari psu ampli klw saya gabungkan ke ct psu dr tone kok dengung ya mas?
    Saya mnggunakan 2 trafo ct, yg satu buat power 10A 32ct32 dan satu nya lagi buat tone control.. Dan timbul masalah nya adalah ct saya gabungkan dari kedua trafo nya timbul dengung sangat keras

    1. 1. Cek apakah ada dengung saat hanya satu trafo digunakan, yaitu yang 10 A. Tanpa input signal lebih dahulu. Jika tidak artinya bagian PA bagus, jika dengung selesaikan masalah dengung di bagian PA lebih dahulu.
      2. Jika dengung hanya ketika sinyal dimasukkan dari tone kontrol, artinya bagian tone control yang bermasalah.
      3. Lakukan uji coba dengan sumber tegangan lain.
      Kadang-kadang dengung disebabkan juga oleh kualitas trafo, bukan hanya kualitas grounding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.