Beranda » Mekanik » Plumbing » Cara Kerja Plumbing Rumah

Cara Kerja Plumbing Rumah

Diagram Plumbing

Sistem instalasi plumbing di rumah sangat sangat penting, bahkan bagi rumah terkecil apapun, bagi kaum awam instalasi pipa / plumbing di rumah-rumah tampaknya menjadi sistem pipa yang terlihat rumit dan membingungkan. Untuk memakami cara kerja plumbing rumah, harus diketahui dua bagian besar instalasi ini.

Dua bagian penting dari sistem ini plumbing di rumah, yaitu:

  • Sistem instalasi plumbing air bersih, dan
  • Sistem pembuangan limbah . air bekas untuk membuang air yang tidak lagi diperlukan.

Artikel ini akan membahas tentang cara kerja plumbing, menavigasi sistem pipa rumah dan membantu mengatasi masalah di masa akan datang, baik secara DIY atau profesional. Setidaknya, akan tahu sistem mana yang menjadi sumber masalah.

Sistem Suplai Air Bersih

Sistem instalasi plumbing untuk menyalurkan air bersih dari katup / valve / keran utama dari penyedia air (PDAM dll.) ke instalasi perpipaan rumah. Air yang masuk dari layanan penyedia berbayar ini bertekanan tinggi sehingga bisa sampai ke seluruh area di rumah Anda. Gambar sederhana ini menjelaskan berbagai lokasi yang harus disalurkan oleh sistem pasokan air Anda untuk air bersih bersih.

Cara Kerja Plumbing Rumah

Penyedia layanan air seperti PDAM biasanya menyediakan valve dan meteran pembaca jumlah penggunaan untuk konsumen. Penempatannya biasanya di depan setiap rumah pelanggan.

Baca Juga :  Mengenal apa itu Globe Valve (pembahasan dan penjelasan)

Biasanya, ada valve penutup tepat sebelum meteran air dan tepat setelah meteran. Ini membuatnya mudah untuk mematikan air bersih yang masuk saat perbaikan atau memiliki proyek DIY masalah pipa ledeng untuk diselesaikan.

Air mengalir untuk mandi, mencuci, dan toilet pembilas adalah fitur yang diperlukan setiap hari, seperti halnya shower air panas, menjadikan sistem kebutuhan air sebagai komponen penting dari konfigurasi pipa rumah.

Sistem yang juga memerlukan pipa khusus adalah yang memasok air bersih ke pemanas air Anda. Pemanas air tanpa tangki, pernah dibuang ke apartemen dan kondominium kecil (tanpa ruang untuk pemanas air tangki tradisional) telah menjadi fitur populer dalam konstruksi rumah yang lebih baru, karena biaya energinya yang lebih rendah.

Perhatian utama dengan cara kerja plumbing air bersih adalah dalam hal kepastian memiliki air bersih, instan, dingin atau panas, di mana pun di rumah, saat membutuhkannya. Ini termasuk dapur, kamar mandi, bak mandi, toilet, dan keran luar. Air bersih di rumah harus memiliki tekanan yang cukup untuk membuat tempat cuci, pancuran, penyiraman toilet, dan pencucian benda makanan, berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Cara Menghitung Volume

Sistem Pembuangan Air Limbah / Bekas

Setelah air bersih rumah mengalir dan di gunakan di sekitar rumah dan di dalam rumah, akan berubah menjadi air limbah / bekas yang harus dikeluarkan dari tempat tinggal. Sementara tekanan air yang cukup adalah tugas sistem pemasukan air, gravitasi mengatur sistem ventilasi pembuangan.

Pipa air bekas mengandalkan gaya gravitasi bumi, sehingga dibutuhkan nilai kemiringan dari ujung masuk ke ujung keluar air. Perhatikan bahwa sistem pembuangan limbah rumah lebih kompleks daripada rangkaian pipa masuk.

Sistem ini membutuhkan banyak ventilasi, dan fitur pembersihan lainnya untuk membantu gravitasi melakukan tugasnya. Pada atap, akan melihat beberapa pipa ventilasi menjulang di atas sirap atap. Dan juga akan melihat “trap” (berbentuk seperti “P” di samping) di bawah setiap wastafel di rumah. Ini disebut “trap” ini membantu jika tidak sengaja menjatuhkan sesuatu yang padat ke saluran pembuangan, seperti cincin atau anting. Dengan mudah mengambilnya dengan membuka trap.

Sebagian besar sistem pembuangan air bekas / limbah menyertakan “clean out plug”. Atau disebut sumbat pembersih ini dirancang agar dapat menghilangkan penyumbatan bahan limbah yang paling membandel yang masuk ke saluran.

Pipa pembuangan limbah cenderung lebih besar daripada pipa air bersih. Karena sepanjang instalasi pipa pembuangan ini bertugas membawa air limbah dan bahan limbah lainnya, mereka lebih efisien dengan ukurannya yang lebih besar.

Baca Juga :  Schedule pipa dan tabel schedule

Rumah yang lebih tua memiliki keran yang lebih sedikit, tetapi para ahli percaya bahwa harus ada lebih banyak lagi untuk setiap perlengkapan dan peralatan sehingga tukang pipa ledeng dapat mengisolasi masalah tanpa harus mematikan saluran utama.

Ringkasan dan Gambaran Umum Tentang Cara Kerja Plumbing

Semua sistem pipa termasuk dalam salah satu dari dua kategori utama (air bersih atau air limbah keluar), terlepas dari jumlah dapur atau kamar mandi di rumah. Saluran pembuangan harus berada di dekat sistem ventilasi, karena harus dekat (sesuai peraturan konstruksi setempat). Saat mencoba memperbaiki masalah apa pun, pastikan untuk mematikan valve pasokan air.

Jika melakukan perbaikan instalasi pipa sendirian, matikan pasokan air di rumah utama. Dengan cara ini akan menghindari kejutan yang tidak menyenangkan, karena tekanan air yang masuk biasanya 50 hingga 60 psi, yang akan membuat basah semua bahkan sebelum memulai perbaikan pipa.

Sistem air masuk dan pembuangan air bekerja sama untuk menjaga pipa rumah beroperasi secara efisien. Sekarang setelah memiliki banyak pengetahuan dasar tentang perpipaan, bahkan jika tidak “berguna”, minimal harus dapat mengetahui sistem perpipaan rumah mana yang mengalami masalah.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.