Beranda » Mekanik » Yuk Ketahui Cara Membaca Gambar Plumbing

Yuk Ketahui Cara Membaca Gambar Plumbing

Nah, maka dari itu sebelum masa pembangunan mula dilakukan supaya pada saat masa pengerjaan berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan dan tidak melenceng jauh dari kesepakatan antara keinginan pemilik hunian dan para pekerja maka perlu dirancang sebuah perencanaan yang matang. Tidak terkecuali dengan pengerjaan instalasi plumbing ini yang memerlukan cara membaca gambar plumbing.

Cara Membaca Gambar Plumbing

Pentingnya Gambar Plumbing

Dalam artikel kali ini saya akan lebih spesifik membahas khusus pada cara membaca gambar plumbing terlebih dahulu. Sebab sering kali antara pemilik hunian merasa kesulitan untuk memahami rancangan gambar yang telah dibuat oleh pekerja atau desainer bangunannya.

Selain untuk membantu para calon pemilik rumah dalam memahami rancangan gambar plumbing. Saya juga mengharapkan artikel ini dapat membantu kamu yang sedang ingin lebih mengetahui lebih jauh mengenai tahap awal perancangan sebuah konstruksi bangunan.

Baca Juga :  Pertimbangan Pemilihan Kompresor Sesuai Kebutuhan Sistem

Contoh Gambar dan Penjelasan Rancangan Sistem Plumbing

Seperti yang sudah kita ketahui, gambar rancangan ini pun sering kali digunakan oleh arsitek sebagai alat komunikasi kepada kepala tukang untuk memberikan ilustrasi/ gambaran umum mengenai wujud fisik plumbing

Dan nantinya agar dapat diorganisir lebih lanjut mengenai perkiraan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, estimasi jumlah tenaga kerja dan standar total pembiayaan sebuah proyek

Supaya nantinya mandor dan pekerja tidak mengalami kebingungan dalam melaksanakan tugasnya masing-masing di lapangan. Selama proses perencanaan hingga selesainya proyek pekerjaan tersebut terdapat lima macam gambar yang digunakan.

Baca Juga :  Kabel Tray dan alat-alat yang dibutuhkan dalam pemasangannya

Di bawah ini saya akan memberikan contoh gambar dan penjelasan, mari kita simak bersama.

Ditahap bagaimana merancang gambar ini saya akan menjelaskan gambar teknik yang dibutuhkan untuk proses perancangan mekanikal plambing suatu bangunan atau gedung yaitu :

Gambar Sistem Plumbing

Gambar sistem plambing ini lazimnya terbagi menjadi 3 gambar teknik yang termasuk dalam instalasi plumbing. Yaitu : sistem air bersih sistem air hujan, gambar sistem air buangan dan ven.

Namun, kali ini hanya sebagai bahan referensi saya berikan salah satu contoh penjelasan dari gambar sistem air bersih terlebih dahulu ya guys.

Gambar Sistem Air Bersih

Pada gambar di atas, menjelaskan mengenai diagram alur pipa kebutuhan air bersih yang didistribusikan dari pipa PDAM atau pompa deep well. Keseluruhan peralatan plumbing yang terdapat pada bangunan tersebut.

Baca Juga :  Cara Mudah Menyambung Pipa Instalasi Plumbing

Selain itu, pada gambar tersebut juga telah disertakan data-data yang dibutuhkan dalam proses perancangan dan pengerjaan plumbing. Seperti:

  • Tangki atap/ roof tank
  • Spesifikasi pompa
  • Tangki bawah/ GWT sebagai kapasitas penampungan cadangan air bersih
  • Head pump/ daya angkat pompa/ sering kita kenal dengan jetpam.

Sekadar untuk informasi contoh gambar diatas diperuntukkan bangunan double function. Yaitu sebagai pusat perbelanjaan/ mall/ apartemen/ hunian. Bagaimana, sudah tahu cara membaca gambar plumbing ?

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.