Cara Memilih Motor Starter yang Tepat untuk Panel Anda

Diposting pada

Cara Memilih Motor Starter Configurator –  Motor Starter Configurator dibuat dalam berbagai ukuran dan berbagai kegunaan dalam aplikasi konstruksi baru.

Engineer yang ditentukan memiliki beberapa jenis permulaan motor untuk dipilih, mulai dari unit canggih hingga telanjang. Bagaimana engineer memutuskan mana yang akan dipilih? Ada banyak faktor yang terlibat, dan berbagai jenis unit tersedia tergantung pada persyaratan aplikasi.

Mari kita mulai dengan memecah motor starter ke dalam satu set kategori produk global.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Advan i4D - Android 4G harga 700ribuan
Cara Memilih Motor Starter

Cara Memilih Motor Starter Dengan Memilah VFDs Nya

Mengapa Saya Membutuhkan Motor Starter? Motor starter berfungsi untuk menghasilkan sejumlah besar arus listrik. Ketika berhadapan dengan begitu banyak daya, penting untuk memiliki solusi cadangan untuk mencegah kerusakan dan memastikan keselamatan setiap saat.

Bagian kontaktor dari motor starter menutup kontak pada semua fase arus listrik dengan sangat cepat, meminimalkan efek yang berpotensi berbahaya jika terjadi kelebihan beban. Starter berukuran sesuai dengan motor dan tegangan aplikasi spesifik Anda.

Kemampuan Motor Starter Configurator diukur dari skala variablefrequencydrive (VFDs). VFD biasanya digunakan untuk kontrol kecepatan motor, tetapi mereka juga digunakan pada motor kecil di mana mereka berfungsi sebagai motor starter saja.

Dalam kasus ini, motor starter akan beroperasi dengan kecepatan penuh sambil memberikan beberapa manfaat, termasuk mulai berkurangnya arus, komunikasi ke sistem manajemen gedung pusat, dan antarmuka yang mudah untuk kontrol otomatis.

Ada dua tipe motor starter yaitu:

Soft motor starter

soft starter biasanya digunakan dengan perangkat on / off yang sering didaur ulang, seperti kompresor atau ban berjalan. Sementara teknologi ini mampu menjalankan motor secara kontinu pada kecepatan parsial seperti dengan VFD, soft starter umumnya tidak efisien dalam kontrol kecepatan parsial.

Accrostheline motor starter

biasanya kontraktor harus menambahnya dengan perangkat lain seperti monitor saat ini atau daya untuk mengintegrasikan dengan sistem kontrol bangunan terbaru untuk bukti aliran (udara atau cairan) dan untuk memantau konsumsi energi.

Cara Memilih Motor Starter Yang Tepat

Pastikan kinerja motor starter bekerja dengan baik. Motor starter configurator keluaran schenider electric adalah smart motor starter.

Bagaimana Cara motor starter bekerja?

Starter motor terdiri dari dua perangkat — kontaktor yang melengkapi sirkuit ke motor dan relai kelebihan beban yang memantau arus motor. Perangkat perlindungan kelebihan beban ini diatur ke beban maksimum yang telah ditentukan sebelumnya yang dapat ditangani oleh motor dengan aman.

Ketika terjadi kondisi yang menyebabkan motor melebihi beban maksimum, perangkat membuka sirkuit kontrol starter motor dan motor dimatikan.

Cara Memilih Motor Starter Dari Sisi Protection atau Keamanan

Ada banyak tipe motor starter configurator yang dikeluarkan oleh schenider electric. Produk scheneider memang dikenal dengan kelistrikannya yang stabil. Ini dikarenakan oleh mereka yang selalu menjaga kualitas bahan yang mereka gunakan.

Motor starter configrator sangat membutuhkan proteksi keamanan penggunaan yang kuat. Terlepas dari jenis starter, ada satu set kemampuan yang harus disediakan di setiap motor starter. Salah satunya adalah perlindungan untuk motor yang dikendalikan.

Starter tradisional akan memiliki perlindungan kelebihan yang mekanis. Jika motor dinyalakan terlalu sering dan terlalu cepat, motor akan menjadi terlalu panas dan berpotensi merusak gulungan motor secara permanen, sehingga diperlukan beberapa jenis perlindungan kelebihan panas termal.

Secara tradisional, ini didukung dengan memasang relai kelebihan panas dengan pemanas internal pada sirkuit motor. Relai kelebihan beban memanaskan strip bimetal yang membuka kontak saat suhunya mencapai batas yang diinginkan.

Sangatlah tidak praktis jika kita harus berulang-ulang mengecek suhu motor starter itu sendiri. Lebih mudah untuk merancang pemanas kontak untuk memodelkan karakteristik termal motor. Semakin tinggi arus yang mengalir ke motor, semakin cepat sakelar overload akan trip.

Biasanya alat mekanis beroperasi pada panas. ketika berlebihan dalam menahan panas akibat operasi yang terus-menerus dengan beban penuh, ini bisa terjadi konsleting.

Nah sangatlah penting untuk mengerti cara memilih motor starter yang tepat untuk panel anda bukan?!

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.