Beranda » Tips Trik » Cara Menghilangkan Karat

Cara Menghilangkan Karat

Ketika benda logam Anda menjadi berkarat, Anda tidak perlu selalu membuangnya! Ada banyak cara untuk membersihkan karat dari logam milik Anda. Lantas, bagaimana cara menghilangkan karat dari logam dan stainless steel? Larutan atau zat apa yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat dengan mudah.

Menggunakan Larutan Penghilang Karat

Seperti contoh menggunakan larutan siap pakai WD-40 Multi-Use-Product, produk jadi ini dapat digunakan sebagai semprotan penghilang noda karat? Ini adalah salah satu perawatan karat terbaik karena sangat sederhana dan cepat. Cukup semprotkan logam berkarat dengan WD-40 kemudian gosok dengan sikat kawat bersih. Cukup cek dulu area untuk memastikan metode ini tidak menyebabkan kerusakan pada logam Anda.

Ini bisa digunakan untuk membersihkan rantai logam sepeda , membersihkan karat dari furnitur dan banyak lagi.

Untuk mencegah karat kembali, gunakan WD-40 untuk melindungi barang logam Anda setelah digunakan. Anda juga dapat menggunakan WD-40 Specialist Penetrant sebagai perawatan karat pada logam. Ini dirancang untuk menembus karat dan kotoran agar lebih mudah dihilangkan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara mencegah karat di postingan blog lainnya!

Cara Menghilangkan Karat
Cara Menghilangkan Karat

Menghilangkan karat dengan Mengamplas/Menggosok

Pilihan kedua untuk menghilangkan karat adalah mengamplas karat yang tidak diinginkan menggunakan alat yang memiliki permukaan abrasif. Tentunya metode ini membutuhkan banyak usaha dan kerja keras, tetapi mungkin saja untuk menghilangkan karat dengan cara ini.

Ada sejumlah benda rumah tangga yang bisa Anda gunakan untuk ini seperti obeng dan sabut baja. Anda dapat menggunakan alat logam apa pun untuk melakukan pekerjaan itu, tetapi pastikan untuk menggunakan amplas berbutir halus setelahnya untuk menghilangkan bekas goresan.

Atau juga, Anda dapat pergi ke toko perangkat keras dan menyewa beberapa alat. Jika Anda perlu menghilangkan karat dari permukaan yang lebih besar, yang terbaik adalah menggunakan penghilang karat listrik, seperti pengamplas elektrik. Anda harus selalu memulai dengan area yang memiliki butiran paling kasar dan secara bertahap pindah ke area logam yang tidak terlalu berkarat. Dengan cara ini kekasaran objek diminimalkan.

Baca Juga :  Tips Memilih Spek Komputer yang Handal ! Awas Jangan Salah Pilih

Menggunakan Bahan Kimia Penghilang Karat

Penghilang karat kimiawi biasanya dibuat menggunakan asam oksalat atau fosfat dan oleh karena itu berbahaya bagi kulit sehingga harus digunakan dengan aman. Pastikan Anda melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum menggunakan penghilang kimiawi untuk menghilangkan karat dari benda logam. Baca dan gunakan produk dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk yang diberikan karena penggunaan dapat berbeda dari produk ke produk.

Ingatlah bahwa bahan kimia ini perlu diterapkan selama beberapa jam dan mengharuskan Anda untuk menggosok setelahnya, jadi bersiaplah untuk banyak pekerjaan. Anda juga perlu menyadari bahwa penghilang karat kimiawi biasanya mahal dan hanya berlaku untuk benda yang lebih kecil. Temukan pilihan teratas kami untuk solusi penghilang karat kimiawi di bawah ini:

Menggunakan Kimia Pengubah Karat

Anda dapat membeli pengubah karat yang mencegah karat bereaksi lebih jauh dengan logam. Pengubah karat seperti cat semprot dan berfungsi sebagai primer untuk lapisan cat di permukaan. Ini efektif untuk mencegah karat menyebar lebih jauh, tetapi tidak membantu menghilangkan karat sepenuhnya dari benda logam. Anda sebaiknya hanya menggunakan pengubah karat jika ingin mengecat permukaan logam.

Penghilang Karat Asam Sitrat

Asam sitrat adalah bahan kimia yang efektif digunakan untuk menghilangkan karat dan dapat dibeli di toko.

  • Masukkan bubuk asam sitrat ke dalam wadah yang terbuat dari plastik dan tambahkan air panas.
  • Tempatkan benda yang tertutup karat ke dalam larutan pembersih karat untuk memulihkan peralatan, peralatan, dan permukaan Anda kembali ke logam kosong.
  • Pastikan wadah tempat larutan dibuat cukup besar untuk memuat benda logam Anda.
  • Tutupi benda logam dengan pembersih karat asam sitrat. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari. Keringkan dengan kain bersih sesudahnya.
Baca Juga :  Jangan Ragu-ragu Memilih Spesifikasi Komputer Game

Penghilang Karat Asam Oksalat

Anda juga bisa menggunakan asam oksalat untuk menghilangkan karat. Karena ini adalah bahan kimia yang kuat, pastikan Anda telah mengambil tindakan perlindungan sebelum menggunakan.

  • Pastikan Anda mengenakan pakaian pelindung; kacamata dan sarung tangan karet – dan pastikan Anda tidak menghirup asap asam.
  • Buat campuran encer air dan asam oksalat (asam 25ml dan air 250ml).
  • Rendam benda tersebut dalam campuran ini selama kurang lebih 20 menit atau Anda juga bisa menyeka benda tersebut dengan sikat atau kain kuningan.
  • Setelah selesai dan karat dihilangkan, pastikan Anda mencuci barang tersebut secara menyeluruh dan kemudian mengeringkannya.

Penghilang Karat Buatan Sendiri

Tidak punya waktu untuk pergi ke toko? Tidak masalah – ada beberapa barang rumah tangga yang bisa Anda ubah menjadi penghilang noda karat buatan sendiri; dari cuka putih seperti cairan agak asam hingga aluminium foil. Temukan pilihan terbaik penghilang karat DIY di bawah ini:

Penghilang Karat Cuka Putih

Anda bisa menggunakan cuka putih untuk menghilangkan karat secara efektif. Karat bereaksi dengan cuka dan kemudian larut. Cukup rendam benda logam yang berkarat dalam cuka putih selama beberapa jam dan kemudian bersihkan untuk menghilangkan karatnya.

Jika benda terlalu besar, cukup tuangkan cuka putih secara merata ke seluruh permukaan benda dan beri waktu untuk mengendap. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan kain yang dibasahi cuka putih untuk menyeka benda.

Solusi lain untuk membersihkan karat adalah dengan menggunakan selembar aluminium foil yang dicelupkan ke dalam cuka untuk menyeka karat dari benda tersebut. Menggunakan cuka biasa juga merupakan pilihan, namun akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menghilangkan karat.

Cobalah merendam benda tersebut dalam cuka biasa selama 24 jam; ini akan mengurangi jumlah scrubbing yang diperlukan.

Penghilang Karat Jeruk Nipis dan Garam

Jeruk nipis dan garam adalah solusi lain untuk membantu menghilangkan karat dari benda logam.

  • Taburkan sedikit garam di area objek yang berkarat dan pastikan tertutup sepenuhnya.
  • Peras jeruk nipis atau lemon di atasnya. Pastikan Anda memeras jus sebanyak mungkin dan kemudian biarkan selama sekitar 3-4 jam sebelum Anda menggosoknya. Ini membantu menggunakan kulit yang tersisa untuk menggosok campuran yang dihasilkan. Ini cukup kuat untuk membersihkan karat dari logam tanpa menyebabkan kerusakan.
  • Lemon, sebagai pengganti jeruk nipis, juga bisa digunakan dengan cara yang sama.
Baca Juga :  Apakah Smartphone Anda Boros Baterai? Mungkin Beberapa Aplikasi ini Penyebabnya

Penghilang Karat Soda Kue

Menggunakan soda kue dan air akan menghasilkan pasta kental yang mudah dioleskan ke logam sebagai pembersih karat. Beri waktu untuk mengatur dan kemudian bersihkan. Gunakan sikat gigi untuk menggosok pasta dan kemudian cuci dengan air. Campuran ini dapat diencerkan sesuai keinginan Anda. Tidak ada spesifikasi pasti untuk jumlah yang akan digunakan.

Penghilang Karat dengan Sabun Cuci Piring dan Kentang

Sabun cuci piring dan kentang juga merupakan barang rumah tangga yang berharga dalam hal membersihkan karat. Potong kentang menjadi dua bagian dan oleskan sabun cuci piring di ujung potongan. Ini akan memastikan bahwa ada reaksi kimia antara ujung dan karat, yang akan membuatnya mudah dibersihkan.

  • Letakkan kentang di permukaan benda logam dan diamkan selama beberapa jam. Jika Anda perlu mengaplikasikan lagi, cukup potong ujung yang sudah digunakan dan taruh sabun pencuci piring di ujung yang baru.
  • Letakkan lagi di permukaan logam lebih lama.

Jadi, itulah beberapa metode efektif untuk menghilangkan noda karat dari logam. Dari bahan-bahan rumahan seperti lemon dan jeruk nipis hingga larutan siap pakai seperti WD-40.

Penghilang karat mana yang terbaik? Terserah Anda. Penting untuk diperhatikan, metode apa pun yang Anda lakukan akan melibatkan waktu dan kesabaran, karena ini adalah tugas yang membosankan. Tetapi dengan sedikit usaha, Anda dapat dengan mudah membersihkannya dari beberapa permukaan logam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.