Beranda » Mesin » CNC Router

CNC Router

Tentang CNC Router

Computer numerical control (CNC) adalah termasuk teknologi permesinan baru dan modern. Salah satu mesin CNC populer yang sering digunakan yaitu CNC Router.

CNC Router adalah mesin CNC yang sangat mirip dengan alat router genggam yang biasa digunakan untuk memotong berbagai bahan. CNC ini dapat membantu mempercepat pemotongan bahan seperti baja, kayu, aluminium, komposit, plastik, dan busa.

CNC Router mirip dengan jenis mesin CNC lainnya. Dibuat dengan kemampuan menggunakan computer numerical control dalam merutekan jalur alat yang memungkinkan mesin berfungsi. CNC mengurangi pemborosan dan meningkatkan produktivitas, menghasilkan berbagai item dalam waktu yang jauh lebih singkat daripada menggunakan mesin lain.

CNC Router

Bentuk CNC Router

Dalam hal ukuran, bentuk CNC Router model yang lama untuk industri memiliki ukuran sangat besar dan dapat memakan banyak ruang. Namun, CNC model desktop yang lebih baru berukuran jauh lebih kecil dan dapat diletakkan tepat di atas meja besar.

Baca Juga :  CNC EDGE Pro

Meskipun mesin model desktop ini tidak sekuat tipe yang lebih lama sekelas industri, namun sangat ideal digunakan di rumah dan benar-benar dapat terhubung dengan komputer rumah. Pengguna cukup menggunakan perangkat lunak di komputer rumah kemudian melakukan pemrograman CNC desktop untuk melakukan fungsi produksi tertentu.

Penggunaan CNC Router

Contoh fungsi yang baik dalam menggunakan CNC router adalah memanipulasi kayu. Banyak tukang kayu menggunakan CNC ini untuk memotong dan membentuk beragam jenis kayu. Misalnya, jika ingin mendesain kursi teras unik, tinggal memilih menggunakan CNC untuk memotong kayu maple yang telah dikumpulkan untuk pekerjaan semacam itu.

Dengan menggunakan perangkat lunak CAD dan CAM di komputer, langsung dapat memberi perintah ke unit CNC dengan tepat cara memotong kayu pada sudut yang tepat. Kemudian dapat mengambil potongan kayu yang baru dipotong kemudian menggunakan baut atau sekrup untuk menyatukannya dan jadilah kursi teras yang nyaman dan sederhana.

Baca Juga :  CNC Seri CSF-ED Mesin Pemotong Plasma

Seperti mesin CNC lainnya, mesin CNC sangat efektif dalam membuat bahan yang presisi. Namun, aktivitas paling umum di mana CNC digunakan termasuk hobi seperti pengerjaan kayu, membuat prototipe dalam bidang teknik, menghasilkan karya seni, dan bentuk pekerjaan produksi tertentu.

CNC jenis ini banyak ditemukan di pusat manufaktur, tetapi dapat dibeli untuk penggunaan pribadi dan sering kali tersedia dalam kit khusus yang memungkinkan perakitan mudah oleh pengguna pemula. Seiring berjalannya waktu, berharap untuk melihat CNC yang lebih canggih dengan kemampuan hebat untuk menjadi sangat presisi dalam proses produksinya.

Baca Juga :  Mesin Pemotong Laser Fiber

Cara Kerja Mesin CNC

Mesin CNC beroperasi dengan serangkaian perintah yang telah diprogram sebelumnya. Bahasa pemrograman yang paling umum disebut G-code, meskipun bahasa lain seperti Heidenhain dan Mazak ada untuk CNC.

Langkah Pengoperasian CNC

  • Langkah 1: Mendesain file vektor untuk yang tidak memiliki G-Code. Vektor adalah ekstensi file DXF yang memiliki detail seperti sumbu x, y, z dan menentukan bagaimana gambar akan ditampilkan. CAD adalah software yang memungkinkan pengguna membuat desain dan vector sendiri.
  • Langkah 2: Mengubah vektor menjadi G-code, Perangkat lunak CAM adalah perangkat lunak yang memungkinkan vektor diubah menjadi G-code
  • Langkah 3: Perangkat lunak Kontrol CNC yang kemudian akan menjalankan kode-G itu dan berubah menjadi mesin untuk bergerak. Perangkat lunak Kontrol CNC melakukan itu.
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.