Beranda » Mekatronika » Dasar Mekatronika

Dasar Mekatronika

Pengertian Mekatronika

Mekatronika adalah teknologi pengendali berbasis numerik atau teknologi pengendali menggunakan mekanisme aktuator. Selain mengendalikan proses gerakan tertentu juga sekaligus memonitor kondisi gerakan tersebut menggunakan sensor. Informasi yang diterima oleh sensor tersebut dimasukkan kedalam mikro prosessor.

Mekatronika adalah gabungan disiplin ilmu dasar seperti mekanika elektro dan informatika untuk merancang pengoperasian atau pemeliharaan sistem ataupun mengoptimasi suatu produk untuk mencapai target yang diinginkan.

Manfaat Mekatronika

Manfaat penerapan mekatronika antara lain:

  1. Meningkatkan fleksibilitas sebagai contoh lengan robot industri dapat melakukan berbagai jenis pekerjaan dengan merubah program peranti lunak di mikro prosesornya seperti halnya lengan manusia. Ini yang menjadi faktor utama dimungkinkannya proses produksi produk yang !eraneka ragam tipenyadengan jumlah yang sedikit-sedikit.
  2. Meningkatkan kehandalan dengan menggunakan komponen-komponen elektronika untuk mengendalikan gerakan maka komponen komponen mesin pengendali gerak manual bisa dikurangi sehingga meningkatkan kehandalan.
  3. Meningkatkan presisi dan kecepatan dengan menerapkan kendali digital dan teknologi elektronika maka tingkat presisi mesin dan kecepatan gerak mesin dapat diangkat lebih tinggi lagi sampai batas tertentu. Batas ini misalnya adalah rigiditas mesin yang menghalangi kecepatan lebih tinggi karena munculnya getaran

Bagian Mekatronika

Mekanisme Mesin

Adalah obyek kendali yang biasanya berupa lengan robot mekanisme penggerak otomotif generator pembangkit listrik dan sebagainya.

Sensor-sensor

Adalah alat untuk mendeteksi , mengukur sesuatu yang digunakan untuk mengubah variasi mekanis magnetis panas sinar dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik sensor itu sendiri terdiri dari transduser dengan atau tanpa penguat, pengolah sinyal yang ter!entuk dalam satu system pengindera

Kontroler Dasar Mekatronika

Adalah bagian yang berfungsi sebagai pengambil keputusan apakah keadaan obyek kendali telah sesuai dengan nilai referensi yang diinginkan dan kemudian memproses informasi untuk menetapkan nilai komando guna merevisi keadaan obyek kendali

Rangkaian Penggerak

Adalah bagian yang berfungsi menerima sinyal komando dari controller dan mengkonversikan menjadi energi yang mampu menggerakan aktuator untuk melaksanakan komando dari kontroler, bagian ini selain menerima informasi dari kontroler juga menerima catu daya bertenaga tinggi.

Aktuator

Aktuator adalah bagian keluaran untuk mengolah tenaga suplai menjadi tenaga kerja yang dimanfaatkan sinyal keluaran dikontrol oleh system kontrol dan aktuator bertanggung jawab pada sinyal kontrol melalui elemen kontrol terakhir.

Sumber Tenaga

Adalah bagian yang mencatu daya listrik ke semua bagian yang membutuhkannya, salah satu bentuk nyata sumber energi adalah baterai untuk sistem yang berpindah tempat atau adaptor untuk sistem stasionari tetap di tempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.