Fungsi DIAC

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi DIAC

Fungsi DIAC ~ DIAC adalah komponen elektronika jenis semikonduktor yang berfungsi sebagai sakelar elektronik dua arah gelombang penuh atau dua arah yang dapat disktifkan dengan polaritas maju dan mundur.

DIAC berasal dari dua kata, yaitu “DI” = Diode dan “AC”. Komponen ini sering digunakan sebagai pemicu TRIAC dalam aplikasi sakelar AC, paling sering kita lihat pada alat dimmer lampu, dan starter lampu neon.

Sebutan lain untuk DIAC adalah diode pemicu simetris, berdasar karakter kurva simetris pada komponen ini.

Baca Juga :  Pin Pengontrol LCD

Banyak jenis dan bentuk DIAC, tergantung kapasitasnya, dalam bentuk kecil, besar dan sering dalam satu paket dengan TRIAC.

Simbol Elektronika DIAC

Simbol DIAC

Simbol DIAC digambarkan sebagai kombinasi diode dua arah tersambung secara parallel dalam dua arah berbeda.

Karena DIAC adalah komponen dua arah, maka tidak memiliki kaki dengan sebutan anoda dan katoda seperti diode. Sering kita lihat dengan penamaan kaki A1 dan A2 atau MT1 dan MT2. MT adalah singkatan dari Main Terminal.

Cara Kerja DIAC

Rangkaian DIAC hanya mengalirkan arus dengan tegangan lebih dari nilai kapasitasnya. Nilai ini tergantung karakter masing masing jenis.

Ketika tegangan masuk melampui nilai yang ditetapkan, maka resistensi komponen menjadi menurun secara tiba-tiba. Kondisi ini menyebabkan penurunan tegangan pada DIAC, dan juga peningkatan arus.

DIAC akan tetap dalam kondisi sebagai penghantar hingga arus yang mengalir turun dibwah nilai yang telah ditentukan. Sehingga resistensinya akan kembali tinggi atau menjadi nonkonduktor.

Nilai rata-rata DIAC pada batas 30 Volt (kebanyakan) meskipun banyak juga nilai batas yang lain, ini tergantung pengaplikasiannya.

Penggunaan DIAC

Fungsi DIAC Kombinasi DIAC TRIAC
Kombinasi DIAC TRIAC

Yang jelas, salah satu kegunaannya adalah pada rangkaian TRIAC. Pada dasarnya TRIAC tidak akan bisa aktif secara simetris karena kecilnya perbedaan antara kedua kakinya.

Input non-simetris dan bentuk gelombang yang dihasilkan menimbulkan efek harmonik yang tidak diinginkan. Semakin tinggi input non-simetris maka semakin besar tingkat harmoniknya.

Untuk mengatasi hal diatas, maka ditambahlah DIAC secara seri. DIAC membuat pensakelaran menjadi lebih merata untuk siklus dua bagian.

DIAC mencegah arus yang masuk hingga tegangan pemicu mencapai tegangan tertentu ke kedua arah. Ini membuat nilai firing TRIAC menjadi sama untuk kedua arah.

Ringkasan Tentang DIAC

Penggunaan utama komponen elektronika DIAC adalah bersama dalam rangkaian TRIAC untuk menyamakan karakteristik pensakelarannya.

Dengan menyamakan karakteristik menyebabkan tingkat harmonik yang dihasilkan pada saat memindah / mengalihkan aliran AC dapat dikurangi.

Pada nilai tinggi atau penggunaan dengan kapasitas besar, dibutuhkan komponen Thyristor.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.