Beranda » Arsip » Dokumen » Gambar Teknik

Gambar Teknik

Pengertian Gambar Teknik

Gambar teknik memiliki arti yang sangat luas, termasuk gambar apapun yang digunakan untuk menyampaikan suatu cara atau fungsi atau suatu konstruksi.

Sebagai sarana menyampaikan suatu maksud, ini berbeda dengan gambar artistik yang berguna untuk mengekspresikan Sesutu dan ini akan menjadi multi tafsir.

Gambar Teknik

Macam Jenis Gambar Teknik

Gambar teknik dibuat dalam rangka persiapan suatu pekerjaan sebagai desain dan konstruksi pekerjaan untuk kemantapan langkah pengerjaan.

Baca Juga :  Fungsi, prinsip kerja dan bagian dari STP ( Sewage Treatment Plant )

Isinya tentang detail pekerjaan dan lebih spesifik. Beberapa jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. Sketsa
  2. Gambar Desain
  3. Gambar Detail
  4. Gambar Kerja
  5. Gambar Pengaturan Umum
  6. Gambar Perakitan
  7. Gambar Komponen
  8. Gambar Shop (Shop Drawing)
  9. Gambar Instalasi
  10. Gambar As-Built

Gambar bisa berupa gambar rencana dua dimensi (orthogonal) seksi dan elevasi, atau juga proyeksi tiga dimensi. Dibuat dalam skala dengan pengerjaan tangan maupun menggunakan perangkat lunak seperti CAD (Computer Aided Design).

Untuk penampilan tiga dimensi, menggunakan teknologi perangkat lunak BIM (Building Information Modelling). BIM adalah tahap awal pengembangan gambar tiga dimensi, kemudian menjadi teknologi yang lebih tinggi, yaitu VCM (Virtual Construction Modelling).

Baca Juga :  Standard Operating Prosedure Elektrikal

Tujuan Gambar Teknik

Karena pentingnya dalam sebuah pekerjaan, dibutuhkan pertimbangan dan kehati-hatian dalam membuatnya, karena ini menyangkut semua proses pekerjaan yang akan dan sedang dilakukan.

Skala pada gambar adalah untuk menunjukkan standar dimensi yang harus memiliki tingkat detail yang tinggi. Karena dengan begitu penyampaian ukuran dan detail lainnya seperti ketebalan akan mewakilkan tujuan dan rencana sebenarnya.

Bagian-bagian Gambar Teknik

Bagian standar adalah: judul blok, dimensi, notasi serta symbol. Semua gambar yang terhubung dalam satu pekerjaan harus memiliki standar yang sama atau tidak ambigu.

Baca Juga :  Standard Operating Mekanikal

Untuk informasi yang lebih detail, semisal spesifikasi material dll, dibuat terpisah tetapi informasi yang ditampilkan tetap berhubungan agar tidak kontradiktif antara gambar teknik satu dengan yang lainnya, serta dengan gambar lampiran seperti spesifikasi material dll.

Gambar ini bukan sekedar gambar yang disiapkan selama masa persiapan pekerjaan, namun juga pada tahap masa pengerjaan dan setelah kerjaan selesai, yang memiliki istilah berbeda-beda.

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.