Gelombang Radio

Diposting pada

Panjang Gelombang Radio

Panjang gelombang radio memiliki panjang gelombang dengan range terpanjang dari spectrum elektromagnetik.

Di mulai dari hanya sepanjang 0,04 inci (1 milimeter) hingga panjang lebih dari 62 mil (100 kilometer). Dengan frekuensi rendah, yaitu mulai dari 3.000 siklus per detik (3 kilohertz) hingga frekuensi tinggi, yaitu 300 milliarhertz (300 gigahertz).

Gelombang radio adalah jenis radio elektromagnetik yang biasa digunakan dalam dunia telekomunikasi, seperti handphone, radio dan televisi.

Baca Juga :  Teori Rangkaian Thevenin

Secara mendasar perangkat-perangkat ini menerima gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran frekuensi bersama frekuensi pembawa untuk perangkat pemancar, menerima gelombang radio dan merubahnya menjadi getaran suara pada perangkat penerima.

Gelombang Radio
Gelombang Radio

Spektrum frekuensi radio merupakan sebagian kecil dari spectrum elektromagnetik. Sementara spectrum elektromagnetik dibagi menjadi tujuh area sesuai nilai panjang gelombang dan tinggi rendah frekuensi. Ketujuh bagian itu adalah:

  • Gelombang radio
  • Gelombang Mikro (Mikrowave)
  • Infra Red (IR)
  • Cahaya
  • Ultra Violet (UV)
  • Sinar Gamma

Penemu Gelombang Radio

Teori elektromagnetisme terpadu dikembangkan oleh fisikawan dari Skotlandia, yaitu James Clerk Maxwell pada tahun 1870-an.

Kemudian pada tahun 1886 fisikawan dari Jerman, yaitu Heinrich Hertz, mengembangkan teori dari Maxwell dengan membuat sebuah pesawat penerima radio.

Rangkaian awal dari Hertz sangat sederhana, terdiri dari kumparan induksi dan tabung layden (sejenis kapasitor dari tabung kaca yang dilapisi foil di sisi dalam dan luar).

Hertz menjadi orang pertama di dunia yang membuat pesawat radio pemancar dan penerima. Namanya dijadikan sebagai satuan frekuensi sebagai penghargaan atas jasanya. 1 siklus per detik = 1 hertz.

Pita Gelombang Radio

Spektrum gelombang radio dibagi menjadi Sembilan band, yaitu:

  1. Frekuensi Sangat Rendah (Extremely Low Frequency / ELF) dengan frekuensi dibawah 3 kHz dan panjang gelombang di atas 100 KM.
  2. Frekuensi Sangat Rendah (Very Low Frequency / VLF) dengan frekuensi 3 hingga 30 kHz dan panjang gelombang 10 hingga 100 KM.
  3. Frekuensi Rendah (Low Frequency / LF) dengan frekuensi 30 hingga 300 kHz dan panjang gelombang 1 KM hingga 10 KM.
  4. Frekuensi Sedang (Medium Frequency / MF) dengan frekuensi 300 kHz hingga 3 MHz dan panjang gelombang 100 meter hingga 1 KM.
  5. Frekuensi Tinggi (High Frequency / HF) dengan frekuensi 3 hingga 30 MHz dan panjang gelombang 10 hingga 100 meter.
  6. Frekuensi Sangat Tinggi (Very High Frequency / VHF) dengan frekuensi 30 hingga 300 MHz dan panjang gelombang 1 hingga 10 meter.
  7. Frekuensi Ultra Tinggi (Ultra High Frequency / UHF) dengan frekuensi 300 MHz hingga 3 GHz dan panjang gelombang 10 cm hingga 1 meter.
  8. Frekuensi Super Tinggi (Super High Frequency / SHF) dengan frekuensi 3 hingga 30 GHz dan panjang gelombang 1 hingga 10 cm.
  9. Frekuensi Sangat Tinggi Sekali (Extremely High Frequency / EHF) dengan frekuensi 30 hingga 300 GHz dan panjang gelombang 1 mm hingga 1 cm.

Itulah frekuensi dan panjang gelombang radio yang dibagi dalam sembilan band.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.