Gunung Agung Meletus 16 Maret 1963

Diposting pada

Gunung Agung Meletus 16 Maret 1963

    Pada tanggal 16 Maret 1963 Gunung Agung meletus untuk pertama kalinya setelah 100 tahun tertidur.

  Gunung yang berada di Bali ini merupakan titik tertinggi pulau Bali, yang mendominasi perubahan iklim di sekitarnya. Bentuknya sangat sempurna bila di lihat dari kejauhan, terlihat berkerucut lancip meskipun sebenarnya Gunung Agung memiliki kawah yang sangat luas, besar dan dalam. Bila cuaca baik dan tidak berawan dari puncak Gunung Agung bisa melihat jelas Gunung Rinjani di pulau Lombok.

Gunung Agung Meletus 16 Maret 1963
Baca Juga :  Peristiwa 16 Maret

   Gunung Agung kembali menampakkan tanda tanda aktifitasnya pada tanggal 18 februari 1963, suara keras menggelegar dan menggema yang bisa di dengar dari penjuru pulau Bali, dan keluarnya asap tebal naik dari kawahnya.

   Pada tanggal 24 Februari 1963, kawah gunung Agung mulai mengeluarkan lava panas yang mengalir ke arah sisi utara gunung, hingga mencapai jarak sejauh 7 kilometer dari kawah gunung, terjadi selama 18 sampai 20 hari dan pada ketinggian 510 meter diatas permukaan laut. Lava yang cukup lebar sekitar 0,5 s/d 0,8 KM dengan ketebalan 30 – 40 meter. Dan diperkirakan mengeluarkan sekitar 50 juta kubik lava.

  Tahap selanjutnya letusan semakin eksplosif, hingga puncaknya pada tanggal 16 Maret 1963 terjadi ledakan terdahsyat yaitu letusan Plinian sub-paroksismal. Yang memuntahkan isinya hingga ketinggian 8 – 10 KM dan membentuk aliran piroklasik yang sangat menghancurkan. Arus ini menjapai jarak 15KM menuju kearah selatan dengan kecepatan 60 KM/jam. Banyak desa desa yang hancur lebur, lebih dari 1000 orang meninggal

  Pada bulan Mei puncak selatan dari Gunung Agung akhirnya runtuh dan mengurangi ketinggian gunung hingga sekitar 200 meter. Dan menyisakan endapan abu setebal 50 – 70 cm (abu vulkanik )
Materi and data from http://www.volcanodiscovery.com/

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

2 thoughts on “Gunung Agung Meletus 16 Maret 1963

  1. salam kenal pak abi,

    saya tumben singgah di web ini jadi meninggalkan jejak di buku tamu
    tulisan tentang gunung agung sangat menarik
    detail dengan data-data angkanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.