Hukum Rangkaian Listrik (Kirchhoff)

Diposting pada
    Dua hukum tentang rangkaian listrik yang penting didasarkan pada sifat fisik muatan listrik, dan hukum-hukum ini membentuk dasar dari analisis sebuah rangkaian. Hukum tersebut adalah:
  • Kirchhoff ‘s Current Law (KCL)/ Hukum Arus Listrik Kirchhoff yang menyatakan bahwa Jumlah arus yang mengalir masuk ke sebuah  titik percabangan akan sama dengan jumlah arus yang keluar dari titik percabangan tersebut”.
  • Kirchhoff’s Voltage Law (KCL)/ Hukum Tegangan Listrik Kirchhoff yang menyatakan bahwa Jumlah tegangan tiap komponen pada sebuah loop sama dengan nol”.
Hukum Rangkaian Listrik (Kirchhoff)
Baca Juga :  Singkatan umum dalam Electrical Dokument ( Dokumen Listrik) dari huruf W
    Hukum Kirchhoff ini didasarkan pada prinsip konservasi muatan listrik dan pada prinsip konservasi energi. Siapa penemu hukum Kirchhoff? Yaitu Gustav Robert Kirchhoff (lahir di Königsberg, Prusia, 12 Maret 1824 – meninggal di Berlin, Jerman, 17 Oktober 1887 pada umur 63 tahun)

    Gustav Robert Kirchhoff adalah seorang fisikawan Jerman yang berkontribusi pada pemahaman konsep dasar teori rangkaian listrik, spektroskopi, dan emisi radiasi benda hitam yang dihasilkan oleh benda-benda yang dipanaskan. 

    Dia menciptakan istilah radiasi “benda hitam” pada tahun 1862.
Hukum Rangkaian Listrik (Kirchhoff)
Gambar 1

Hukum Arus Listrik Kirchhof (Kirchhoff ’s Current Law)

    Pada saat tertentu, jumlah dari arus (i) memasuki sebuah titik percabangan  dalam sebuah rangkaian adalah sama dengan nol. Dalam rangkaian pada Gambar 1, aplikasi hukum Kirchhoff pada percabangan C menghasilkan persamaan berikut:
i1 + i2 + i3 = 0
Demikian pula pada titik percabangan D, Hukum Kirchhof menghasilkan:
i4 – i3 – i5 = 0

Hukum Tegangan Listrik Kirchhoff (Kirchhoff’s Voltage Law)

    Pada saat tertentu, jumlah dari tegangan (v) sekitar loop adalah sama dengan nol. Hal ini terjadi di sekitar lingkaran, konvensi yang berguna adalah untuk mengambil penurunan tegangan (aliran dari positif ke negatif) sebagai positif dan kenaikan tegangan (aliran dari negatif ke positif) sebagai negatif. Pada Gambar 1, aplikasi Hukum Kirchhoff sekitar loop ABCEA memberikan persamaan berikut:
VAB + VBC + VCE + VEA = 0

Baca Juga :  Singkatan umum dalam Electrical Dokument ( Dokumen Listrik) dari huruf N
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.