Induktor dan Transformator Daya Terbaru

Diposting pada

Tentang Induktor dan Transformator

Induktor dan Transformator ~ Perkembangan induktor dan transformator daya tetap berlanjut mengikuti tuntutan efisiensi daya maupun efisiensi tempat. Ini wajar, mengingat mayoritas komponen elektronika hari ini menjadi semakin kecil secara fisik namun tetap memiliki kinerja yang tangguh.

Pabrikan induktor dan transformator daya mendapat tantangan untuk tetap memproduksi dengan efisiensi tinggi, akurasi tinggi, miniaturisasi serta stabilitas pada suhu kerja yang sangat tinggi. Hal ini menyangkut pembentukan komponen dengan resistensi rendah dan bentuk yang kecil dan ramping, kekuatan daya yang lebih tinggi, dan efisiensi dalam bentuk dan kemasan.

Berikut ini adalah pabrikan komponen elektronik induktor dan transformator daya yang tetap melakukan riset,  pengembangan dan produksi.

Baca Juga :  Transformator, jenis, fungsi dan karakternya

Induktor dan Transformator Daya Terbaru

1. Induktor dari Vishay Intertechnology

Induktor dan Transformator IHSR-1616AB-01

Pabrikan ini memproduksi induktor daya IHSR-1616AB-01. Induktor ini memiliki toleransi DCR (Direct Current Resistance) 5% hingga 3%, untuk kemampuan arus dengan akurasi tinggi dalam catu daya multi-fase. Komponen ini menghemat area sehingga memungkinkan perancang chip elektronik dengan bentuk yang ramping dan memberikan stabilitas suhu dalam pemakaian di industri, telekomunikasi dan komputasi.

Induktor dimasukkan dalam sebuah wadah mini berukuran 4 x 4 mm. Induktor ini juga mampu bekerja dengan DCR rendah (hingga 1,15m Ohm), dengan nilai induktansi 0,068 mikroHenry.

Induktor ini dapat menggantikan induktor ferit satu putaran lebih besar untuk menghemat ruang, sehingga secara fisik akan lebih kecil dan tipis. Stabilitas suhu yang lebih baik dengan pasokan daya multi-fase, kemampuan arus tinggi untuk penggunaan pada computer, industri, dan telekomunikasi.

Dioptimalkan untuk penyimpanan energi dalam converter DC / DC dan pemfilteran arus tinggi. Mampu menangani lonjakan arus transien tinggi tanpa saturasi.

Produk kedua dari Vishay adalah seri IHLP-6767GZ-8A. Induktor ini mampu pada suhu operasi 180C, cocok digunakan pada rangkaian filter konversi DC / DC pada unit kontrol mesin maupun transmisi, driver injeksi diesel, dll.

Mampu menghilangkan hamming untuk motor, wiper, kursi listrik, lampu HID dan LED, blower pemanas dll.

Berkualifikasi AEC-Q200, IHLP-6767GZ-8A memiliki efisiensi DCR 0,89 mOhm hingga 52,7 mOhm. Sementara nilai induktansinya 0,47 mikroHenry hingga 47,0 mikroHenry. Kemampuan arus daya 76 Ampere, mampu meredam lonjakan arus transien tinggi tanpa saturasi.

2. Induktor dari Coilcraft, Inc.

Induktor dan Transformator XAL7050

Coilcraft memproduksi induktor dengan seri XAL7050, masuk dalam jenis induktor arus tinggi. Nilai induktansinya adalah 22 mikroHenry hingga 47 mikroHenry dan kekuatan terlewati arus 5,5 Ampere.DCR yang rendah memastikan efisiensi yang lebih besar. Konstruksinya kokoh sehingga meminimalkan dengung.

Induktor ini juga terklasifikasi AEC-Q200 Grade 1. dengan terminasitimah-perak-tembaga sesuai RoHS. Dengan suhu reflow sebesar maksimum 260C.

Dari produsen yang sama dengan nilai induktansi yang sangat rendah, yaitu 1,5 mOhm adalah seri XAL7030, mampu dilalui arus hingga 60 Ampere,DCR yang sangat rendah, saturasi lembut, dengung rendah dan nilai induktansi antara 0,16 mikroHenry hingga 10 mikroHnery.

3. Induktor dari TDK Electronic Components

TDK memproduksi induktor mini berseri TFM20120ALD, mampu dilalui arus 4% lebih tinggi dan DCR 5,5% lebih rendah dari 85 MOhm dibandingkan dengan produk pesaingnya. Induktor ini memiliki efisiensi konversi daya sangat tinggi untuk perangkat seluler.

Induktansinya 1,0 mikroHenry, kemampuan stabilitas listrik dan tahan panas,juga meminimalkan kebisingan listrik disbanding komponen produk lain sekelasnya.Dengan efisiensi konversi daya terbaik, perangkat seluler akan mencapai usia baterai maksimum.

4. Induktor dari TT Electronics

Induktor dan Transformator HA66

Induktor keluaran TT Electronic jenis SMD berseri HA66, digunakan untuk pemakaian daya tinggi seperti powertrain, kontrol transmisi, driver LED, sistem pengereman ABS, sistem kontrol kamera dan radar.

Frekuensi switching hingga 3 MHz dan interfensi elektromagnetik (EIMI) dan filter DC Low-pass, seri induktor ini sangat sesuai untuk sistem otomasi industri sertakonverter DC / DC. Kemampuan induktansinya antara 2,5 mikroHenry hingga 220 mikroHenry, resistensi DC dari 0,0018 hingga 0,820 Ohm, nilai Irms dari 1,22 A hingga 11,2 A.

5. Induktor dari API Delevan’s

Mengutamakan keandalan yang tinggi dan pemakaian di dunia militer, seri HRSPD17 dibuat dengan fisik yang terlindungi, tahan terhadap guncangan, terhadap getaran frekuensi tinggi, tahan terhadap kelembaban dan tentunya memenuhi standar MIL-STD-202, MIL-PRF-83446.

Komponen ini mampu beroperasi pada suhu -55C hingga 130C, dengan nilai induktansi sebesar 2,2 mikroHenry hingga 1.000 mikroHenry.

6. Induktor dari Larson Electronics

Sementara produsen komponen elektronik Larson memperkenalkan seri induktor MT-BBT-240V-208V-70.8A, buck satu fase dan meningkatkan 240 Vprimer ke 280Vsekunder.

Pada komponen ini, sebagian besar tegangan diarahkan ke transformator,menghasilkan unit lebih kecil, lebih tenang dan hemat energi. Fitur isolasi di 180C dengan kenaikan suhu hingga 115C.

Inti kokernya terdiri dari laminasi baja canai dingin berlapis untuk melindungi dari kelembaban dan meningkatkan kinerja lilitan tembaganya. Dengan sumber daya terisolasi sehingga faktorkeselamatan dan perlindungan maksimal teratasi.

7. Transformator dari Power Integrations

Pabrikan ini mengeluarkan produk transformator berseri SIT12xxl, transformator khusus untuk rangkaian gerbang SCALE-iDriver, menyederhanakan desain converter DC/DC dalam lingkup industri. Rangkaian ini menggabungkan antara transformator dan ICSCALE-iDriverm untuk menghilangkan bagian pengatur tegangan.

Transformator SIT12xxl diisolasi secara galvanis menghasilkan tegangan dan daya yang tepat untuk gerbang driver. Struktur wire-wire memberikan keandalan tinggi,isolasi kuat, kapasitansi kopling rendah

Sementara berat komponen dibuat sangat minimal, hanya 9 gram, dengan kaki yang fleksibel dan kompak, kemampuan tinggi terhadap getaran dan goncangan.

8. Transformator dari TDK Corporation

Dari TDK Corporation, dikeluarkan produk transformator seri EPCOS B8286D0060A dengan output yang cukup untukpemakaian power-over-ethernet (PoE). Output daya hingga 60 Watt, sesuai persyaratan IEEE802.3bt.

Solusi yang ada untuk memenuhi standar PoE dan PoE + adalah pada dua pasang kabel yang memiliki output 15 Watt dan 30 Watt. Sementara untuk memenuhi standar PoE++, seri baru menghadirkan empat pasang kabel dan mendukung perangkat dengan kebutuhan daya yang lebih tinggi, termasuk kebutuhan daya untuk pengontrol cahaya, sistem fire alarm dan kontrol rumah pintar.

9.Transformator dari Vishay Intertechnology, Inc.

Induktor dan Transformator MGDT

Produk mini-gate transformer dari Vishay seri MGDT, sangat sesuai untuk dunia militer dan aerospace, pemakaian di industri dan medis. Dimensinya hanya 20,57 x 18,42 mm, tingkat ketipisan11,4 mm.

MGDT Custom Magnetic menggunakan 40% lebih kecil area dengan ketebalan 33% lebih tipis. Ini merupakan komponen transformator terkecil yang memberikan kemampuan dieleektrika hingga 3.750 VAC dari drive ke gate, sangat sesuai untuk industri. kekuatan induktansi 0,5 mikroHenry dan suhu kerja antara -40C hingga 85C.

10. Transformator dari Premier Magnetics

Transfromator planar prdoduksi Premier Magnetics dengan seri PM-PTxxx dioptimalkan pada frekuensi berdasarkan pada lilitan pada board, yang menghasilkan optimalisasiimpedansi transformator dan efek kapasitansi.

Kemampuan daya hingga 250 Watt, sesuai untuk pemakaian pada perangkat converter, rangkaian jembatan penuh maupun setengah gelombang. Menggunakan frekuensi switching dari 200KHz hingga 700 KHz.

Semua seri PT memiliki isolasi yang sangat baik (hingga 2.250 VDC), dan beroperasi pada suhu -40C hingga 125C, dengan efisiensi hingga 99%. Sangat cocok untuk digunakan pada konversi daya,kendaraan listrik, industri, aerospace dan pembangkit listrik tenaga surya.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.