Jenis Koneksi Internet

Diposting pada

Jenis koneksi internet bermacam-macam, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas satu persatu jenis koneksi internet di bawah ini.

Jenis Koneksi Internet Dial Up

Jenis Koneksi Internet Dial Up
Dial Up

Ini merupakan jenis koneksi internet yang paling ketinggalan jaman yang masih tersedia hingga saat ini. Kecepatan transmisinya sangat lambat dan tidak dapat diandalkan. Jaringan koneksi internet ini menggunakan saluran telepon.

Kekurangan dari jenis koneksi ini adalah kecepatannya yang kurang dan lambat, tapi koneksi jenis ini sangat penting pada masanya terutama dengan biaya minim dan terjangkau.

DSL

Jenis Koneksi Internet DSL
DSL

DSL kependekan dari Digital Subscribe Line, menggunakan saluran telepon dua arah, sehingga tidak mengganggu saluran telepon disaat terhubung ke internet.

Untuk saat ini, jenis koneksi ini sangat umum dan murah, cocok untuk rumah dan usaha kecil. Jenis koneksi internet DSL dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

SDSL

SDSL adalah jenis DSL yang simetris dan karakter yang membedakan adalah kecepatan pengunggahan dan pengunduhan adalah sama.

ADSL

ADSL adalah jenis DSL yang asimetris dan karakter yang membedakan adalah kecepatan pengunduhan dan pengunggahan adalah berbeda.

Biasanya kecepatan pengunduhan levih cepat dibandingkan dengan kecepatan pengunggahan.

FTTN

Jenis Koneksi Internet FTTN
FTTN

FTTN kependekan dari Fiber To The Node, menggunakan serat optik sebagai media transmisinya dengan penambahan kotak serat optic untuk melayani beberapa ratus pelanggan dalam radius kurang lebih 1 mil.

FTTN lebih cepat dari DSL namun tidak secepat serat optik.

Ethernet Over Cable

Jenis Koneksi Internet Ethernet Over Cable
Internet Over Cable

Jenis koneksi internet ini lebih mirip DSL, namun transmisi menggunakan jenis kabel koaksial, bukan jenis saluran telepon. Soal kecepatan tergantung jenis layanan atau paket yang terdaftar.

T1

“T” yang dimaksud adalah “Tier”, T1 adalah jalur pribadi untuk bisnis. Memiliki control lebih besar disbanding pemakaian jalur yang lain.

Jenis koneksi ini memiliki kecepatan transmisi hingga 1,5Mbitps untuk pengunggahan maupun pengunduhan.

T3

Ini adalah versi diatas T1, dengan biaya lebih mahal tentunya. Kecepatan unggah dapat mncapai 44Mbitps. Sesusi digunakan untuk bisnis menengah keatas karena tersedia banyak bandwidth.

Versi T2, T4 dan T5 tersedia juga dengan kecepatan yang beragam, namun jenis T1 dan T3 yang lebih umum digunakan.

Serat Optik

Jenis Koneksi Internet Serat Optik

Jenis ini sudah digunakan pada versi T1 dan T3, teknologi serat optik merupakan pengganti DSL maupun jenis kabel transmisi.

Kecepatan yang didapat sangat tinggi, dan akan mampu ditingkatkan dari waktu ke waktu tergantung dari teknologi transmisinya.

Jenis Koneksi Internet Satelit

Jenis Koneksi Internet Satelit

Jenis koneksi internet satelit sangat dibutuhkan untuk daerah-daerah terpencil, yang tidak mungkin menggunakan jaringan kabel sebagai penghubung.

Sambungan melalui satelit merupakan sambungan termahal untuk saat ini, meskipun tingkat kenyamanan dan privasi tentu lebih baik.

Itulah jenis koneksi internet yang telah digunakan hingga saat ini. Dan dapat dinikmati untuk tetap mengetahui perkembangan dunia melalui internet.

Loading...
loading...
Baca Juga :  Sensor Modul Salwico SM13/11, cara kerja, Data Teknis, Setting Address dan Koneksi
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.