Kabel XLPE

Diposting pada

Efek Cross-Linking Kabel XLPE

Kabel XLPE, XLPE adalah singkatan dari Cross-Linked Polyethylene. Kabel terisolasi bahan-bahan sintestis seperti EPR (Ethylene Propylene Rubber) yang digunakan sebagai bahan pelindung kabel dalam berbagai tegangan.

Bahan polyethylene memiliki sifat listrik yang baik, terutama factor kehilangan dielektrikayang rendah, sehingga memberikan potensi untuk dipakai pada tegangan yang jauh lebih tinggi disbanding  material  PVC.

Cross-linking adalah efek yang dihasilkan dalam vulkanisir rubber untuk bahan seperti ZLPE, jadi proses cross-linking mirip proses vulkanisasi atau curing. Bagian kecil aditif kimiawi dalam polimermemungkinkan rantai molekul dihubungkan secara silang dalam proses formasi kisi dengan hitungan yang tepat setelah ekstrusi.

Baca Juga :  Sirkuit / rangkaian penyearah (Rectifier) pada rangkaian proteksi katodik

Manfaat Efek Cross-Linking

Efek cross-linking adalah untuk menghambat pergerakan molekul dengan saling menarik di bawah stimulasi sehingga memberikan peningkatan stabilitas pada suhu tinggi dibandingkan dengan bahan termoplastik. Kondisi ii memastikan bahwa bahan ini dapat beroperasi pada suhu operasi yang tinggi, baik dalam menghantarkan arus normalmaupun dalam kondisi hubung singkat. Kabel XLPE memiliki tingkat kemampuan menahan arus yang lebih tinggi dibanding bahan PVC lainnya.

Baca Juga :  Pembangkit Listrik Aneh di Dunia

Standar dan Ketentuan

Sesuai ketentuan BS 5467 tentang konstruksi dan persyaratan untuk kabel lapis baja yang diisolasi dengan XLPE dan EPR untuk tegangan tinggi 3,3 kV. Konstruksi ini pada dasarnya mirip dengan kabel PVC atau BS 6346, kecuali perbedaan insulant. Karena ketangguhan XLPE, ketebalan isolasi agak sedikit berkurang disbanding dengan PVC.

Standar diatas mencakup kabel dengan isolasi HEPR (Hard Ethylene Propylene Rubber), tetapi XLPE adalah bahan paling umum/ banyak digunakan.

Baca Juga :  Menghitung Biaya Tagihan Listrik Secara Manual

Untuk kabel XLPE 6,6 kV keatas, memiliki skrin semikonduktor diatas konduktor dan pada setiap core yang terisolasi. Skrin konduktor adalah lapisan tipis yang diekstruksi dalam operasiyang sama dengan insulasi dan dihubungkansilang sehingga kedua bahan tersebut terikat erat. Skrin diatas core dapat berupa lapisan ekstrusi yang serupa atau lapisan cat semikonduktor dengan pita semikonduktor yang dipakainya.

Desain inti / core tunggal dan tiga intidigunakan dan ruang untuk variasi konstruksi tergantung pada kondusi penggunaan, tergantung pada inti yang dikelilingi secara individualatau sebagairangkaian tiga core oleh lapisan logam, yang mungkin merupakan pelindung, selubung atau kabel tembaga.

Konstruksi Kabel XLPE

Konstruksi lapisan baja selubung kabel

Kabel XLPE
  1. Konduktor ikatan melingkar
  2. Skrin Semikonduktor XLPE
  3. Isolasi XLPE
  4. Skrim Tembaga
  5. Filler PVC
  6. Binder
  7. Selubung PVC yang diekstrusi
  8. Armor kawat baja galvanis
  9. Pelindung PVC luar diekstrusi.
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.