Beranda » Mekanik » Keamanan Tekanan Air Rumah

Keamanan Tekanan Air Rumah

Pada saat membeli rumah baru, sering kita mengkhawatirkan keamanan tekanan air rumah dan kualitas instalasi pemipaannya. Hal ini wajar, karena ada resiko jika menggunakan pasokan air lokal yang memiliki tekanan tinggi, hal ini dapat menyebabkan kebocoran pada pipa instalasi, sambungan fiting-fiting dll, namun terlalu rendah tekanan-pun dapat menjadi masalah, membuat pekerjaan rumah yang membutuhkan air jadi terganggu, bahkan mandi-pun jadi tidak menyenangkan.

Memiliki tekanan air yang memadai sangat penting karena memungkinkan penggunaan berbagai sumber air secara bersamaan tanpa memengaruhi fungsi masing-masing. Misalnya, ingin bisa mandi bersamaan dengan pemakaian air untuk sistem mesin pencuci piring dan penyiram yang juga berjalan.

Di sisi lain, terlalu tinggi tekanan air menjadi berbahaya, meningkatkan risiko kerusakan pada pipa, sambungan, perlengkapan, segel dan peralatan di pipa rumah.

Keamanan Tekanan Air Rumah
Keamanan Tekanan Air Rumah

Kekuatan Tekanan Air Rumah

Terlalu tinggi tekanan air pada sepanjang instalasi mungkin tidak akan langsung menyebabkan kebocoran, namun hal ini akan terus menerus menekan sambungan di sepanjang instalasi pipa, sehingga meningkatkan kemungkinan kebocoran atau kerusakan. Memeriksa tekanan air rumah adalah cara sederhana untuk menghindari kerusakan perlengkapan yang mahal.

Baca Juga :  Instrument Mechanical Completion

Tekanan air diukur dalam psi, atau pound per inci persegi, ukuran psi normal untuk sistem pipa rumah adalah antara 30 psi atau 2,06843 BAR hingga 80 psi atau 5,51581 BAR. Meskipun tidak ingin tekanan psi terlalu rendah, harus memastikan tekanan psi antara 60 dan 70.

Tanda Peringatan Tekanan Tinggi

Beberapa faktor mempengaruhi tekanan air dapat mencakup jenis layanan pemasok air perumahan yang tersedia di daerah dan ketinggian posisi rumah. Mengetahui tanda-tanda peringatan tekanan air tinggi dapat menghindari dari masalah yang lebih ekstrim:

  • Kebocoran berulang-ulang pada perlengkapan dan peralatan, tekanan air yang tinggi dapat mendorong segel dan ring keluar dari tempatnya, memungkinkan air untuk melaluinya. Jika masalah sudah diperbaiki dan muncul masalah lagi dan seterusnya, kemungkinan tekanan air dari pemasok terlalu tinggi.
  • Suara hentakan pada pipa air dapat menyebabkan efek “palu air” saat mematikan keran atau menyiram toilet. Jika tidak diperbaiki, hal itu dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pipa.
  • Semburan pada selang terlalu kencang, yang mencakup saluran menuju peralatan seperti mesin pencuci piring dan pembuat es, paling sering terpengaruh.
  • Kerusakan pada peralatan, penyebabnya bisa jadi adalah tekanan air yang tinggi. Segel dan pompa dapat pecah ketika tekanan melebihi apa yang dirancang untuk ditangani.
  • Jika mengalami salah satu masalah ini, segera periksa tekanan air.
Baca Juga :  Ball Valve

Memperbaiki Masalah Keamanan Tekanan Air Rumah

Serahkan pada tukang pipa atau dapat memeriksa sendiri tekanan psi menggunakan alat pengukur tekanan air, misalnya pressure gauge. Pengukur dimasukkan ke keran rumah untuk mendapatkan nilai pembacaan. Jika tekanan air lebih dari 80 psi, mungkin menambah regulator dapat membantu. Pengatur regulator dapat menyesuaikan kebutuhan tekanan air rumah yang di dapat dari pasokan air kota / PDAM. Banyak perangkat pengatur dapat menyesuaikan secara manual atau otomatis untuk memastikan bahwa instalasi perpipaan rumah menerima tekanan air yang sesuai.

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.