Kebebasan

Diposting pada

Sebuah Kebebasan

Kebebasan itu mahal harganya, tidak ternilai dengan uang , benda atau-pun harta. Satu kata yang sangat luas, bagaimana cara kita memandang dan mengartikan-nya.
Bagaimana Indonesia bisa bebas? apa yang di korbankan? Indonesia tidak begitu saja mendapatkan, butuh waktu panjang untuk memperjuangkan.
Beribu nyawa dikorbankan hanya untuk meraih-nya. Jadi bukanlah “liar”, bukan hal hal menyeramkan, bukan sekedar keleluasaan sex yang melawan norma agama , sosial atau lainnya dan menghalalkan segala cara demi dikatakan bebas.
Kebebasan
Kebebasan
Bebas menentukan arah hidup, bebas berekspresi, mengungkapkan segala potensi diri, bebas mengembangkan bakat dan lain – lain. Bebas berfikir,bebas menyampaikan pendapat, bebas memilih.
Suatu langkah yang tidak akan menjadi satu jerat di leher suatu saat nanti. Bayangkan jika kita artikan sebagai hal yang liar? free sex? merebut paksa hak orang? membuat menderita orang lain? tertawa diatas kesengsaraan orang lain?
Apakah suatu hari bukan menjadi jerat yang menggantung kencang leher kita??? Pentingnya sebuah kebebasan adalah berkembangnya akal serta pikiran kita, dengan akal kita bisa memilah mana baik dan buruk, dan dengan pikiran kita dapat memberikan potensi diri untuk kepentingan umum. Kebebasan itu untuk pengabdian, ketulusan dan keterbukaan.
Kebebasan yang terarah akan melahirkan manusia- manusia yang cerdik dengan tingkat kedewasaan mumpuni dan mengarahkan menjadi pribadi yang utuh sebagai manusia yang berkualitas.
Karena itu  sangat luar biasa mahal harganya, tidak dapat dihargai dengan apapun. Apakah mengorbankan satu kebebasan untuk menjadi terkekang? Tentu tidak!
Banyak contoh histori dunia yang menjelaskan-nya, bagaimana orang kulit hitam memperjuangkan hak bebas-nya itu, hak untuk disamakan dengan orang kulit putih.
Bagaimana orang – orang dari kaum minoritas berjuang untuk mendapatkan hak yang sama dengan kaum mayoritas.
Namun kembali lagi dengan bijak memandang, bahwa kebebasan bukan sembarang bebas, namun bebas menentukan hal yang terbaik, bukan keliaran yang terbentuk dan menuju ke arah yang negatif.
Memang perlu diperjuangkan, tidak serta – merta mendapatkan-nya.
Loading...
loading...
Baca Juga :  Kekurangan dan Kelebihan Windows 10 serta Cara Memaksimalkan Kinerjanya
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.