Beranda » Mekanik » Kelebihan Sistem Pneumatik

Kelebihan Sistem Pneumatik

Kelebihan Sistem Pneumatik dan Manfaatnya

Sistem pneumatik menggunakan tekanan udara konstan yang biasanya dihasilkan oleh unit kompresor. Pneumatik banyak digunakan pada mesin-mesin industri, kapal dll. Banyak kelebihan sistem pneumatik dibanding dengan sistem kontrol lainnya, antara lain:

Kelebihan Sistem Pneumatik

Efisien

Udara memiliki yang tidak terbatas yang dibutuhkan untuk menghasilkan udara bertekanan, udara bertekanan dapat dengan mudah disimpan dalam jumlah besar. Udara bertekanan tidak hanya dapat dengan mudah disalurkan melalui pipa tetapi juga setelah digunakan dapat dilepaskan dengan bebas langsung kembali ke atmosfer tanpa pemrosesan lebih lanjut.

Baca Juga :  Cara Membuat PlumbingInstalasi Pipa pada Praktik Plumbing

Andal

Komponen sistem pneumatik relatif memiliki kemampuan yang sangat tahan lama dan andal. Dibandingkan dengan komponen gerak listrik, misalnya dalam pemakaian motor servo atau yang lain, suku cadang pneumatik terbukti tahan lebih lama dan membutuhkan lebih sedikit perawatan.

Sederhana

Komponen sistem pneumatik relatif sederhana, yang membuatnya cocok untuk sistem kontrol otomatis yang tidak terlalu rumit. Dapat memilih banyak pilihan jenis gerakan yang dibutuhkan mesin, termasuk gerakan rotasi linier atau sudut, gerakan maju mundur dengan silinder. Ditambah dengan kemudahan pengaturan kecepatan operasional variabel yang kontinu.

Baca Juga :  Pengertian, macam, jenis dan karakter Stainless Steel

Kelebihan Sistem Pneumatik: Aman

Sistem pneumatik dapat bekerja dan tetap aman di lingkungan yang mudah terbakar tanpa risiko kebakaran atau ledakan. Tidak seperti komponen gerak listrik lainnya, komponen sistem pneumatik tidak menjadi terlalu panas saat kelebihan beban dan oleh karena itu tidak menimbulkan bahaya kebakaran.

Ekonomis

Komponen sistem pneumatik relatif murah, sehingga pengeluaran saat melakukan instalasi untuk sistem pneumatik sangat hemat biaya. Selain itu, karena sistem pneumatik sangat tahan lama dan andal, biaya pemeliharaan jauh lebih rendah dibandingkan dengan sistem kontrol gerak lain.

Baca Juga :  Pertimbangan Pemilihan Kompresor Sesuai Kebutuhan Sistem

Mengapa Memilih Sistem Pneumatik

Ketika menggunakan sistem pneumatik, sistem pneumatik memiliki kelengkapan, mulai dari tombol valve tekan sederhana dalam kotak hingga valve manifold pra-kabel kompleks yang dihubungkan ke strip terminal. Cocok untuk berbagai industri dan aplikasi, rangkaian produk pneumatik memiliki kelebihan soal fleksibilitas, keandalan, dan efisiensi tertinggi saat mengembangkan sistem kontrol gerak apapun bentuknya.

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.