Konsep Dasar GMDSS

Diposting pada

Konsep Dasar GMDSS adalah tentang otoritas pencarian dan penyelamatan di darat sertapengiriman di sekitar kapal atau orang dalam kesulitan akan dengan cepat diberitahu tentang kejadian berbahaya, sehingga mereka dapat membantu dalam pencarian yang terkoordinasi dan melakukan operasi dengan meminimalkan keterlambatan.

Sistem ini menyediakan komunikasi darurat dan keselamatan serta menyebarkan informasi keselamatan laut (peringatan ramalan navigasi dan meteorogis atau informasi darurat lainnya). Setiap kapal dimanapun berada dapat melakukan fungsi komunikasi tersebut demi keselamatan kapal itu sendiri serta kapallain yang beroperasi di area yang sama.

Peraturan dan persyaratan keselamatan ini sesuai aturan konvensi SOLAS 1976 tentang komunikasi radio untuk GMDSS, menyediakan fasilitas darat untuk layanan komunikasi radio laut dan darat, seperti yang direkomendasikan oleh organisasi maritime internasional untuk semua kapal.

Baca Juga :  Penggunaan pengukuran tekanan diferensial (differential pressure)
Konsep Dasar GMDSS
Konsep Dasar GMDSS

Konsep Dasar GMDSS

  1. Mengirimkan peringatan bahaya darikapal ke darat dengan setidaknya memakai dua cara berbeda dan independen, masing-masing menggunakan layanan radio yang berbeda.
  2. Menerima peringatan bahaya dari darat ke laut.
  3. Mengirimkan dan menerima peringatan laut anata kapal.
  4. Mengirimkan dan menerima komunikasi informasi koordinasi pencarian dan penyelamatan.
  5. Mengirimkan dan menerima komunikasi di tempat kejadian.
  6. Mengirimkan dan menerima sinyal untuk mencari lokasi.
  7. Mengirimkan dan menerima informasi keselamatan laut.
  8. mengirimkan dan menerima komunikasi radio umum dari sistem atau jaringan radio berbasis darat.
  9. Mengirimkan dan menerima komunikasi bridge ke bridge.

Pembagian Area Laut

Menyadari berbagai sub sistem radio yang terhubung dalam sistem GMDSS memiliki batasan tersendirisehubungan dengan cakupangeografis dan layanan yang diberikan, peralatan yang diperlukan untuk dibawa oleh kapal ditentukan secara prinsip berdasarkan wilayahoperasi kapal, yang ditetepkan sebagai berikut:

1. Area laut A1

Merupakan area dalam jangkauan telepon radio dari sekurang-kurangnya satu stasiun VHF di darat dimana peringatan DSC (Digital Selective Call) tersedia, sebagaimana dapat ditentukan oleh pemerintah yang memberikan kontrak.

2. Area laut A2

Area yang tidak termasuk pada jangkauan area A1, namun dalam jangkauan telepon radio dari sekurang-kurangnya satu stasiun MF di darat dimana peringatan DSCtersedia, seperti yang dapat ditentukan oleh pemerintah pemberi kontrak.

3. Area laut A3

Area yang bukan seperti area A1 dan A2, area yang terjangkau oleh satelit geostationerInmarsat dimana peringatan terus menerus tersedia.

4. Area laut A4

Area di luar area A1, A2 dan A3

Disemua area operasi, ketersediaan GMDSS adalah diharuskan.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.