Mangalyaan Satelit India pertama memasuki orbit planet Mars

Diposting pada

Seperti yang dikatakan Perdana Menteri India, Narendra Modi bahwa India sedang mencapai masa masa “ near impossible”.

India berhasil mendaratkan probe robot Mangalyaan di planet Mars dan akan mulai bekerja mempelajari atmosfir planet merah itu.
Mangalyaan Satelit India pertama memasuki orbit planet Mars
India menjadi Negara ke empat di dunia yang telah berhasil melakukan hal tersebut setelah sebelumnya Amerika Serikat, Rusia dan Eropa juga telah lebih dahulu melakukan hal yang sama.
Badan antariksa India Space Research Organization mendapatkan ucapan selamat dari NASA. “ Kami mengucapkan kepada @ ISRO untuk kedatangannya di Mars@Mars Orbiter bergabung dalam misi untuk mempelajari Planet Merah”
Sementara itu Mr Modi juga mengucapkan selamat kepada para ilmuwan yang tergabung dalam misi tersebut.” Hari ini, semua yang dari India harus mengucapkan selamat kepada ilmuwan kita. Sekolah, perguruan tinggi harus bertepuk tangan dengan hal ini”.
Menurut sebuah sumber, total biaya misi untuk Mangalyaan ke Planet Mars menghabiskan dana 4,5bn rupee ( atau setara dengan $74 juta ; £ 45m) dan merupakan salah satu misi antar planet termurah yang pernah ada. NASA baru baru ini juga melakukan misi dengan biaya $671m.
Mangalyaan Satelit India pertama memasuki orbit planet Mars
Probe Mangalyaan dalam misinya diharapkan mampu mengambil gambar dari permukaan planet mars sekaligus mempelajari atmosfir disana, mendeteksi metana di udara Mars yang bisa jadi indicator aktifitas biologis di permukaan mars maupun di bawah permukaan.
Mangalyaan yang disebut dengan nama formal Mars Orbiter Mission (MOM) diluncurkan dari pelabuhan antariksa Sriharikota di pantai Teluk Benggala pada 5 November 2013.
MOM bergabung dengan empat misi lainya terdahulu yaitu: Maven (USA), Mars Odyssey (USA), Mars Reconnaissance Orbiter (USA) dan Mars Express (Eropa).

Baca Juga :  Pesawat Drones untuk pertanian (Agricultural Drones)
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.