Mengenal MCCB Compact NSXM

Diposting pada

MCCB Compact NSXM sebuah circuit breaker keluaran Schneider electric ini sudah sangat dikenal di kalangan mekanis atau engineer khususnya. Para mekanis pun sudah sangat familier dengan fungsi utama alat elektronik ini. sesuai dengan namanya circuit breaker, ini memang difungsikan untuk breaker daya.

Breaker dan diskonektor memang hampir sama. Akan tetapi digunakan untuk mengatasi berbagai masalah listrik potensial dalam fasilitas komersial.

Perangkat ini dalam banyak situasi dapat bekerja secara bergantian, tetapi terputus adalah pilihan terbaik untuk banyak aplikasi peralatan komersial. Maka penggunaan circuit breakerlah yang masih tergolong aman untuk segala jenis kebutuhan.

Baca Juga :  Tips untuk Menghindari Sengatan Listrik

Dalam beberapa kasus, diskonektor juga dilengkapi dengan sekering (fusibledisconnects) untuk memberikan perlindungan lebih lanjut, meskipun ini juga mengharuskan sekering diganti jika terjadi masalah listrik.

MCCB Compact NSXM

Mengenal MCCB Compact NSXM dan fungsinya

Akses ke listrik telah menjadi bagian yang sepenuhnya diperlukan dan penting untuk menjaga dan beroperasi dalam bisnis komersial atau industri modern, apapun situasi kepentingannya. Bahkan untuk keperluan sehari-hari dalam kelistrikan rumah tangga sekalipun.

Meskipun demikian, listrik pada dasarnya cukup fluktuatif, sehingga harus ditampung dan direncanakan dengan tepat, dan potensi risiko harus dikurangi.

Banyak perangkat telah diciptakan untuk melakukan fungsi keamanan listrik, yang paling populer dan umum adalah circuit breaker. Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, “apa yang dilakukan circuit breaker?”

MCCB adalah circuit breaker juga. Sederhananya, circuit breaker adalah sistem perlindungan sirkuit otomatis. Breaker dipasang di panel listrik breaker box.

Setiap sirkuit terpasang ke pemecah tunggal. Breaker akan memantau sirkuit dan jika terjadi komplikasi seperti kelebihan beban, breaker akan segera mematikan sirkuit itu.

Ini sering secara bahasa sehari-hari disebut “breaker trip” atau “tripping a breaker” dan itu biasanya terjadi ketika peralatan atau peralatan bertindak atau terlalu banyak alat drawer daya tinggi ditempatkan (dicolokkan ke) satu sirkuit single.

Pikirkan outlet rumah dengan pemanas ruangan, televisi, dan segala ruangan hanya terhubung ke pada satu komponen utama. Ini hampir pasti akan menyebabkan breaker trip, yang akan mematikan akses dan pengoperasian sirkuit itu sampai masalah teratasi dan breaker diatur ulang dan ditempatkan kembali ke posisi semula.

Nah disinilah fungsi MCCB ini. menyeimbangkan arus, memutus sewaktu-waktu jika disinyalir akan terjadinya daya yang berlebih. Sebagai blocking system tepatnya.

MCCB Compact NSXM Beda Dengan Fuse!

Fuses adalah sekering! Sedangkan circuit breaker adalah sirkuit yang berfungsi memutus daya. Sekering dan breaker mempunyai tujuan yang sama secara keseluruhan. Akan tetapi, breaker dalam banyak hal akan lebih unggul dibandingkan fungsi fuse itu sendiri.

Dan fuse tentu saja masih terpakai atau difungsikan, tergantung kebutuhannya pada aplikasi yang berbeda (disesuaikan dengan kebutuhan).

Perbedaan utama antara sekering dan breaker adalah bahwa breaker dapat digunakan kembali sampai habis, yang cenderung memakan waktu cukup lama.

Sekring, di sisi lain, hanya dapat digunakan sekali. Sekering adalah silinder kaca yang berisi filamen tipis. ketika ada konsleting, filamen akan terbakar, kemudian meleleh dan tidak bisa dipakai lagi. Alias RUSAK! dan dalam beberapa kasus, silinder kaca bahkan dapat retak.

Untuk sebagian besar tujuan umum, circuit breaker adalah pilihan ideal. Namun, ada banyak aplikasi, alat, dan situasi yang menuntut sistem pemantauan catu daya yang berbeda, atau kombinasi keduanya untuk memastikan perlindungan.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan manual Anda untuk semua peralatan listrik baru, dan adalah bijaksana untuk bekerja dengan teknisi listrik bersertifikat ketika merencanakan sistem respons daya darurat.

Jika Anda mencari peralatan keamanan listrik untuk bisnis Anda, MCCB Compact NSXM adalah solusi terbaik. MCCB menyediakan solusi kontrol daya khusus. jadi apa pun aplikasi atau peralatan yang Anda miliki, MCCB memiliki komponen dan produk yang ideal untuk dicocokkan.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.