Mesin Pemotong Fiber Laser

Diposting pada

Apa Itu Mesin Pemotong Fiber Laser

Mesin pemotong fiber laser adalah alat pemotong yang memanfaatkan cahaya laser yang difokuskan menjadi sinar laser dengan kepadatan tinggi melalui sistem jalur optik.

Sinar laser yang dimampatkan tersebut diarahkan ke benda kerja yang menyebabkan benda kerja mencapai titik leleh / didih.

Dengan gerakan yang rapi atau teratur benda tersebut akan terpotong sesuai arah gerak sinar laser atau sesuai kebutuhan bentuk pemotongannya.

Baca Juga :  Chipset Rumah Pintar Nirkabel Multi-Protokol RS9116N-DBT dari Redpin Signal

Dibanding Dengan Pemotongan Tradisional

Proses pemotongan dengan sinar laser menggantikan metode pemotongan tradisional semacam alat pemotong mekanis. Mesin pemotong fiber laser memiliki presisi tinggi, kecepatan potong yang lebih, tidak terbatas pada pola pemotongan, hasil pemotongannya halus, biaya pemrosesan rendah dan tentunya menghemat bahan.

Bagian mekanis dari kepala pemotong laser ini tidak bersentuhan langsung dengan benda kerja, sehingga tidak akan menggores permukaan bahan selama proses pemotongan.

Baca Juga :  Komponen Pneumatik

Kecepatan pemotongan cepat dan halus sehingga tidak membutuhkan proses lanjutan bagi benda kerja. Area yang terkena panas sempit, deformasi pelat kecilhanya 0,1 mm hingga 0,3 mm.

Selama proses pemotongan tidak ada tekanan secara mekanis, sehingga tidak ada kerusakan pada permukaan material. Dengan sistem yang terprogram pada mesin, dapat diproses gambar pemotongan model apapun, bisa menghabiskan seluruh area bahan kerja tanpa cetakan, ekonomis karena hemat waktu.

Baca Juga :  Pengisian Cepat Kabel USB-C

Bahan Apa Saja Yang Bisa Dipotong Menggunakan Mesin Pemotong Fiber Laser?

Mesin pemotong fiber laser dapat memotong semua jenis logam, misalnya:

  • Baja struktural
  • Stainless Steel
  • Besi
  • Aluminium
  • Baja karbon
  • Titanium
  • Kuningan
  • Tembaga

Penggunaan Mesin Pemotong Fiber Laser

Penggunaan mesin ini sangat luas, mencakup banyak bidang industri dan merupakan alat penting dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

  1. Pada dunia periklanan alat ini digunakan sebagai alat pemotong logo dari stainless steel, pembuatan huruf yang presisi
  2. Pada dunia pengolahan lembaran logam, misalnya produksi cabinet sasis, pembuatan box-box panel listrik, peralatan dapur, mobil, mesin, mata gergaji, spring sheet, papan sirkuit dll.

Komponen Mesin Pemotong Fiber Laser

Mesin Pemotong Fiber Laser
Pengukuran Akurasi Ketinggian

Mesin ini terdiri dari tiga bagian utama, yakni:

1. Frame Heavy Duty

Rangka yang kuat terbuat dari bahan logam digunakan untuk menempatkan benda kerja yang dibuat dengan sangat presisi, mengingat di frame inilah perangkat lainnya diletakkan.

2. Sistem Transmisi

Ini adalah bagian optik transmisi dan komponen mekanis dari seluruh proses, mulai dari sinar yang dipancarkandari generator laser ke benda kerja.

3. Sistem Kontrol CNC

Termasuk mengontrol sumbu X, Y dan Z, dan mengontrol daya output generator.

Servo Motor Pemotong Fiber Laser
Motor Servo

Selain tiga bagian utama tersebut, terdapat bagian lain pada mesin, yaitu:

1. Outside Light Path

Berupa cermin bias yang digunakan untuk mengarahkan laser kea rah yang diinginkan. Cermin ditutup bahan pelindung agar meminimalisir kegagalan arah sinar, dan juga menggunakan tekanan gas pelindung yang diarahkan ke lensa untuk selalu membersihkan bagian lensa dari kotoran.

Satu set lensa yang bekerja dengan baik akan memfokuskan sinar tanpa perbedaan ke titik yang takterhingga.

Lensa 7,5 inch hanya dipakai untuk bahan setebal > 12mm.

2. Stabiliser Tegangan

Bagian pemasok daya utama untuk bagian generator laser dan komponen-komponen listrik dan elektronika di rangka. Tegangan yang stabil sangat penting untuk mengamankan komponen-komponen tersebut dari lonjakan tegangan dll.

3. Kepala Pemotong Fiber Laser

Termasuk bagian: holder lensa pemfokus, lensa pemfokus,sensor kapasitif dan nozzle gas. Perangkat penggerak kepala pemotong ini digunakan untuk menggerakkan kepala pemotong di sepanjang sumbu Z sesuai program yang diinputkan, terdiri dari motor servo, batang ulir atau roda gigi dan komponen bantu lainnya.

4. Sistem Pendingin Air Mesin Pemotong Fiber Laser

Digunakan sebagai pendingin kepala laser dan generator laser. Laseradalah perangkat yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya, laser fiber memiliki tingkat konversi lebih dari 25% dan energi yang tersisa berubah menjadi panas.

Panas yang dihasilkan dari laser membutuhkan pendingin, air berfungsi sebagai pendingin bagian ini. Selain itu pendingin air juga berfungsi sebagai pendingin cermin jalur cahaya eksternal serta lensa pemfokus untuk memastikan kualitas sinar stabil, dan secara efektif mencegah lensa menjadi panas.

5. Gas

Gas bantu ini digunakan untuk memasok gas tambahan ke kepala pemotong, terutama untuk jenis mesin pemotong laser yang bekerja dengan gas medium dan gas bantu.

Laser Generator Pemotong Fiber Laser

Prinsip Kerja Mesin Pemotong Fiber Laser

Laser adalah jenis cahaya, cahaya dihasilkan oleh transisi atom (molekul, ion dll). Namun tidak seperti cahaya biasa, laser bergantung terhadap radiasi spontan saat pertama kali.

Karena proses sepenuhnya ditentukan oleh cahaya eksitasi, laser memiliki warna yang murni, hampir tidak ada arah yang berbeda dan intensitas cahaya yang sangat tinggi dengan koherensi tinggi pula.

Penerapan Energi Kepadatan Cahaya

Pemotong laser menerapkan energi kepadatan daya yang tinggi yang dihasilkan dari pemfokusan sinar laser. Dengan kendali computer, laser dikeluarkan dengan pulse / denyut untuk menhasilkan pengulangan yang terkontrol dari denyut laser frekuensi tinggi untuk membentuk berkas frekuensi tertentu dengan lebar pulse tertentu.

Denyutan dari sinar laser dipantulkan oleh jalur optik kemudian difokuskan oleh beberapa unit lensa pemfokus. Pada permukaan objek yang diproses, titik sinar dengan kerapatan tinggi dan halus terbentuk.

Titik fokus sinar tersebut berada dekat dengan permukaan yang akan diproses mengakibatkan bahan meleleh / gasifikasi pada suhu yang tinggi dalam sekejap.

Setiap denyut yang dihasilkan dari pulse laser berenergi tinggi secara instan menghasilkan lubang kecil di permukaan objek, sehingga terjadi proses pemotongan dengan arah yang ditentukan oleh pemrograman.

Dengan kendali computer, kepala pemotong memproses bahan sesuai plot secara berurutan sesuai pola yang telah digambar pada program sebelumnya. Dan terbentuklah objek sesuaibentuk pola yang diinginkan.

Cara Menentukan Kualitas Hasil Pemotongan Fiber Laser

Faktor utama yang menentukan kualitas pemotongan adalah akurasi pemotongan. Ada empat faktor yang mempengaruhi akurasi pemotongan mesin fiber laser, yaitu:

1. Ukuran Kohesi Laser Dari Generator Laser

Jika setelah kohesi, sinar laser sangat kecil, maka presisi pemotongan menjadi sangat tinggi. Setelah proses pemotongan, celahnya juga akan sangat sempit. Ini berarti bahwa pemtongan berkualita dan presisi pemotongan sangat baik.

Jika sinar dari generator laser besar, maka celah pemotongan juga menjadi lebar, dalam kondisi ini, semakin tebal benda kerja maka akan semakin lebar celahnya.

2. Ketepatan Bingkai / Rangka

Sangat penting untuk selalu memeriksa setiap bagian frame. Kondisi vertikal dan horisontal bingkai harus sangat bagus, toleransi hingga 0,1 mm saja pada setiap bagiannya.

3. Bentuk Sinar Laser

Jika bentuk sinar dari generator laser lancip, maka celah pemotongan juga akan lancip. Dalam keadaan ini, semakin tebal benda kerja, maka semakin besar celahnya.

4. Bahan Yang Berbeda Akan Menyebabkan Kualitas Pemotongan Yang Berbeda

Dalam kondisi yang sama, ternyata ada perbedaan besar antara memotong stainless steel dan aluminium. Untuk memotong stainless steel, presisi dan cutting edge akan lebih baik daripada aluminium.

Secara umum kualitas pemotongan dari mesin pemotong fiber laser ditentuka oleh 5 standar sebagai berikut:

  • Kualitas kepala pemotong. RZ
  • Ukuran terak dari kepala pemotong
  • Tegak lurus dan kecenderungan pemotongan. U
  • Ukuran fillet kepala pemotong
  • Kerataan bahan. F
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.