Beranda » Mesin » Mesin Pemotong Laser Fiber

Mesin Pemotong Laser Fiber

Tentang Mesin Pemotong laser Fiber

Mesin pemotong laser fiber adalah laser yang memancarkan cahaya dan memfokuskannya menjadi sinar terfokus dengan densitas daya tinggi melalui sistem jalur optik.

Sinar laser dipancarkan ke permukaan benda kerja, menyebabkan benda kerja mencapai titik leleh atau titik didihnya, sementara koaksial gas bertekanan tinggi dengan sinar meniup logam yang telah mencair.

Dengan pergerakan posisi relatif antara balok dan benda kerja, bahan akhirnya terpotong hingga sepanjang garis pemotongan. Proses pemotongan laser menggantikan pisau mekanis tradisional dengan balok tak terlihat.

Ini memiliki presisi tinggi, kecepatan potong cepat, tidak terbatas pada pembatasan pola pemotongan, dan menghemat bahan dengan pengaturan otomatis, memiliki potongan halus, dan biaya pemrosesan rendah.

Mesin ini secara bertahap akan meningkatkan atau mengganti peralatan proses pemotongan logam tradisional. Bagian mekanis dari kepala pemotong laser tidak bersentuhan langsung dengan benda kerja. Sehingga tidak akan menggores permukaan benda kerja selama proses.

Kecepatan pemotongan laser lebih cepat dan hasil potongannya halus dan rata. Umumnya tidak diperlukan pemrosesan selanjutnya.

Zona yang terkena panas kecil, deformasi pelat kecil, dan celahnya sempit (0,1 mm ~ 0,3 mm); Tekanan nominal, tidak membutuhkan gerinda pemotongan; Mesin dengan presisi tinggi, tidak ada kerusakan pada permukaan material, dapat memproses rancangan dan model apa pun, dapat memotong seluruh permukaan dengan ukuran besar, tanpa cetakan, ekonomis dan hemat waktu.

Mesin Pemotong Laser Fiber

Bahan Yang Dapat Dipotong Oleh Mesin Pemotong Laser Fiber

Mesin pemotong laser fiber dapat memotong semua jenis logam. Seperti, baja struktural, baja tahan karat, besi, aluminium, baja karbon, titanium, kuningan dan tembaga.

Aplikasi Mesin Pemotong Laser Fiber

Aplikasi mesin pemotongan laser fiber sangat luas, mencakup banyak industri, dan merupakan salah satu peralatan yang diperlukan bagi banyak perusahaan. Seperti industri periklanan, biasanya digunakan dalam pemotongan logo stainless steel, industri pengolahan logam lembaran, produksi kabinet chassis, produksi spring sheet yang membutuhkan pekerjaan presisi tinggi, bagian kereta bawah tanah, pabrikan elevator, pabrikan dapur dapur.

Dapat dikatakan bahwa mesin pemotongan laser fiber banyak digunakan dalam pemrosesan lembaran logam, pembuatan tanda iklan, pembuatan kabinet listrik tegangan tinggi dan rendah, bagian mekanis, peralatan dapur , mobil, mesin, kerajinan logam, mata gergaji, suku cadang listrik, industri kacamata, lembaran pegas, papan sirkuit, ketel listrik, elektronik mikro medis, perangkat keras, alat pengukur pisau dan industri lainnya.

Komponen Mesin Pemotong Laser Fiber

Itu terbuat dari tiga bagian penting

Rangka Dasar

Biasanya dilas dengan tabung dan lembaran logam. Ini dapat memberikan waktu layanan yang lama dan dengan pengukuran tingkat tinggi, untuk memastikan ketepatan pekerjaan.

Ini digunakan untuk menempatkan benda kerja yang akan dipotong dan dapat dipindahkan secara akurat dan tepat sesuai dengan program kontrol. Biasanya digerakkan oleh motor servo.

Sistem Transmisi Sinar

Optik transmisi dan komponen mekanis dari seluruh proses dari sinar yang dipancarkan dari generator laser ke benda kerja.

Baca Juga :  CNC Seri CSF-ED Mesin Pemotong Plasma

Sistem Kendali CNC

Ini memberikan pergerakan X, Y dan Zaxis. Juga dapat mengontrol daya output generator.

Selain tiga bagian penting dari mesin pemotong laser fiber, ada juga bagian lain untuk mesin pemotong laser fiber.

Jalur cahaya luar

Berupa cermin bias yang digunakan untuk mengarahkan laser ke arah yang diinginkan. Untuk mencegah kegagalan jalur pancaran, semua cermin harus dilindungi oleh penutup pelindung, dan gas pelindung bertekanan positif bersih dimasukkan untuk melindungi lensa dari kontaminasi.

Seperangkat lensa yang berkinerja baik akan memfokuskan sinar tanpa divergensi ke dalam titik yang sangat kecil. Lensa dengan panjang fokus 5,0 inci umum digunakan. Lensa 7,5 inci hanya digunakan untuk material dengan tebal> 12mm.

Suplai Tegangan yang Distabilkan

Ini menghubungkan antara generator laser, bingkai dan sistem catu daya. Terutama untuk mencegah gangguan jaringan listrik eksternal.

Head Pemotong Laser Fiber

Ini terutama mencakup bagian-bagian seperti rongga, pemegang lensa pemfokus, lensa pemfokus, sensor kapasitif dan nosel gas tambahan. Perangkat penggerak kepala pemotongan digunakan untuk menggerakkan kepala pemotongan sepanjang arah sumbu Z sesuai dengan program, dan terdiri dari motor servo, batang sekrup atau roda gigi, dan seterusnya.

Sistem Pendingin Air

Ini digunakan untuk pendinginan head laser dan generator laser. Laser adalah perangkat yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Misalnya, laser fiber umumnya memiliki tingkat konversi lebih dari 25%, dan energi yang tersisa diubah menjadi panas.

Air pendingin menghilangkan panas berlebih untuk menjaga generator laser. Unit ini juga mendinginkan cermin jalur cahaya eksternal dan lensa pemfokus untuk memastikan kualitas transmisi sinar yang stabil, dan secara efektif mencegah lensa menjadi terlalu panas yang menyebabkan deformasi atau meledak.

Gas

Termasuk mesin pemotong laser yang mengerjakan gas, ini digunakan untuk memasok gas tambahan untuk head pemotong.

Peralatan Standar Lain

Seperti kompresor udara, Filter, exhaust fan, dll.

Prinsip Kerja Mesin Pemotong Laser Fiber

Laser adalah sejenis cahaya. Seperti jenis cahaya lainnya, cahaya ini juga dihasilkan oleh transisi atom (molekuler atau ionik, dll.). Namun, tidak seperti cahaya biasa, sinar laser bergantung pada radiasi spontan hanya untuk waktu yang sangat singkat.

Karena proses sepenuhnya ditentukan oleh eksitasi cahaya, laser memiliki warna yang sangat murni, hampir tidak ada arah yang berbeda, dan intensitas cahaya yang tinggi serta koherensi yang tinggi.

Pemotongan laser fiber menerapkan energi kepadatan daya tinggi yang dihasilkan oleh pemfokusan laser. Di bawah kendali komputer, laser dilepaskan oleh pulsa ke output repetisi terkontrol dari laser berdenyut frekuensi tinggi untuk membentuk berkas dengan frekuensi tertentu dan lebar pulsa tertentu.

Sinar laser berdenyut dipancarkan dan dipantulkan oleh jalur optik kemudian difokuskan oleh satu set lensa fokus. Pada permukaan objek yang diproses, titik cahaya halus dengan kepadatan energi tinggi terbentuk.

Titik fokus terletak di dekat permukaan yang akan diproses, dan bahan yang diproses dilebur atau digasifikasi pada suhu tinggi dalam sekejap. Setiap pulsa laser berenergi tinggi secara instan menyembur dan menghasilkan lubang kecil di permukaan objek.

Di bawah kendali komputer, head laser dan bahan yang akan diproses secara berurutan digeser dan diplot sesuai dengan pola yang telah digambar sebelumnya, sehingga objek tersebut diproses menjadi bentuk yang diinginkan.

Baca Juga :  CNC EDGE Pro

Menentukan Kualitas Pemotongan Mesin Pemotong Laser Fiber

Akurasi pemotongan merupakan faktor pertama dalam menentukan kualitas mesin pemotongan laser CNC. Empat faktor yang mempengaruhi keakuratan pemotongan mesin pemotongan laser CNC.

Ukuran Kohesi Laser Generator

Jika setelah kohesi, sinar laser sangat kecil, presisi pemotongan akan sangat tinggi. Setelah pemotongan, celahnya juga akan sangat kecil. Hal ini menjelaskan bahwa kualitas pemotongan dan presisi pemotongan sangat baik, jika sinar dari generator laser besar, maka celah pemotongan juga besar. Pada kondisi ini, semakin tebal benda kerja maka semakin besar celahnya.

Ketepatan Rangka

Sebelum bekerja, kita perlu memeriksa setiap bagian bingkai. Bingkai vertikal dan horizontal harus sangat bagus. Jika ada deviasi 0.1mm pada setiap bagian, dengan mesin bekerja maka akan semakin besar.

Bentuk Sinar Laser

Jika sinar dari generator laser lancip, maka celah pemotongan juga lancip. Pada kondisi ini semakin tebal benda kerja maka semakin besar celahnya.

Material yang berbeda juga akan menyebabkan kualitas pemotongan yang berbeda pula

Misalnya, dalam kondisi yang sama, terdapat perbedaan besar dalam memotong baja tahan karat dan aluminium. Untuk baja tahan karat presisi dan cutting edge akan lebih baik daripada aluminium.

Secara umum, kualitas pemotongan mesin pemotongan laser fiber dapat ditentukan oleh 5 standar berikut:

  • Kualitas
  • Ukuran terak dari ujung head
  • Kestabilan dan kemiringan pemangkasan
  • Ukuran fillet cutting edge
  • Kerataan

Cara Mengoperasikan Mesin Pemotong Laser Fiber

Para pemula harus dilatih oleh para profesional untuk beroperasi secara mandiri. Berdasarkan pengalaman kami, 13 detail pengoperasian mesin pemotongan laser yang aman:

  • Patuhi aturan keselamatan mesin pemotongan. Nyalakan laser secara ketat sesuai dengan prosedur start up laser
  • Operator harus dilatih untuk terbiasa dengan struktur dan kinerja peralatan dan pengetahuan sistem operasi
  • Gunakan kacamata jika beroperasi di dekat sinar laser fiber
  • Sebelum mengetahui apakah bahan tersebut cocok untuk laser fiber, jangan diolah karena dapat menimbulkan uap dan asap
  • Saat mulai beroperasi, operator tidak dapat meninggalkan atau menyerahkan kepada orang lain. Jika perlu keluar, operator harus mematikan mesin
  • Letakkan alat pemadam kebakaran di dekat Anda. Matikan mesin jika tidak beroperasi. Jangan meletakkan kertas, kulit atau bahan yang mudah terbakar lainnya di dekat sinar laser
  • Jika menemukan situasi yang tidak normal saat mengoperasikan, segera hentikan mesin dan selesaikan masalah atau beri tahu teknisi
  • Jaga agar laser, bingkai dan area sekitarnya bersih, teratur dan bebas minyak Letakkan benda kerja, lembaran logam dan scarp ditumpuk sesuai kebutuhan
  • Saat menggunakan gas, kondisi kabel las harus dijaga untuk menghindari kecelakaan kebocoran. Penggunaan tabung gas dan transportasi harus sesuai dengan prosedur pemantauan silinder. Jangan biarkan silinder terkena sinar matahari atau di dekat sumber panas. Saat membuka katup botol, operator harus berdiri di sisi mulut botol
  • Patuhi peraturan keselamatan tekanan tinggi saat melakukan servis. Setiap 40 jam operasi atau perawatan mingguan, setiap 1000 jam operasi, atau setiap enam bulan perawatan, harus dilakukan sesuai dengan peraturan dan prosedur
  • Setelah menyalakan mesin, nyalakan mesin secara manual dengan kecepatan rendah di jalur X dan Y untuk memeriksa apakah ada ketidaknormalan
  • Setelah program komponen baru dimasukkan, harus diuji dan diperiksa operasinya
  • Saat bekerja, perhatikan pengoperasian rangka mesin untuk menghindari mesin mendapatkan di luar jangkauan efektif atau dua mesin tabrakan yang menyebabkan kecelakaan.
Baca Juga :  CNC Router

Perawatan Harian Mesin Pemotong Laser Fiber

Rangka

  • Sebelum menyalakan mesin setiap hari, periksa dengan cermat kondisi kerja gas kerja laser dan gas pemotong. Jika tekanan gas tidak cukup, maka harus segera diganti
  • Periksa apakah titik nol sumbu X, titik nol sumbu Y, titik nol sumbu Z, status persiapan laser, dll rusak, (periksa indikator)
  • Periksa apakah ada kelonggaran titik nol, sakelar batas sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z dan sekrup pemasangan blok benturan, dan apakah sakelar batas setiap sumbu sensitif.
  • Periksa apakah level air yang bersirkulasi di chiller sudah memadai. Jika tidak mencukupi, maka harus ditambahkan tepat waktu
  • Periksa apakah ada kebocoran pada sirkuit air yang bersirkulasi pada jalur lampu eksternal. Kebocoran harus ditangani tepat waktu, jika tidak maka umur lensa optik akan terpengaruh.
  • Setelah setiap hari memotong, periksa kerusakan pada lensa lensa fokus
  • Periksa apakah bellow jalur cahaya luar terbakar atau rusak
  • Setelah menyelesaikan pekerjaan, bersihkan tempat kerja, dan menjaga tempat kerja tetap rapi dan bersih. Pada saat yang sama, lakukan pembersihan peralatan dengan baik untuk memastikan bahwa semua bagian peralatan bersih dan bebas dari kotoran
  • Setelah pekerjaan sehari-hari selesai, katup pembuangan dari penampung udara di bagian bawah kompresor udara dibuka untuk mengalirkan, dan katup pembuangan ditutup setelah air limbah dibuang.
  • Setelah pekerjaan harian selesai, tekan langkah shutdown untuk mematikan, lalu matikan total daya seluruh mesin

Lensa dan Cermin

  • Permukaan lensa optik (cermin, lensa pemfokusan, dll.) Jangan sampai langsung disentuh tangan. Ini dapat dengan mudah menyebabkan goresan pada permukaan cermin. Jika ada minyak atau debu di cermin, itu akan sangat mempengaruhi penggunaan lensa dan lensa harus dibersihkan tepat waktu.
  • Lensa optik tidak boleh dicuci dengan air atau deterjen. Permukaan lensa dilapisi dengan film khusus. Membersihkan lensa dengan ini akan merusak permukaan lensa
  • Jangan letakkan lensa di tempat yang gelap dan lembab. Hal ini akan menyebabkan permukaan lensa menua
  • Permukaan lensa tertutup debu, kotoran, atau uap air, dan mudah menyerap laser dan menyebabkan kerusakan lapisan lensa; ringan mempengaruhi kualitas sinar laser, dan berat tidak dihasilkan oleh sinar laser
  • Jika lensa rusak, hubungi pelayanan produk untuk memperbaikinya. Cobalah untuk tidak menggunakan lensa yang rusak. Jika tidak maka akan merusak lensa yang dapat diperbaiki
  • Jangan menggunakan terlalu banyak tekanan saat memasang atau mengganti kaca spion atau lensa fokus, karena ini dapat menyebabkan distorsi lensa dan mempengaruhi kualitas sinar.

Generator laser

  • Generator laser harus dipertahankan sebelum memulai setiap hari
  • Periksa tekanan air pendingin dipertahankan antara 3,5-5 Pa
  • Periksa suhu air pendingin, sebaiknya suhu air yang diperlukan untuk generator laser yang dipilih
  • Periksa ketinggian level oli di pompa vakum generator laser. Jika tidak, tambahkan
  • Periksa apakah ada kebocoran pada saluran oli, air, dan gas generator laser, dan apakah pompa vakum atau komponen pneumatik di resonator bocor.
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.