Mesin Stone Crusher

Diposting pada

Tentang Mesin Stone Crusher

Mesin Stone Crusher di Indonesia orang mengenal sebagai mesin pemecah batu, adalah unit mesin yang dibuat untuk dipergunakan sebagai pemecah batu dari ukuran batu besar menjadi batu kerikil / lebih kecil.

Baca Juga :  Pengertian, macam, jenis dan karakter Stainless Steel

Fungsi dan Kegunaan Mesin Pemecah Batu

Fungsi utama mesin ini adalah memecah batu-batu besar berbagai jenis yang didapatkan dari alam menjadi ukuran yang lebih kecil. Ukuran yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Fungsi yang lain adalah sebagai mesin pemisah butir batuan yang dihasilkan dari bagian pemecah dengan berbagai macam ukuran yang terpisah, pemisah batu ini biasanya berupa skrin /saringan.

Baca Juga :  Cara Menggambar Plumbing Dan Langkah-Langkah Sebelum Menggambar Plumbing

Spesifikasi produksi dari alat pemecah batu ini tergantung kepada kebutuhan, misalnya sebagai koral cor bangunan, koral / split agregat dalam pembangunan jalan aspal.

Mesin Stone Crusher

Tahap-tahap Pemecahan Batu

Ada beberapa tahap dalam proses pemecahan batu dari batu berukuran besar / sangat besar menjadi batu-batuan kecil, proses ini disebut dengan proses crushing.

Proses crushing dilakukan dengan peralatan yang berbeda-beda sesuai tugas dan fungsinya. Tahap-tahap prosesnya dilakukan oleh mesin-mesin sebagai berikut:

Primary Crusher

Merupakan proses pemecahan tahap pertama berupa mesin dengan pondasi kokoh untuk menghancurkan batu-batu ukuran besar yang memiliki throughput tonase yang besar.

Terdiri dari bagian cangkang gigi-gigi yang kuat dan sangat keras di dalam sebuah wadah cekung yang disebut “breaking head”/ kepala pemecah. Kepala pemecah ini dipasang pada poros tengah yang diputar oleh motor hidrolik dan ditahan secara mekanis oleh piston hidrolik.

Ujung bawah spindle dihubungkan ke susunan beveldan pinion dengan gigi lurus atau spiralyang pada saat diputar menggerakkan bagian bawah poros secara eksentrik.

Untuk beberapa model, spindle dipasang di bagian atas dan bawah dan dapat bergerak kesamping untuk melakukan proses penghancuran batu.

Jenis-jenis mesin Primary Crusher

Jaw Crusher (Pemecah Berbentuk Rahang)

Mesin Stone Crusher Jaw Crusher

Sebagai primary crusher, mesin ini bertugas mengurangi ukuran pada tahap pertama, sebelum dipecah kembali oleh mesin pemecah lanjutan.

Jenis Jaw chrusher paling sesuai untuk batuan jenis sedimenhingga batuan yang paling keras seperti granit / basalt.

Jaw Crusher merupakan mesin penekan dengan rasio pemecahan 6:1.

Kelebihan pemecah jenis ini adalah konstruksi yang sederhana, murah dan kebutuhan tenaga yang relative sedikit. Masalah ukuran kemampuan pemecahan ditentukan oleh feed opening(bukaan) dan tingkat kekerasan batuyang akan dipecah.

Gyratory Crusher (Pemecah Girator)

Bagian pemecahnya berbentuk Conis, bentuknya mirip dengan Jaw Crusher, perbedaannya terletak pada cara memberikan tekanan,yaitu untuk gratory crusher memberikan tekanan ke batu dari samping.

Hasil pemecahan mesin jenis ini rata-rata berbentuk kubus dan agak seragam, hal ini karena bentuk lengkung dari cone dan bowl memiliki permukaan cekung (concave).

Impact Crusher (pemecahan jenis pukulan)

Baik digunakan untuk memecah batu-batuan kapur,atau pada material abrasi rendah. Impact crusher ada dua jenis, yaitu impact breaker dan hammer mill.

kedua jenis Impact crusher diatas pada prinsipnya adalah sama, bedanya adalah pada rotor serta ukurannya.Impact breaker memiliki satu atau dua buah rotor dengan ukuran yang lebih besardaripada jenis hammer mill.

Jenis impact breaker menghasilkan produk berbentuk seperti kubus, meskipun bahan nya merupakan batu lempengan, hal ini meningkatkan kualitas agregat dan mempertinggi kapasitasplant.

Secondary Crusher

Merupakan proses pemecahan tahap kedua yang merupakan mesin penghancur batu untuk mengurangi ukuran serpihan yang dihasilkan dari mesin Primary Crusher. Yang dihasilkan adalah ukuran batu yang lebih kecil dari proses pertama.

Jenis-jenis secondary crusher antara lain adalah:

Cone Crusher

Mesin Stone Crusher Cone Crusher

Cone Crusher dapat digunakan untuk pasir dan kerikil serta material yang memiliki butir asal sebelum pemecahan, ukuran produksi 20-25 cm dimana tidaklagi menggunakan primary crusher.

Roll Crusher

Untuk memproduksi ukuran tertentu diperlukan jenis roll crusher,memiliki variasi pemecahan yang lebih besar dibanding jenis crusher lainnya. Mesin ini merupakan jenis pemecah dengan tekanan, kapasitasnya tergantung pada jenis batu, ukuran dari primary crusher, ukuran yang dinginkan, lebar roda dan kecepatan roda berputar.

Berdasar jumlah roll yang digunakan, jenis roll crusher dibagi dalam jenis sebagai berikut:

  • Single Roll (silinder tunggal, biasanya digunakan dalam memecah batuan yang lembab dan tidak menguntungkan jika menggunakan pemecah yang abrasive. Rasio pemecahannya adalah 7 : 1.
  • Double Roll (silinder ganda), memiliki rasio pemecahan 2 hingga 2,5 :1.
  • Triple Roll (silinder tiga), memiliki rasio pemecahan 4 hingga 5 : 1.

Hammer Mill (pemecah jenis pemukul)

Jenis ini digunakan untuk memecah batuan kapur berkualitas tinggi, dengan kadar abrasive tidak lebih dari 5%,menghasilkan lebih banyak materialhalus.

Tertiary Chrusher

Merupakan tahap lanjutan untuk menyesuaikan ukuran agregat sesuai kebutuhan. Ukuran dapat disesuaikan dengan pengaturan pada mesin.

Jenis-jenis mesin pemecah Tertiary Crusher antara lain:

Mesin Stone Crusher Roll Crusher

Roll Crusher (pemecah berbentuk silinder)

Selain sebagai crusher sekunder seperti yang dijelaskan diatas, roll crusher juga dapat digunakan sebagai crusher tersier.

Rod Mill (pemecah berbentuk batang)

Digunakan untuk menghasilkan material yang lebih halus.

Ball Mill (pemecah berbentuk bola)

Sama seperti Rod Mill, hanya berfungsi sebagi penghalus material /batuan.

Meskipun ada berbagai jenis mesin pemecah dengan urutan pemakaian seperti diatas, pada prakteknya proses pemecahan batu hanya sampai pada tahap kedua. Dengan hanya menggunakan Jaw to Jawyaitu Jaw pertama sebagai crusher primer / utama dan Jaw selanjutnya sebagai crusher sekunder.

Beberapa alasan sehingga hanya menggunakan jenis Jaw to Jawa adalah karena:

  1. Konstruksi yang sederhana,
  2. Hemat dan hanya membutuhkan daya yang relative sedikit.
  3. Kapasitas produksi yang besar.

Bagian-bagian Mesin Stone Crusher

Bagian dari crusher antara lain:

Feeder dan Hopper

Feeder dan hopper berfungsi mengatur aliran dan sebagai pemisah bahan yang akan dimasukkan ke mesin. Ada beberap jenis feeder, yaitu:

Bagian mesin pemecah batu Appron Feeder

Appron Feeder

Digunakan untuk batuan yang masuk kedalam Primary Crusher, dirancang sebagai konstruksi heavy duty untukmenahan beban kejut saat proses penumpahan batu batuan.

Reciprocating Plate Feeder (Plat pengumpan bolak-balik)

Dipakai untuk material yang diambil dari gravel pit, material ini berukuran kecil dan kadang tidak memerlukan pemecahan sehingga dikeluarkan dari materialbesar.

Grzzly Feeder (saringan pemisah pertama)

Seperti AppronFeeder, hanya diberi tambahan pemilih ukuran batu yang akan dipecah. Pada feeder ini, butiran-butiran yang ukurannya lebih kecil dari ukuran rongga pada rantaifeeder akan jatuh keluar.

Chain Feeder

Pada alat ini, batu masuk karena berat sendiri melalui suatu saluran.

Scalping Unit (kisi-kisi saringan)

Scalping dipakai sebagai lanjutan feeder yang berupa kisi-kisi (grid) yang diam atau bergetar.

Grizzly Bar(Batang-batang Pemisah)

Digunakan pada scalping unit, bentuknya berupa batang-batang (bars) besi parallel yang satu dengan lainnya memiliki jarak, sipasang miring kea rah pit sehingga batu yang ukurannya lebih besar dari jarak antar batang akan melewatinya/ tidak masuk ke crusher.

Jarak antara batang besi dapat diaturdengan ukuran batu(feed) yang diinginkan oleh primary crusher.

Conveyor / Bucket Elevator

Bucket Elevator Mesin Pemecah Batu

Merupakan komponen dari peralatan Mesin Stone Crusher yang berfungsi sebagai pemindah material secara langsung dalamproses dari satu unit ke unit yang lain atau dari tahap pertama ke tahap kedua dan selanjutnya.

Terdiri dari unit Joint Conveyor, discharge conveyor, Feed Conveyor dan Return Conveyor.

Bin dan Hopper Bawah

Peralatan pemecah batu yang berfungsi sebagai penampung sementara atau sebagai container yang besar untuk menyimpan material permanen atau material stock pile.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.