Beranda » Instrumentasi » Mikrokontroler Terbaik di Pasaran 2021

Mikrokontroler Terbaik di Pasaran 2021

Mikrokontroler Terbaik – Pandemi covid 19 memberi pengaruh langsung terhadap produksi perangkat komponen elektronika seperti SBC (single board computers), CPU, GPU, dan elektronik lainnya. Terutama pada tingkat sumber daya yang terbatas.

Meski begitu, kekurangan chip diperkirakan akan berakhir dalam beberapa bulan mendatang, dengan jumlah produksi yang kembali segera pulih. Terlepas dari kekurangan tersebut, produsen telah merilis banyak mikrokontroler baru sebelum pandemi, bersama dengan beberapa revisi baru pada platform populer.

Dalam ringkasan ini, kita akan melihat beberapa papan mikrokontroler dan mikrokontroler terbaik untuk tahun 2021.

Mikrokontroler Terbaik di Pasaran 2021
Mikrokontroler Terbaik di Pasaran 2021

Groboards Giant Board

Groboards ‘ Giant Board merupakan mikrokontroler kecil berdasarkan faktor bentuk Adafruit Feather dengan dukungan FeatherWing. Ini mengemas prosesor Microchip SAMA5D2 ARM Cortex-A5 dengan 128Mb RAM DDR2 dan slot kartu micro-SD.

Mikrokontroler juga dilengkapi dengan ADC 6X 12-bit dengan referensi 3.3V dan pemicu eksternal, PWM 4X 16-bit dengan pemicu eksternal dan I2C, SPI, dan UART.

Selain itu, ini didukung melalui USB, menawarkan dukungan untuk baterai LiPo, dan dapat menjalankan Debian penuh dan memanfaatkan Adafruit Blinka (CircuitPython untuk Linux).

Seeeduino XIAO

Seeed Studio’s XIAO adalah salah satu papan paling miniatur untuk mendukung arsitektur Arduino dan dilengkapi dengan chip SAMD21G18, yang mengemas ARM Cortex-M0 +, 32Kb SRAM, dan 256Kb Flash. I / O mencakup 14X GPIO, 11 analog, 11 digital, satu pin output DAC, dan I2C, SPI, dan UART.

Daya dan pemrograman ditangani oleh koneksi USB Type-C dan dilengkapi serangkaian LED untuk status dan pemrograman pengguna. XIAO Seeeduino juga dilengkapi dengan sepasang tombol reset (short connect to reset) dan sepenuhnya kompatibel dengan Arduino IDE.

BBC mikro: bit V2

BBC mikro: bit V2 adalah versi perbaikan dari mikrokontroler asli, yang sekarang termasuk speaker dan mikrofon, serta beberapa fitur yang disempurnakan lainnya. V2 mengemas prosesor Nordic nRF52833, Flash 512Kb, RAM 32Kb, dan chip antarmuka NXP KL27Z.

Baca Juga :  Pengertian dan Tujuan Schedule Tubing

Papan kecil ini juga mengemas matriks LED 5 X 5, LED status, mikrofon / speaker berbasis MEMS, logo sensitif sentuhan, dan tombol yang dapat diprogram pengguna. V2 juga dilengkapi konektor tepi 25-pin, 4X GPIO, PWM, I2C, SPI, dan beberapa pin cincin untuk menghubungkan klip buaya dan lubang untuk colokan banana.

Nirkabel termasuk 2.4GHz RF dan Bluetooth 5.1 / BLE. Papan tersebut juga dilengkapi dengan beberapa sensor, termasuk akselerometer, termometer, dan kompas elektronik.

Adafruit Gemma M0

Gemma M0 Adafruit berukuran sekitar seperempat dan dirancang sebagai platform elektronik yang dapat dikenakan yang dapat digunakan untuk segala hal mulai dari cosplay hingga biomonitor.

Mikrokontroler kecil ini dilengkapi dengan ATSAMD21E18 32-bit Cortex M0 +, dengan 256Kb Flash dan 32Kb RAM. Papan ini juga dilengkapi dengan LED DotStar RGB dan beberapa lubang jahit besar, yang dapat digunakan dengan benang konduktif atau klip buaya, tergantung pada proyeknya. Setiap pad I / O juga dapat digunakan sebagai input analog 12-bit atau input / output digital dan bahkan dapat digunakan sebagai sensor sentuh kapasitif perangkat keras.

Menurut Adafruit, Gemma M0 dapat menggerakkan NeoPixels atau DotStars dan memiliki cukup memori untuk memberi daya lebih dari 8.000 piksel.

Mikrokontroler Terbaik Arduino Uno Rev3

Arduino Uno telah sekitar untuk bagian yang lebih baik dari satu dekade dalam satu bentuk atau lain dan digunakan sebagai dasar untuk banyak proyek besar. Board terbaru, Arduino Rev3, menggunakan mikrokontroler ATMega328p, dengan Flash 32Kb, SRAM 2K, dan EEPROM 1K.

Papan ini mengemas 14X pin input / output digital (6 dapat digunakan sebagai output PWM), input analog 6X, resonator keramik 16 MHz (CSTCE16M0V53-R0), konektor USB, colokan listrik, header ICSP, dan tombol reset .

Baca Juga :  Solenoid Valve

Ini berisi semua yang dibutuhkan untuk mendukung mikrokontroler; pengguna menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB atau memberinya daya melalui adaptor AC-ke-DC atau baterai untuk mulai membangun proyek mereka.

Mikrokontroler Terbaik 2021

Adafruit Industries ESP8285

Sistem Espressif Mikrokontroler ESP8285 telah diimplementasikan di banyak papan aftermarket dan telah menjadi chip yang sangat baik untuk banyak proyek. ESP8285 Adafruit adalah salah satu papan yang lebih populer untuk digunakan dan dilengkapi dengan Wi-Fi front-end (sebagai klien dan titik akses) dan tumpukan TCP / IP.

Chip ini juga mengintegrasikan sakelar antena, RF balun, penguat daya, penguat penerima kebisingan rendah, filter, dan modul manajemen daya. ESP8285 juga dilengkapi dengan versi yang disempurnakan dari prosesor Tensilica seri L106 Diamond 32-bit dan SRAM on-chip, dengan Flash 1Mb. Penawaran Adafruit telah diprogram sebelumnya dengan firmware NodeMCU Lua, sehingga siap digunakan begitu saja.

MPLAB PICkit 4 In-Circuit Debugger

MPLAB PICkit 4 Microchip adalah debugger dalam sirkuit portabel dengan fungsionalitas Programmer-to-Go untuk MCU PIC 8-bit, 16-bit dan 32-bit, dsPIC, serta perangkat SAM MCU melalui MPLAB X Integrated Development Environment terintegrasi ( IDE).

Kit ini digerakkan oleh SAME70 MCU dan mendukung banyak antarmuka, termasuk 4-wire JTAG dan Serial Wire Debug dengan streaming Data Gateway. Ini juga kompatibel ke belakang untuk papan demo, header dan sistem target menggunakan JTAG 2-kabel dan ICSP.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, PICkit 4 juga memiliki fungsi Programmer-to-Go yang memungkinkan pengguna untuk memprogram kode dan voltase proyek yang berbeda, yang dapat disimpan dengan slot kartu micro-SD onboard. Selain itu, debugger dapat diberdayakan oleh papan target, sehingga mudah digunakan di lapangan.

PJRC Teensy 4.1

PJRC’s Teensy 4.1 adalah versi terbaru dari papan pengembangan yang banyak digunakan, yang diklaim 10X lebih cepat dari Teensy 3.1. Iterasi terbaru menggunakan ARM Cortex-M7 (@ 600MHz), Flash 7936K, RAM 1024K, dan EEPROM 4K (ditiru).

Baca Juga :  Mengetahui Berat Jenis Pipa Hdpe

Ini juga mengemas 55X digital I / O pin, 18X analog input, 8X serial, 3X SPI, dan 3X I2C port. Fitur tambahan termasuk 2X I2S / TDM dan 1 S / PDIF digital audio port, 3X CAN bus, Ethernet (10 / 100M-bit), 32X general purpose channel DMA, dan onboard RTC untuk tanggal dan waktu.

Terlebih lagi, ini juga mencakup akselerasi kriptografi, generator angka acak, pemicuan silang periferal, dan manajemen daya hidup / mati.

NodeMCU V2

NodeMCU V2 adalah platform pengembangan open source berdasarkan mikrokontroler ESP8266. Ini adalah chip populer lainnya untuk proyek IoT dan mengemas modul Wi-Fi UART 802.11b / g / n berdaya sangat rendah untuk konektivitas nirkabel.

Papan mengintegrasikan tumpukan protokol TCP / IP built-in hingga lima koneksi klien. Ini fitur antena PCB onboard dengan paket 2.54 in-line, memungkinkan pengguna untuk men-debug peralatan atau mengarahkan aplikasi produk.

Board juga menggunakan API jaringan gaya Nodejs untuk aplikasi jaringan yang digerakkan oleh peristiwa, mempercepat pengembangan aplikasi IoT. Ini juga mengemas GPIO 10-pin yang memungkinkan pengguna untuk menunjukkan setiap pin sebagai PWM, I2C, IIC, ADC, atau 1-wire, tergantung pada aplikasinya.

Pengontrol Kriptografi Microchip CEC1712

Microchip Technologies dikenal dengan PIC dan MCU berbasis SAM, tetapi perusahaan juga memproduksi mikrokontroler lain, termasuk untuk keamanan kriptografi.

Pengontrol Kriptografi CEC1712 perusahaan mengemas Arm 32-bit Cortex-M4 dengan Boot Aman dan perlindungan Root of Trust (RoT) perangkat keras dalam mode pra-boot untuk sistem operasi yang melakukan boot dari SPI Flash. Bootloader memuat, mendekripsi, dan mengautentikasi firmware dan aplikasi sebelum dimuat ke sistem operasi, memastikan sistem tertanam tidak terganggu.

Chip tersebut menggunakan firmware Soteria-G2, yang menyederhanakan pengurangan risiko selama pengembangan dengan menjalankan bootloader aman (ISB) yang tidak dapat diubah CEC1712, yang diimplementasikan dalam Memori Hanya-Baca (ROM), sebagai root kepercayaan sistem.

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.