Pengaturan Daya Aktif dan Daya Reaktif Generator Sinkron

Diposting pada

Pengaturan daya aktif dan daya reaktif pada generator sinkron erat hubungannya dengan perangkat Prime Mover. Prime Mover adalah alat mekanis yang mempunyai mode aliran daya yang besar dengan putaran yang kecil, pembatasan putaran diatur dengan menggunakan governor agar mendapat putaran yang sebanding.

Governor mekanis selalu dilengkapi dengan prime mover, yang berfungsi sebagai penyesuai drop karakteristik karena berubahnya beban. Turunnya putaran atau drop speed pada prime mover dirumuskan sbb:

SD = [(nnl – nfl) / nfl] x 100%

Sementara hubungan antara frekuensi dengan daya dapat dihitung dengan rumus, sbb:

P=Sp (fnl – fsys)

Dimana:

  • P = Daya output generator
  • Sp = Slop kurva (KW/Hz atau MW/Hz)
  • fnl = Frekuensi pada beban kosong
  • fsys = Frekuensi operasi kerja / sistem

Rumus yang sama juga untuk daya reaktif (Q), tegangan terminal (VT).

Pengaturan Daya Aktif dan Daya Reaktif Generator Sinkron
Pengaturan Daya Aktif dan Daya Reaktif Generator Sinkron

Saat beban induktif dihubungkan ke generator, maka tegangan akan meningkat. Kondisi ini memungkinkan tegangan terminalnya menjadi turun. Sebaliknya, jika beban kapasitif dihubungkan ke generator, maka tegangan terminalnya akan naik.

Karakteristik naik dan turun seperti kondisi diatas adalah tidak linier, tapi untuk beberapa generator telah dilengkapi dengan pengatur tegangan linier.

Pada kenyataannya, jika suatu generator bekerja sendiri, maka daya nyata (P) dan daya reaktif (Q) disuplai oleh generator sesuai kebutuhan beban. Oleh karena itu, untuk P yang dihasilkan oleh set point governor menjadi pengontrol operasi generator dengan frekuensi (f) dan pengaturan daya reaktif diperlukan untuk mengatur tegangan.

Pengaturan Daya Aktif dan Daya Reaktif Generator Sinkron

Loading...
loading...
Baca Juga :  Pengertian Macam Jenis Power Supply
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.