Beranda » Pengukuran » Pengukur Ketinggian Ultrasonik dan Radar

Pengukur Ketinggian Ultrasonik dan Radar


Pengukur Ketinggian ultrasonik dan radar kedua-duanya merupakan metode yang digunakan untuk mengukur level cairan atau zat padat.

Namun keduanya memiliki beberapa perbedaan secara mendasar, yaitu:

Prinsip Pengukuran yang Berbeda

Pengukur Ketinggian radar didasarkan pada konstanta dielektrik zat yang diukur. Prinsip transmitter untuk pengukur level ultrasonik sangat erat kaitannya dengan massa jenis zat yang diukur. Oleh karena itu, jika medium memiliki konstanta dielektrik yang sangat rendah, pengukuran level oleh pengukur ketinggian jenis radar tidak terlalu baik.

Gelombang Pancar Berbeda

Pengukur Ketinggian radar memancarkan gelombang elektromagnetik, yang tidak memerlukan media untuk memancarkan, sementara sensor level ultrasonik memancarkan gelombang yang merupakan gelombang suara, yaitu gelombang mekanis yang membutuhkan medium untuk ditransmisikan.

Baca Juga :  Jenis Pengukur Aliran / Flow Meter

Jadi pengukur ketinggian ultrasonik tidak dapat mengukur dalam kondisi ruang vakum; sementara itu probe level radar dapat melakukannya.

Tekanan Operasi

Gelombang ultrasonik dipancarkan oleh getaran bahan piezoelektrik, jadi tidak mungkin menggunakannya dalam aplikasi tekanan tinggi atau tekanan negatif, pengukur ketinggian ultrasonik tekanan maks bisa hingga 3 Bar.

Umumnya, hanya digunakan di bejana bertekanan udara bebas. Tetapi radar dapat digunakan dalam tangki proses bertekanan tinggi dengan tekanan operasi maksimum lebih dari 4 Mpa.

Pengukur Ketinggian Ultrasonik dan Radar

Suhu Operasi

Pengukur level ultrasonik tidak dapat mengukur media dengan suhu lebih dari 80 ° C, dan probe level ultrasonik sangat dipengaruhi dipengaruhi oleh kondisi media, suhu dapat memengaruhi kecepatan gelombang suara. Sedangkan pemancar level radar dapat bekerja untuk medium dengan temperatur max 250 ° C

Ruang Berdebu

Jika digunakan pada ruangan berdebu, pengukur ketinggian ultrasonik tidak dapat memberikan hasil pengukuran yang baik, sedangkan pengukur level radar dengan frekuensi tinggi dapat bekerja dengan baik di lingkungan yang berdebu.

Baca Juga :  Radar Level Transmitter

Gelombang Remit Angle

Sensor level radar memiliki sudut pengiriman yang lebih besar daripada gelombang level ultrasonik. Pemancar level radar non-kontak tidak disarankan untuk tangki kecil atau tangki tipis. Radar gelombang terpandu dapat digunakan dalam tangki kecil atau tangki tipis.

Ketepatan

Akurasi pengukur level radar lebih tinggi dari pemancar level ultrasonik. Untuk pengukuran level tangki penyimpanan, pengukur level radar yang memiliki akurasi tinggi banyak digunakan. Sedangkan untuk harga, pengukur level ultrasonik umumnya lebih rendah dari sensor level radar

Instalasi

Pengukur ketinggian ultrasonik dan radar. Kedua pengukur level harus memperhatikan tip di bawah ini:
Jangan memasang probe level di saluran umpan masuk.

  • Jangan memasang sensor di dekat tangga,
  • Jarak 300 hingga 500 mm dari dinding tangki untuk mencegah gangguan gema.
  • Pilih metode pemasangan yang sesuai bila ada agitasi dan level cairan sangat berfluktuasi oleh getaran agitasi.
Baca Juga :  Jenis level sensor

Kesimpulan

Meringkas hal di atas, kita bisa mendapatkan poin-poin berikut:

  • Pengukur ketinggian radar memiliki jangkauan pengukuran yang jauh lebih luas daripada sensor level ultrasonik.
  • Probe level radar memiliki tipe tanduk, tipe batang dan tipe kabel, dapat diterapkan pada kondisi kerja yang lebih rumit daripada probe ultrasonik.
  • Akurasi ultrasonik tidak sebaik sensor level radar.
  • Transmitter level radar lebih mahal daripada pemancar level ultrasonik.
  • Saat menggunakan pengukur level radar, harus mempertimbangkan konstanta dielektrik media.
  • Pemeriksaan level ultrasonik tidak boleh digunakan di lingkungan vakum, lingkungan uap atau ada gelembung di permukaan cairan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.