Perbaikan Trip Circuit pada Battery Switch Board

Diposting pada
    Sebelumnya kita harus tahu apa itu Trip Circuit, Trip Circuit di sini adalah yang di pasang di dalam panel Battery Switch Board yang berfungsi untuk mengetahui kondisi dari sebuah main fuse, terutama main fuse untuk Rectifier Protected.    


   Trip fuse terdiri dari bagian core fuse dan bagian micro switch yang dalam posisi NO ( Normally Open), core fuse akan putus jika dilalui beban yang melampui batas kemampuannya, pada kaki core fuse adalah sebuah pegas/ spring yang jika terlepas dari tarikan ketegangan core akan menyentuh micro switch dan menyebabkan kontak terjadi dalam micro switch.

Perbaikan Trip Circuit pada Battery Switch Board
    Standard pemasangan dari Trip Circuit adalah terpasang paralel dengan main fuse sendiri dan cara kerjanya adalah sebagai berikut:
    Pada saat kondisi main fuse normal atau tidak terjadi putus maka beban yang melewati core fuse ( sesuai ukuran trip circuit bisa berbagai ukuran yang berada di dalam trip circuit) adalah wajar karena beban kearah rectifier langsung melalui main fuse yang memiliki elemen penghantar lebih besar untuk menyalurkan arus ke rectifier. 

   Lalu apa yang terjadi jika main fuse putus? Tentunya dengan putusnya main fuse akan mengakibatkan beban yang luar biasa yang melewati core trip circuit dan hingga menyebabkan putus pada batang corenya, karena core fuse di dalam trip circuit putus maka kaki dari core fuse yang merupakan pegas/spring akan terlepas dan memicu kontak pada micro switch.          Kontak yang terjadi pada micro switch di dalam trip circuit inilah yang di pakai sebagai indikasi bahwa main fuse telah putus. Biasanya dengan cara menghubungkan ke lampu indikator atau bahkan bisa di aplikasikan ke sebuah alarm sirine.    
   Apa pentingnya memakai trip circuit? Di dalam Panel Battery Switch Board tentunya termasuk komponen yang penting, selain untuk mendeteksi kondisi main fuse tentunya juga sebagai penanda untuk perbaikan yang lebih cepat dan akurat. Karena pada Panel Battery switch Board , main switch rectifier protected adalah komponen yang sangat penting yang berfungsi untuk pengaman pada bagian rectifier.

    Perlu di ketahui pula tata cara untuk pemakaian trip circuit agar lebih aman. seperti kebiasaan kita pada setiap fuse yang rusak ataupun dalam kondisi masih baik tetapi karena satu hal kita harus melepaskannya, mungkin akan kita lakukan repair pada bagian rectifier perhatikan bahwa kita harus melepas trip circuit lebih dahulu sebelum melepas main fuse sendiri. Hal ini untuk menghindari pengalihan beban ke arah trip circuit seperti yang di jalaskan di atas.
    Itulah sedikit uraian tentang apa trip circuit, terutama trip circuit yang terpasang pada panel Battery Switch Board. Trip Circuit model pegas/spring adalah yang paling sederhana dari model lain. Uraian ini sebatas pada type trip circuit spring dari banyak metode trip circuit lain pada ilmu listrik/ panel misalnya trip circuit model magnetik/coil dan lain lain.
Perbaikan Trip Circuit pada Battery Switch Board
Baca Juga :  Pembagian Frekuensi Band ( Frequency Band)
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.